bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ketahui 8 Penyebab Facial Paralysis pada Anjing!

June 14, 2023by HEWANIA0

        Apakah sebelah bagian anjing anda tiba-tiba turun apalagi saat tersenyum? Sebagian wajahnya tidak berespon terhadap reflek apapun? Mungkin anjing anda mengalami facial paralysis. 

    Facial paralysis atau kelumpuhan wajah merupakan kerusakan saraf wajah yaitu saraf kranial ke VII. Saraf ini terhubung pada otot mata, bibir, telinga, hidung, dan pipi anjing. Efek kerusakan ini bisa berlangsung sebentar bahkan lama atau tidak terbatas.

 

Baca Juga: Alasan Anjing Anda suka Mengejar Ekornya! Simak artikelnya

Mengapa wajah anjing saya terkena droopy face?

       Ketika anjing mengalami “drooping” face, maka anda akan menjadi lebih waspada pada gangguan sistem sarafnya. Saraf wajah atau saraf kranial ke VII berasal dari bagian belakang otak yang mempersarafi otot- otot ekspresi pada wajah. 

     Otot- otot tersebut membantu mengedipkan mata, menggerakkan telinga, dan tersenyum. Ketika saraf- saraf ini tidak berfungsi maka otot- otot pada wajah akan menjadi lemah bahkan dalam beberapa kasus hingga menyebabkan kelumpuhan total. Hingga akhirnya wajah anjing akan menjadi turun atau “melorot”. Anda juga akan mulai memperhatikan bahwa anjing anda tidak terlalu sering berkedip.  Bahkan anjing pun bisa mengeluarkan air liur secara berlebihan pada satu sisi mulutnya. Anjing memiliki saraf wajah yang saling berkaitan atau terkoneksi antara wajah kanan dan kiri, sehingga jika salah satu terkena gangguan saraf ini maka sisi yang satunya akan berdampak, begitu pula sebaliknya.

 

Apa penyebab facial paralysis?

       Facial paralysis terdapat beberapa ras yang rentan yaitu cocker spaniel, beagle, corgi, dan boxer. Penyebab facial paralysis sebagian besar tidak diketahui atau disebut “idiopathic facial nerve paralysis”. Pada gangguan ini tidak diketahui secara pasti penyebab aktif yang melatarbelakangi kelumpuhan ini. Kondisi ini hampir sama seperti pada manusia yaitu bell’s palsy yang hanya terjadi pada unilateral atau satu sisi saja namun bisa saja terjadi pada kedua sisi wajah (bilateral). Namun beberapa penyebab diantaranya yaitu:

  1. Infeksi telinga tengah dan dalam
  2. Trauma pada kepala
  3. Gangguan sistem endokrin (hipotiroid, diabetes melitus, cushing syndrom)
  4. Racun botulisme
  5. Tumor yang menyerang saraf kranial ke VII 
  6. Gangguan pasca operasi
  7. Peradangan autoimun (meningitis/ encephalitis)
  8. Stroke pada otak

 

Apa tanda gejala facial paralysis pada anjing?

      Facial paralysis bisa terjadi pada salah satu wajah bahkan bisa kedua sisi wajah. Tanda-tanda kerusakan saraf kranial ke VII yaitu:

  1. Air liur yang keluar terus menerus
  2. Bibir dan telinga terkulai
  3. Ketidakmampuan menutup atau berkedip sebelah mata yang terkena
  4. Menjatuhkan makanan dari sebelah sisi mulut
  5. Kotoran mata
  6. Pergeseran sisi hidung ke salah satu sisi

       Saat anjing tidak bisa berkedip atau menutup matanya maka dokter hewan akan melakukan pemeriksaan pada kedua matanya untuk mencegah terjadinya keratokonjungtivitis atau dry eyes.

 

Apakah pengobatan yang dapat dilakukan?

     Pada gangguan ini pengobatan yang diberikan tergantung pada gangguan atau penyebab yang melatarbelakangi kelumpuhan pada wajah anjing. Namun, anda dianjurkan untuk memberikan pelumas pada kedua mata anjing anda setiap 4 hingga 6 jam sekali untuk melindungi korneanya, agar tidak terjadi kekeringan terutama jika mereka tidak memiliki respon berkedip. 

 

Apa saja pemeriksaan yang mungkin dilakukan?

    Pemeriksaan yang mungkin akan dilakukan yaitu pemeriksaan darah lengkap dimana berfungsi untuk mengetahui kondisi kesehatan anjing anda secara keseluruhan. Dokter hewan mungkin juga akan menyarankan pemeriksaan level hormon tiroid  anjing anda untuk memastikan karena merupakan salah satu penyebab facial paralysis pada french bulldog. 

  Jika semua pemeriksaan menunjukkan hasil normal atau tidak ada gangguan yang menjadi penyebab timbulnya facial paralysis pada anjing anda, maka anjing anda akan didiagnosa dengan idiopathic facial nerve paralysis. 

 

Bisakah anjing sembuh dari facial paralysis ini?

    Tingkat kesembuhan atau prognosis juga sangat tergantung dari penyebab yang melatarbelakangi gangguannya. Pada anjing dengan kelumpuhan idiopatik (tidak diketahui penyebab pastinya) akan ada kemungkinan pulih 30- 50% untuk dapat menggunakan otot wajahnya lagi. Namun jika wajahnya tidak sembuh seperti sedia kala maka pengobatan untuk mencegah terjadinya kekeringan mata perlu dilanjutkan. 

    Anjing yang tidak pulih wajahnya, masih dapat hidup dengan kualitas hidup yang baik, mereka dapat menyesuaikan diri dengan sangat baik. Banyak gangguan yang menjadi penyebab kelumpuhan wajah pada anjing, meskipun demikian banyak dari mereka dapat disembuhkan, tetapi banyak juga yang tidak mendapatkan penanganan ataupun diagnosa sedari awal sehingga dapat menimbulkan kondisi yang lebih buruk. 

        Jika anjing anda mengalami kondisi ini segera konsultasikan dengan dokter hewan anda untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Hewania Vet Clinic adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!