bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

5 Fakta Menarik Tentang Anjing Rottweiler. Simak Disini!

Anjing Rottweiler, dengan penampilannya yang gagah dan kuat, sering kali terlihat menakutkan bagi banyak orang. Namun, di balik penampilannya yang mengesankan, tersembunyi fakta-fakta unik yang menarik tentang salah satu ras anjing yang paling dicintai di dunia.

Menggabungkan kekuatan, kecerdasan, dan kelembutan, Rottweiler telah menjadi sahabat manusia yang setia selama berabad-abad.

Dalam artikel ini, Hewania akan menjelajahi beberapa fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui tentang anjing Rottweiler. Yuk ketahui fakta menarik tentang anjing Rottweiler pada artikel di bawah ini seperti dilansir dari American Kennel Club!

Fakta Menarik Tentang Anjing Rottweiler

1. Keturunan Anjing Roma Kuno

Fakta menarik tentang anjing rottweiler yang pertama adalah mereka merupakan salah satu keturunan anjing Roma kuno.

Sebagai salah satu ras anjing tertua yang masih ada hingga saat ini, Rottweiler memiliki akar sejarah yang kuat, yang diturunkan dari anjing Romawi kuno.

Meskipun tidak ada dokumentasi yang lengkap tentang asal muasal mereka, banyak orang percaya bahwa ras ini berasal dari keturunan anjing penggembala Roma kuno. Seiring dengan perjalanan sejarahnya yang panjang, 

Rottweiler telah menunjukkan fleksibilitasnya dengan menjadi anjing multi-talenta yang terlibat dalam berbagai pekerjaan yang berbeda. Dari berperan sebagai anjing pengawal dan pembawa beban untuk pedagang pada masa Abad Pertengahan hingga peran modernnya sebagai anjing pelacak, penjinak, dan bahkan pendamping keluarga, Rottweiler telah membuktikan diri sebagai satu ras yang luar biasa.

2. Dikembangkan Sebagai Anjing Penggembala

Fakta menarik tentang anjing rottweiler selanjutnya adalah, mereka dikembangkan sebagai anjing gembala. Dahulu, Rottweiler memegang peran penting sebagai “pengemudi” yang bertugas melindungi ternak dan hewan ternak lainnya. Pada masa kekaisaran Romawi yang berkembang, kebutuhan untuk memberi makan pasukan besar yang bepergian menjadi semakin mendesak. 

Maka dari itu, anjing Rottweiler dimanfaatkan untuk menggembalakan ternak dan menggiringnya bersama tentara. Hal ini menjadi satu-satunya cara yang praktis bagi para prajurit untuk memiliki persediaan makanan yang stabil tanpa perlu bergantung pada lemari es modern.

Hingga saat ini, Rottweiler tetap mempertahankan kemampuan dan naluri alamiah mereka dalam penggembalaan. Beberapa Rottweiler masih berpartisipasi dalam acara penggembalaan, di mana mereka menunjukkan kemampuan mereka dengan mengikuti anjing gembala dan gembala di lapangan. Ini adalah salah satu contoh yang menakjubkan tentang bagaimana naluri dan keterampilan turun-temurun ras Rottweiler tetap relevan dan dapat diterapkan pada berbagai situasi dan peran.

3. Tak Hanya Melindungi Ternak, Tapi Juga Uang!

Rottweiler memiliki naluri penjaga yang luar biasa, dan peran ini sangat penting dalam sejarah mereka. Di masa lalu, mereka tidak hanya bertugas melindungi kawanan ternak, tetapi juga menjaga uang para peternak. 

Cara kerjanya cukup menarik; peternak akan meletakkan uang dalam tas dan mengikatnya di leher anjing Rottweiler. Hal ini menciptakan lapisan perlindungan tambahan, di mana pencuri berani mendekati anjing tersebut.

Mungkin ada yang belum familiar dengan istilah “Metzgerhund”, yang dalam bahasa Jerman berarti “anjing jagal”. Pada ratusan tahun yang lalu, Rottweiler juga berperan sebagai Metzgerhund dengan tugas melindungi uang seorang tukang daging saat berada di pasar. Peran ini menunjukkan bagaimana Rottweiler telah menjadi sekutu manusia yang andal dalam menjaga harta dan keamanan sejak zaman dahulu.

4. Punya Banyak Profesi Pekerjaan yang Lain

Rottweiler adalah bukti hidup bahwa mereka dapat melakukan lebih dari sekadar menjaga rumah dan keluarga. Ras ini menawarkan banyak potensi dan bakat yang dapat digunakan dalam berbagai peran dan pekerjaan. 

Berkat kecerdasan mereka yang luar biasa, ketangguhannya yang tak kenal lelah, dan semangat untuk menyenangkan, Rottweiler telah berhasil menunjukkan kemampuannya dalam berbagai bidang. Beberapa di antaranya termasuk peran sebagai anjing pelayan, anjing terapi, anjing kompetisi, anjing pemandu untuk orang disabilitas, dan segudang profesi lainnya!

5. Terkenal Sebagai Anjing Polisi

Pada pertengahan abad ke-19, Rottweiler menghadapi masa sulit dimana popularitasnya menurun. Peran tradisionalnya sebagai “gerobak anjing” mulai tergeser oleh penggunaan gerobak keledai dan kemudian oleh rel kereta api. Selain itu, praktik menggiring ternak juga dilarang, sehingga mengakibatkan Rottweiler kehilangan pekerjaan utamanya.

Namun, keberuntungan Rottweiler berubah pada awal abad ke-20 ketika ras ini bangkit kembali dan mendapatkan popularitas sebagai anjing polisi. Dengan kecerdasannya, ketangguhannya, dan naluri penjaga yang kuat, Rottweiler membuktikan diri sebagai anjing yang sangat cocok untuk tugas-tugas kepolisian. Peran baru ini membawa kembali ketenaran dan apresiasi untuk ras ini, memperkuat posisinya sebagai salah satu ras anjing yang dihormati dan dipercaya hingga saat ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa fakta menarik tentang anjing Rottweiler. Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!