bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

10 Racun Berbahaya yang dapat menular pada Kucing!

February 5, 2024by HEWANIA0

    Racun kucing apa yang paling umum atau yang sering menyerang pada kucing—tahukah Anda? Pada tahun 2006, sebuah artikel yang diterbitkan di Kedokteran Hewan melaporkan “10 toksikosis paling umum menyerang pada kucing” berdasarkan 10 racun kucing paling umum yang dilaporkan ke Pusat Pengendalian Racun Hewan Masyarakat Amerika untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan (ASPCA). Racun teratas yang dilaporkan dalam artikel ini meliputi:

 1. Insektisida permetrin anjing

Ini adalah produk kutu dan kutu yang dibuat khusus untuk anjing yang digunakan secara keliru pada kucing.

 2. Insektisida topikal lainnya

Sebagian besar produk ini relatif aman bila digunakan sesuai petunjuk label, namun bisa berbahaya jika petunjuknya tidak diikuti dengan cermat.

 3. Venlafaxine (Effexor)

Ini adalah obat resep; antidepresan yang digunakan pada manusia. Pusat kendali racun melaporkan bahwa kucing siap mengonsumsi obat ini jika diberi kesempatan.

 4. Tongkat cahaya dan perhiasan bercahaya

Produk-produk ini tidak terlalu beracun tetapi memiliki rasa yang sangat tidak enak yang dapat menyebabkan air liur dan kegelisahan bagi kucing yang tidak curiga yang menggigitnya. Menyaksikan reaksi kucing dapat menjadi pengalaman yang menakutkan bagi pemilik kucing dan memicu banyak pertanyaan tentang produk ini dan potensi efek sampingnya.

 5. Bunga bakung atau bunga lili

Tanaman cantik ini bisa mematikan bagi kucing Anda. Semua bagian tanaman dianggap beracun dan bahkan serbuk sari pada bulu karena terlalu dekat dengan salah satu tanaman ini dan perawatannya sudah cukup untuk menyebabkan penyakit.

 6. Bunga rampai cair

Produk-produk ini mungkin mengandung deterjen yang bersifat korosif pada lapisan tenggorokan dan kerongkongan serta minyak esensial yang bisa sangat beracun bagi kucing.

 7. Obat antiinflamasi nonsteroid  (NSAID)

Ini termasuk susu formula anjing yang tidak diberi label untuk digunakan pada kucing karena masalah sensitivitas dan dosis, serta obat-obatan yang dijual bebas seperti ibuprofen. Seringkali hal ini dilakukan oleh pemilik hewan peliharaan yang bermaksud baik dan secara keliru percaya bahwa mereka sedang membantu kucingnya. (Perlu disebutkan bahwa ada beberapa NSAID yang diberi label untuk kucing dan aman bila digunakan dengan tepat, meskipun penggunaan NSAID pada kucing masih menjadi isu kontroversial dalam profesi kedokteran hewan.)

 8. Asetaminofen (Tylenol)

Seperti NSAIDS, obat ini paling sering diberikan kepada kucing oleh pemilik kucing yang bermaksud baik namun memberikan informasi yang salah.

 9. Rodentisida antikoagulan (racun tikus)

Produk-produk ini tidak hanya beracun bagi tikus, mencit, dan hewan pengerat lainnya, tetapi juga bagi hewan peliharaan seperti kucing Anda jika tertelan. Mereka bekerja dengan mencegah darah membeku secara normal, sehingga menyebabkan defisit perdarahan.

10. Amfetamin

Ini mungkin obat resep manusia atau obat-obatan terlarang. Bahan-bahan ini bisa berbahaya jika tertelan oleh kucing Anda.

Baca Juga: Ini Dia 5 Alasan Kenapa Kucing Mendekati Kita

 

Saluran Bantuan Racun Hewan Peliharaan Keracunan Kucing Teratas

   Saluran Bantuan Racun Hewan Peliharaan melaporkan keracunan kucing terbanyak sebagai berikut (dikutip langsung dari situs web mereka):

Bunga bakung atau bunga lili

Insektisida piretroid anjing (obat kutu dan caplak topikal yang dirancang untuk anjing tetapi secara keliru ditempatkan pada kucing)

  1. Pembersih rumah tangga
  2. Rodentisida
  3. Cat dan pernis
  4. Obat antiinflamasi nonsteroid hewan
  5. Tongkat bercahaya/perhiasan bercahaya
  6. Amfetamin 
  7. Acetaminophen 
  8. Ibuprofen

    Seperti yang Anda lihat, kedua daftar tersebut sangat mirip, dengan banyak racun yang sama dilaporkan oleh kedua organisasi.

     Jika Anda yakin kucing Anda telah menelan atau terkena racun potensial, segera hubungi dokter hewan Anda untuk meminta nasihat. Banyak racun yang bekerja dengan cepat dan bahkan penundaan kecil saja dapat membuat perbedaan antara hidup dan mati bagi kucing Anda. Sehingga segera konsultasikan dengan dokter hewan anda. 

     Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa langsung datang ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!