bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Waspada Distemper! Penyakit yang dapat menyerang Anak Anjing kamu

January 4, 2024by HEWANIA0

Saat kita berbicara tentang kesehatan anjing peliharaan kita, salah satu penyakit yang perlu diperhatikan adalah distemper. Distemper adalah penyakit viral yang sangat menular yang dapat memengaruhi anjing-anjing kita jika tidak diatasi dengan serius. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu distemper, gejala-gejalanya, bagaimana mencegahnya, dan apa yang harus kamu lakukan jika anjing kamu terinfeksi.

Baca Juga: 9 Cara Agar Kucing Pulang ke Rumah

Apa itu Distemper?

Distemper, atau yang dikenal juga sebagai penyakit distemper canine, disebabkan oleh virus Canine Distemper Virus (CDV). Virus ini menyebar melalui udara dan kontak langsung dengan anjing yang terinfeksi. Ini adalah penyakit serius yang dapat mempengaruhi berbagai sistem dalam tubuh anjing, termasuk sistem pernapasan, sistem pencernaan, dan sistem saraf.

Gejala Distemper pada Anjing

Gejala distemper pada anjing bisa bervariasi, tetapi yang paling umum meliputi:

  • Demam
  • Batuk dan pilek
  • Lemas dan kurang nafsu makan
  • Mata berair dan bersin
  • Diare
  • Muntah-muntah
  • Kehilangan nafsu makan dan berat badan
  • Kram otot dan kejang
  • Kelumpuhan
  • Keterlibatan sistem saraf yang parah, termasuk perilaku aneh dan kejang.

Cara Mencegah Distemper pada Anjing kamu

Cara terbaik untuk melindungi anjing kamu dari distemper adalah dengan melakukan vaksinasi yang tepat. Vaksin distemper biasanya diberikan pada usia anjing yang sangat muda dan diperbarui secara berkala sepanjang hidup anjing. Vaksinasi ini efektif dalam mencegah infeksi distemper dan mengurangi risiko penyebaran penyakit ini.

Selain vaksinasi, hindari kontak anjing kamu dengan anjing yang mungkin terinfeksi, terutama jika kamu tahu ada wabah distemper di daerah kamu. Pastikan anjing kamu mendapatkan perawatan medis yang teratur dan makanan berkualitas untuk menjaga sistem kekebalannya tetap kuat.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anjing kamu Terinfeksi Distemper?

Jika kamu mencurigai bahwa anjing kamu mungkin terinfeksi distemper, segera konsultasikan dengan dokter hewan. Diagnosis distemper biasanya dilakukan berdasarkan gejala klinis dan uji darah. Sayangnya, tidak ada obat yang efektif untuk mengobati distemper, dan perawatan terutama bersifat suportif. Ini dapat mencakup pemberian obat untuk mengurangi gejala seperti demam dan diare, serta menjaga agar anjing tetap terhidrasi.

Penting untuk mengisolasi anjing kamu selama periode infeksi untuk mencegah penyebaran penyakit ke anjing lain. Distemper sangat menular, dan infeksi bisa fatal, terutama pada anjing muda dan yang sistem kekebalannya lemah.

Kesimpulan

Distemper adalah penyakit serius yang dapat mempengaruhi kesehatan anjing kamu. Namun, dengan vaksinasi yang tepat dan perawatan medis yang segera, risiko distemper dapat dikurangi secara signifikan. Jangan abaikan pentingnya vaksinasi dan perawatan kesehatan rutin untuk anjing kamu. Ingatlah bahwa sebagai pemilik anjing, kamu memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan kamu.

Untuk menjaga kesehatan anabul kesayangmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Kamu bisa membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

 

Writer: drh. Talita Milani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!