bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Waspada! Ini 10 Tanaman Beracun yang berbahaya pada Anjing

August 28, 2023by HEWANIA0

    Saat anjing anda makan sesuatu yang berbahaya seperti tanaman beracun tentu menjadi situasi yang menegangkan dan menakutkan. Tanaman bisa saja menjadi beracun saat dimakan oleh anjing anda karena rasa penasaran mereka. Sangat mengkhawatirkan bila anda memiliki berbagai jenis tanaman dirumah dan anjing anda suka tiba- tiba ingin memakannya. Konsumsi tanaman beracun pada anjing dapat menimbulkan muntah dan gangguan pencernaan lainnya pada anjing dan kucing, serta bisa membunuhnya.

Baca Juga: Ini Nutrisi yang Tepat untuk Kucing Senior Kamu!

Oleh karena itu mengetahui daftar tanaman beracun dapat membantu anda mencegah anjing anda memakannya dan menghindari membawa serta menanam tanaman tersebut di rumah. Berikut sederet tanaman beracun yang harus anda hindarkan dari anjing anda : 

 1. Azalea

      Azalea disebut sebagai bunga penguasa kebun, bunga ini berwarna cerah dan memiliki dedaunan yang rimbun. Anjing menelan beberapa helai daun azalea dapat mengiritasi mulut anjing dan dapat menyebabkan muntah serta diare. Pada kondisi yang parah, azalea dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, koma, bahkan kematian pada anjing. 

 2. Daffodil

      Tanaman daffodil semuanya beracun untuk anjing dari daunnya, akarnya, bunganya. Namun yang paling beracun adalah bagian umbinya. Saat anjing memakannya dapat menyebabkan muntah, diare, sakit perut, aritmia, kejang, dan penurunan tekanan darah yang serius. 

 3. Tulip

          Tulip merupakan bunga yang sangat cantik. Tidak ada yang tidak menyukai tulip, namun faktanya tulip berbahaya bagi anjing. Bagian umbinya yang paling berbahaya, jika anjing memakan tulipnya dapat menyebabkan iritasi pada mulut, air liur berlebihan, hingga mual. 

 4. Palem sagu

       Palem sagu juga tanaman beracun bagi anjing, jika tertelan dapat menyebabkan muntah darah, diare, gangguan perdarahan, gagal hati, hingga kematian. 

 5. Oleander

         Di Indonesia tanaman ini disebut juga dengan bunga mentega atau bunga jepun yang menghasilkan bunga sepanjang tahun. Meskipun cantik namun jenis bunga ini berbahaya bagi anjing anda. Pada oleander terdapat glikosida yang sering muncul sebagai pigmen buah dan bunga yang sangat beracun bagi anjing, serta dapat menyebabkan kelainan jantung yang fatal, tremor otot, inkoordinasi, muntah, dan diare berdarah. 

 6. Chrysanthemum atau bunga krisan

     Bunga krisan juga beracun bagi anjing. Tumbuhan tersebut banyak mengandung senyawa yang sangat mengiritasi dan berbahaya bagi anjing. Gejala umum dari bunga krisan antara lain muntah, diare, hipersalivasi, dan inkoordinasi. 

 7. Peony

      Bunga peony juga termasuk bunga yang sangat cantik. Tapi bunga peony juga tergolong bunga yang berbahaya untuk anjing. Jika anjing memakan bunga peony maka dapat menyebabkan muntah, diare, dan menyebabkan penurunan energi pada anjing. 

 8. Black walnut atau kacang kenari

       Kacang kenari atau black walnut biasanya akan jatuh dari pohonnya, kemudian akan berubah menjadi membusuk dan berjamur. Biasanya karena bentuknya yang bulat, anjing akan tertarik dan menggigit serta memakannya. Kacang kenari sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kejang selain sakit perut pada anjing anda.

 9. Iris

      Bunga iris juga termasuk dalam daftar tanaman berbahaya bagi anjing. Saat anjing anda penasaran dan memakan bunga iris, maka gejala keracunan yang mungkin muncul seperti hipersalivasi atau mengeluarkan air liur yang sangat banyak, muntah, diare hingga lemas. Selain itu bunga iris juga dapat mengiritasi kulit karena mengandung senyawa beracun bagi anjing.

 10. Foxglove atau bunga digitalis

     Jenis bunga ini juga sangat menarik, tentunya tidak hanya anda yang tertarik namun teman kecil berbulu anda. Namun anda perlu waspada karena jenis tanaman ini rupanya juga berbahaya bagi teman berbulu anda. Mulai dari biji, daun hingga bunganya semua berbahaya. Pastikan anda menjauhkannya dari anjing anda, karena jika tidak anjing anda bisa mengalami keracunan dan terjadi gagal jantung hingga kematian. 

 

   Itulah 10 jenis tanaman yang beracun untuk anjing anda, pastikan anda selalu mengawasi pergerakan anjing anda untuk terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Meskipun demikian masih banyak jenis tanaman lain yang mungkin saja dapat menimbulkan racun bagi anjing anda. Anda perlu waspada dan berhati- hati. Secara umum ciri anjing anda mengalami keracunan tanaman antara lain :

  1. Hipersalivasi
  2. Tidak mau makan
  3. Lemas
  4. Muntah dan diare
  5. Diare
  6. Ruam
  7. Kulit kemerahan
  8. Terdapat ulkus di mulut
  9. Gusi pucat
  10. Kedutan atau kejang 
  11. Kolaps

   Jika terdapat ciri diatas setelah anjing anda memakan tanaman tertentu maka segera bawa ke dokter hewan anda. Kunjungi langsung Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!