bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

5 Mainan Kucing Terbaik! Yang bisa Naikin Mood Kucing Kesayangan

June 1, 2023by HEWANIA0

    Kucing anda anak kucing sangat senang bermain, mereka senang berinteraksi dengan manusia. Interaksi ini membuat mereka nyaman dan percaya dengan keberadaan anda. Selain itu bisa meningkatkan bonding diantara anda dan kucing anda.

 

Mengapa kucing main?

      Kucing cinta sekali bermain, hal ini berhubungan dengan nenek moyangnya. Mereka mengajarkan untuk mengikuti, mengejar dan menjebak mangsa. Naluri inilah yang masih muncul dan diartikan bermain oleh kucing.

      Anak kucing disaat berumur 4 minggu akan aktif bermain dengan anakan kucing lainnya seperti bergulat karena menurut mereka  kekuasaan sosial, setelah umur 7 sampai 8 minggu mereka akan beralih bermain benda mati. 

 

Baca Juga: Cara Memilih Kasur untuk Kucing Kesayangan di Rumah!

Manfaat bermain dengan kucing

      Bermain bukan hanya menyenangkan namun, bermain juga membantu mereka untuk tetap sehat secara emosional dan fisiknya. Berikut adalah beberapa manfaat bermain bersama kucing :

 1. Anda membantu naluri berburu mereka

       Bermain membantu mengekspresikan naluri berburu alami yang merangsang pikiran mereka dan merupakan bentuk latihan kucing yang sangat baik. Mainan yang bagus untuk mendorong naluri berburu mereka adalah permainan pancing dan mainan kecil.

 2. Memberikan stimulasi mental dan fisik

          Selain membantu naluri berburunya, bermain dengan kucing anda dapat memberikan stimulasi mental dan fisiknya, serta dapat memperkuat bonding bersama kucing anda. Selain itu dengan bermain anda telah mengalihkan energi berburu mereka.

        Saat kucing masih tergolong anak-anak sesi bermain akan berlangsung lama karena energinya yang sangat besar. Waktu puncak bermain anakan kucing ini diwaktu pagi dan sore hari. Pastikan anda mengajaknya bermain dulu sebelum jam tidurnya agar mereka tidak terbangun lalu mengeong di malam hari. Ketika kucing sudah dewasa bahkan tua waktu bermain mereka akan berlangsung singkat dan tidak aktif karena mereka lebih suka tidur.

 3. Bermain sebagai exercise

          Saat anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengajaknya jalan-jalan sore, ada hal lain yang dapat anda lakukan yaitu mengajaknya bermain! Dengan bermain anda sudah melatih mereka cukup berolahraga. Kucing disegala usia suka memukul, mengejar, dan menerkam banyak hal, oleh karena itu permainan adalah hal yang sangat menyenangkan bagi mereka.

    Dengan bermain anda telah mengalihkan kebosanan mereka yang mungkin akan membuat anda kesal, seperti mencakar sofa atau furniture anda. Kucing memiliki kecerdasan alami yang perlu dilatih sehingga dengan bermain anda telah melatih kecerdasan ini serta mengalihkan rasa bosan mereka.

 

5 mainan kucing terbaik

Berikut adalah daftar 5 kucing terbaik yaitu :

 1. Mainan pancingan. Permainan ini membantu untuk melatih kucing mengikuti, mengejar, dan menerkam.

 2. Mainan tikus. Permainan ini baik untuk menyalurkan naluri berburu mereka.

 3. Mainan interaktif. Mainan ini bagus untuk melibatkan otak kucing anda.

 4. Tiang scratching cat. Mainan ini membantu kucing untuk melepaskan lapisan luar cakar mereka dan sebagai naluri untuk menandai wilayah serta membantu mengekspresikan naluri alami kucing anda.

 5. Mainan terowongan. Mainan ini bagus untuk melatih indera kucing anda.

Mengapa ada beberapa kucing lebih aktif?

Keaktifan kucing ini tergantung dari jenis dan rasnya. Beberapa ras kucing yang aktif yaitu siam, abyssinian, oriental dan turki. Untuk ras kucing yang santai atau tidak terlalu aktif yaitu ras persia, himalaya, british shorthair, dan ragdoll. Manfaat yang anda dapatkan saat mengajak kucing aktif anda bermain yaitu :

 1. Mengarahkan agresivitas mereka dengan bermain. Dengan mengajaknya bermain mereka tidak akan menggigit atau tiba-tiba menyerang anda lagi!

 2. Menjaga kesehatannya dengan bermain. Terutama untuk kucing yang telah di steril, kegiatan ini penting untuk menjaga berat badannya agar terhindar dari obesitas.

 

Itulah alasan mengapa kucing sangat suka bermain, jadi pastikan anda selalu mengajaknya bermain ya! 

Selain itu anda juga dapat konsultasi dengan Dokter Hewan Terpercaya terkait kegiatan kucing sehari-hari yang dapat meningkatkan kesehatan dan keaktifan Kucing! Di Hewania Vet Clinic, kami menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!