bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

7 Manfaat Yoga bareng Anjing. Yuk Ketahui!

January 22, 2024by Galih Primananda0

Yoga bersama anjing tidak dapat dianggap sebagai suatu keharusan, tetapi bagi beberapa orang, aktivitas ini dapat memberikan sejumlah manfaat yang berharga. Keputusan untuk melakukan yoga bersama anjing sebagian besar tergantung pada preferensi pribadi dan dinamika hubungan antara pemilik dan anjing. 

Yuk ketahui manfaat yoga bersama anjing pada artikel dibawah ini!

7 Manfaat Yoga bareng Anjing

Yoga bersama anjing dapat memberikan banyak manfaat, baik bagi pemilik anjing maupun anjing itu sendiri. Berikut adalah beberapa manfaat yoga bersama anjing:

1. Kesehatan Fisik

Yoga melibatkan gerakan-gerakan yang dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan tubuh. Anjing yang ikut serta juga akan mendapatkan manfaat ini, terutama melalui latihan peregangan ringan.

2. Kesehatan Mental

Kegiatan yoga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Anjing, sebagai hewan yang sensitif terhadap perasaan pemiliknya, juga dapat merasakan ketenangan dan kehadiran positif selama sesi yoga.

3. Keterikatan Emosional

Yoga bersama anjing memperkuat ikatan emosional antara pemilik dan anjing. Melalui kegiatan ini, pemilik dan anjing dapat saling merasa terhubung dan meningkatkan rasa kebersamaan.

4. Aktivitas Bareng

Yoga bersama anjing memberikan kesempatan untuk beraktivitas bersama-sama. Hal ini dapat menjadi momen bermain yang menyenangkan dan membangun hubungan yang sehat antara manusia dan hewan peliharaannya.

5. Stimulasi Mental untuk Anjing

 Latihan yoga melibatkan gerakan yang dapat menstimulasi mental anjing. Peregangan dan gerakan ringan dapat membantu menjaga kebugaran mental anjing, terutama jika dilakukan secara rutin.

6, Menurunkan Stres Anjing

Bagi anjing, partisipasi dalam kegiatan yoga bersama pemiliknya dapat membantu menurunkan tingkat stres. Kehadiran pemilik dan energi positif yang dihasilkan selama yoga dapat memberikan pengaruh positif pada suasana hati anjing.

7. Peningkatan Keterampilan Komunikasi

Melalui instruksi dan bimbingan selama sesi yoga, pemilik dan anjing dapat meningkatkan keterampilan komunikasi mereka. Ini bisa menjadi pengalaman positif untuk membangun koneksi yang lebih baik antara pemilik dan hewan peliharaan.

Sebelum memulai yoga bersama anjing, pastikan untuk memilih gerakan yang sesuai dengan jenis dan tingkat kenyamanan anjing. Pastikan juga bahwa anjing kamu sudah terbiasa dengan kegiatan fisik dan tidak merasa terganggu selama sesi yoga.

Gerakan Yoga bareng Anjing yang Bisa Kamu Lakukan

Berikut adalah beberapa gerakan yoga yang bisa dilakukan bersama anjing:

Downward Dog (Adho Mukha Svanasana)

Posisi ini melibatkan anjing untuk berdiri dengan kepala dan kaki di lantai, seperti posisi anjing melihat ke bawah. Kamu dapat melakukan pose Downward Dog sambil memberikan anjing peluang untuk bermain atau berada di sekitar mereka.

Upward Dog (Urdhva Mukha Svanasana)

Posisi ini melibatkan pemilik untuk berbaring telentang sementara anjing duduk atau berdiri di atas punggung pemilik dengan telapak kaki di lantai.

Seated Forward Bend (Paschimottanasana)

Kamu dapat duduk dengan kaki lurus ke depan, dan anjing dapat duduk di antara kaki pemilik atau bermain di sekitar area tersebut.

Child’s Pose (Balasana)

Kamu dapat duduk dengan punggung menunduk ke bawah dan lengan direntangkan ke depan di lantai. Anjing dapat berada di sekitar atau bermain di sekitar pemilik.

Warrior Poses (Virabhadrasana)

Kamu dapat melakukan gerakan Warrior I atau II dengan melibatkan anjing dalam permainan atau memberi mereka kesempatan untuk berinteraksi di sekitar area.

Savasana (Corpse Pose)

Posisi ini melibatkan pemilik berbaring telentang sementara anjing dapat berbaring di sekitar atau mendekati pemilik.

Puppy Pose

Kamu dapat duduk dengan lutut menekuk, dan anjing dapat duduk di depan pemilik dengan tubuh menjulur ke depan.

Seated Twist (Bharadvajasana)

Kamu dapat melakukan gerakan twist sementara anjing duduk atau berada di sekitar area tersebut.

Pastikan untuk selalu memperhatikan kenyamanan dan keamanan anjing selama sesi yoga bersama mereka. Jika anjing terlihat tidak nyaman atau stres, disarankan untuk menghentikan gerakan atau mencari pose yang lebih sesuai.

Kesimpulan 

Yoga bersama anjing adalah cara yang menyenangkan dan bermakna untuk terhubung dengan anjing peliharaan kamu sambil menikmati manfaat yoga bagi kesehatan fisik dan mental. Tidak hanya mendapatkan manfaat kesehatan, tetapi kamu juga akan merasakan kebahagiaan yang tak terlupakan.

Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

 

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!