bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

4 Cara Mengetahui Berapa Umur Kucing dengan Tepat

November 23, 2023by Galih Primananda0

Hewanians, mengetahui berapa umur kucing adalah hal yang penting karena informasi tentang usia kucing membantu pemiliknya dalam memahami kebutuhan kesehatan dan perawatan yang spesifik. 

Kebutuhan kesehatan kucing berubah seiring bertambahnya usia. Dengan mengetahui umur kucing, pemilik dapat memberikan perawatan kesehatan yang sesuai, seperti vaksinasi, pemeriksaan rutin, dan pengelolaan penyakit yang lebih umum pada usia tertentu.

Yuk ketahui cara mengetahui berapa umur kucing pada artikel dibawah inI seperti dilansir dari The Spruce Pets!

Cara Mengetahui Berapa Umur Kucing

Berikut beberapa cara dokter hewan dapat menentukan usia kucing Anda. 

1. Gigi

Gigi susu pertama kucing mulai muncul pada usia 2 hingga 4 minggu, yang membuatnya menjadi indikator usia yang baik bagi anak kucing. Gigi permanen berkembang di atas gigi susu, dan pada usia 3 hingga 4 bulan, gigi permanen mulai menggantikan gigi susu (disebut juga gigi sulung). 

Secara umum, semua gigi dewasa biasanya sudah tumbuh pada usia 6 bulan, setelahnya pertumbuhannya tidak lagi berguna untuk menentukan usia kucing. Pada kucing yang lebih tua, noda atau karang gigi juga bisa menjadi indikator usia. 

Namun, dengan produk pembersih gigi hewan peliharaan yang tersedia, karang gigi mungkin bukan indikator yang handal tergantung pada keuletan pemilik kucing dalam memberikan perawatan gigi. 

Dokter hewan juga memeriksa kerusakan gigi; semakin tua kucing, giginya cenderung semakin rusak. Meskipun gigi dapat memberikan perkiraan usia kucing, ini tidak selalu dapat diandalkan.

2. Kematangan Seksual

Kucing yang diadopsi dari  penampungan hewan kemungkinan sudah dimandulkan atau dikebiri sebelum dibawa pulang, namun kucing yang belum disteril dapat memberikan petunjuk usia melalui kematangan seksual. 

Kucing jantan mencapai kematangan seksual pada usia 6 bulan, ditandai dengan penyemprotan urin teritorial dan penonjolan testis. Kucing betina mengalami birahi pertama antara usia 5 dan 9 bulan. Kucing betina paling subur antara usia 18 bulan dan 8 tahun, meskipun dapat hamil lebih awal atau lebih lambat tergantung pada faktor kesuburan, kesehatan, dan akses ke kucing jantan. 

3. Perkembangan Bulu

Bulu anak kucing yang awalnya halus dan lembut akan menebal dan menjadi kasar seiring bertambahnya usia. Perubahan warna juga dapat terjadi, menjadi lebih gelap atau terang. 

Ketika mencapai usia senior, kucing dapat mengembangkan bercak-bercak bulu putih atau abu-abu, menandakan penuaan seperti pada manusia. Keadaan bulu juga dapat mencerminkan sejauh mana perawatan kucing, karena kucing yang lebih tua mungkin mengalami kesulitan merawat bulu mereka akibat berat badan yang bertambah, masalah gigi, atau radang sendi.

4. Mata

Kucing yang sehat memiliki mata jernih dan cerah pada awal masa dewasa, tanpa tanda-tanda robek atau keluar cairan. Pada usia lebih lanjut, kucing mungkin mengalami kekeruhan mata, termasuk robek dan/atau keluarnya cairan. Ini biasanya terjadi setelah kucing mencapai usia minimal 10 tahun. 

Kucing yang berusia di atas 10 tahun dapat menunjukkan perubahan pada iris mata, seperti tepi yang bergelombang atau perilaku iris yang berbeda saat terkena cahaya dibandingkan saat masih muda.

Tanyakan Umur Kucing Kamu pada Dokter Hewan

Berkonsultasi dengan dokter hewan tentang umur kucing sangat penting karena dokter hewan memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan untuk memberikan informasi yang akurat dan merinci terkait tahap hidup kucing

Selain itu, dokter hewan dapat memberikan panduan tentang perawatan kesehatan yang sesuai untuk kucing pada berbagai tahap kehidupannya. Ini termasuk vaksinasi, nutrisi, dan pengelolaan kondisi kesehatan tertentu yang mungkin muncul seiring bertambahnya usia.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!