bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Waspada 8 Gejala Anemia pada Anjing dan Pencegahannya!

June 14, 2023by HEWANIA0

      Tidak hanya manusia, anjing pun juga bisa mengalami anemia. Kondisi ini merupakan suatu gejala medis yang menggaris bawahi dari kondisi penyakit tertentu yang dapat menyerang anjing kesayangan anda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai anemia, berikut sedikit penjelasan mengenai penyebab, gejala dan pengobatan anemia pada anjing yang mungkin dapat membantu anda! 

 

Baca Juga: Pentingnya Kumis Anjing! Apakah Kegunaannya?

Apa itu anemia?

       Anemia merupakan kondisi atau gejala dengan penyakit tertentu. Anemia atau kekurangan darah pada anjing terjadi saat sel darah merah didalam tubuh anjing tidak memproduksi cukup sel darah merah (hemoglobin), atau akibat kondisi tertentu seperti anjing mengalami perdarahan (kehilangan darah) akibat tumor, peradangan, atau ulcer pada perutnya, bisa juga mengalami trauma seperti kecelakaan serius.  

 

Apa tipe anemia yang sering menyerang anjing?

      Beberapa jenis atau tipe anemia yang sering menyerang pada anjing antara lain :

 1. Blood loss anemia

Blood loss anemia atau anemia karena perdarahan biasanya terjadi akibat kecelakaan, operasi, atau gangguan perdarahan. Anemia yang biasanya muncul karena gangguan perdarahan disebabkan oleh parasit, tumor, ulcer atau beberapa kondisi lainnya.  

 2. Haemolytic anemia

Anemia jenis ini terjadi akibat kerusakan produksi  sel darah merah. Gangguan yang akan terjadi diantaranya immune-mediated hemolytic anemia (IMHA) autoimmune hemolytic anemia (AIHA), atau non-immune mediated yang disebabkan oleh gangguan atau penyakit genetik, parasit darah, keracunan, atau bahkan penurunan fosfat di dalam tubuh. 

 3. Anemia non regeneratif

Pada anemia ini terjadi akibat sumsum tulang belakang tidak mampu memproduksi sel darah merah baru. Ketidakmampuan sumsum tulang belakang ini akibat rusaknya sumsum tulang belakang atau hilangnya fungsi hormon yang merangsang produksi sel darah merah. Beberapa penyakit yang terjadi seperti penyakit ginjal, gangguan hati kronis, infeksi parvovirus, atau ehrlichiosis, kekurangan zat besi, vitamin B12, reaksi obat atau kemoterapi, hingga pengobatan medis gangguan tertentu.

 4. Methemoglobinemia

Tingginya kandungan besi di dalam darah atau disebut methemoglobin, dapat disebabkan oleh gangguan genetik, atau keracunan seperti keracunan obat ibuprofen, benzocaine atau acetaminophen. 

 

Apa gejala atau ciri anjing mengalami anemia?

      Anemia pada anjing memiliki gejala atau ciri yang berbeda tergantung dari gangguan atau penyakit yang diderita, namun gejala yang umum terjadi yaitu :

  1. Peningkatan detak jantung atau napas cepat
  2. Lelah, lesu, lemah
  3. Penurunan nafsu makan
  4. Penurunan berat badan
  5. Muntah
  6. Feses berwarna hitam
  7. Bengkak pada wajah dan dagu
  8. Pucat pada gusi, kelopak mata, hingga telinga

     

Apa saja penyakit yang dapat diderita pada anjing dengan anemia?

      Berikut adalah beberapa kondisi yang mendasari terjadinya anemia pada anjing, seperti :

  1. Kanker
  2. Gangguan ginjal
  3. Cushing’s syndrome
  4. Penyakit virus seperti parvo, distemper
  5. Hypothyroidism
  6. Gangguan sumsum tulang belakang
  7. Perdarahan karena parasit seperti kutu, pinjal, tungau
  8. Lyme disease
  9. Perdarahan saluran pencernaan
  10. Nutrisi buruk
  11. Keracunan (racun tikus)
  12. Obat- obatan yang mengganggu produksi sel darah merah
  13. Perdarahan akibat kecelakaan
  14. Penyakit kronis yang menekan produksi sel darah merah 

 

Apakah anjing bisa mengalami kematian?

     Anemia merupakan salah satu kondisi serius yang membutuhkan penanganan segera. Anemia pada anjing biasanya diartikan bahwa anjing anda sedang berjuang dari kondisi fatal dan serius seperti kanker, autoimun atau keracunan. Jika anjing anda menunjukkan salah satu gejala anemia segera konsultasikan dengan dokter hewan anda.

 

Apakah anemia pada anjing dapat disembuhkan?

     Prognosis dari anemia pada anjing tergantung dari penyebab dan pengobatan yang dapat diberikan berdasarkan penyakit yang diderita. Setelah dokter hewan anda menentukan penyebab dari anemia, maka dokter hewan anda akan merekomendasikan pengobatan terbaik. Beberapa perawatan atau pengobatan yang mungkin direkomendasikan untuk anjing anda antara lain :

  1. Operasi
  2. Transfusi darah
  3. Transfusi sumsum tulang belakang
  4. Kemoterapi
  5. Penambahan cairan secara intravena
  6. Antibiotik
  7. Suplemen dengan kandungan potasium fosfat
  8. Obat- obatan imunosupresif
  9. Obat- obatan pencernaan
  10. Obat cacing atau deworming
  11. Perubahan obat yang telah dikonsumsi

 

Apa pencegahan yang dapat dilakukan?

   Pencegahan merupakan kunci untuk menghindari terjadinya anemia pada anjing anda. Lakukan pemberian obat anti parasit rutin dan berulang untuk mencegah infeksi parasit seperti cacingan, kutu, dan pinjal. Kemudian jauhkan anjing anda dari zat beracun, berikan diet pakan yang sehat dan seimbang untuk menghindari anjing terkena anemia.

     Selain itu jika anjing anda merupakan ras yang rentan terhadap anemia, seperti American Cocker Spaniels, Labrador Retrievers, Miniature Schnauzers, dan Shih Tzus, jangan lupa untuk melakukan check up rutin minimal 6 bulan sekali dengan dokter hewan anda untuk menghindari munculnya tanda- tanda anemia, dan memberikan pengobatan sebelum kondisinya semakin buruk.

      Anemia pada anjing merupakan masalah serius yang terjadi akibat gangguan lain pada organ tubuh. Pencegahan jauh lebih baik dibanding dengan pengobatan. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan rutin kondisi kesehatan anjing anda. Dengan anda rutin melakukan check up maka, anda sudah membantu menjaga umur panjangnya. Untuk menjaga kesehatan anabulmu dengan check up di Hewania Vet Clinic!

Hewania Vet Clinic menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

 

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!