bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Cara Memilih Kasur untuk Kucing Kesayangan di Rumah!

June 1, 2023by HEWANIA0

     Terkadang saat anda berada di petshop banyak sekali pilihan kasur yang disediakan untuk kucing anda, namun pasti terdapat kebimbangan dalam diri anda untuk menentukan mana kasur yang tepat untuk mereka? Karena anda pasti ingin anak berbulu anda tidur dengan nyenyak, nyaman, hangat dan bahagia. Berikut sedikit tips mengenai pilihan kasur di pasaran untuk kucing kesayangan anda.

 

Baca Juga: Lucu dan Menggemaskan, Ini 5 Jenis Kucing Buntut Pendek

Jenis kasur kucing

      Tentu saja anda akan menemui berbagai macam jenis kasur untuk teman berbulu anda. Dari sekian banyak jenis pasti anda akan memilih mana yang tepat untuk mereka. Tipsnya adalah pilihlah kasur yang sesuai dengan kebiasaan sehari-hari kucing anda. Berikut jenis kasur yang ada dipasaran :

 1. Cushion

       Kasur jenis ini sama seperti kasur bayi pada manusia dengan komposisi serat kapas atau polyester yang menjadi isi bantalannya. 

 2. Pod

       Kasur jenis ini berbentuk seperti telur yang memiliki lubang. Kasur jenis ini cukup populer karena disesuaikan dengan kebiasaan kucing yang suka meringkuk. Didalamnya terdapat tempat tidur yang empuk dan nyaman.

 3. Hammock

       Tidak hanya burung yang suka bertengger tp ternyata kucing juga suka melakukannya. Biasanya mereka akan tidur dibawah sinar matahari dengan pemandangan di depannya. Kucing akan berayun sampai merasa ngantuk hingga akhirnya ketiduran. 

 4. Cat condo  

        Kasur jenis ini banyak sekali di pasaran, seperti tempat tidur pohon, kastil, dan tempat tidur seperti kasur. Tentu saja dilengkapi dengan platform yang lebih tinggi untuk kucing tidur.

 

Berikut adalah pertimbangan tempat tidur kucing terbaik :

 1. Material Kasur

      Pilih bahan yang membuat kucing anda nyaman, jika kucing anda alergi terhadap bahan tertentu pastikan jangan menggunakan bahan tersebut ya.

 2. Heating pad

         Produk Ini berfungsi sebagai alas penghangat saat kucing anda tidur dicuaca dingin, atau saat kondisinya sedang tidak sehat. Bisa juga dipakai untuk kitten anda agar tetap hangat.

 3. Daya tahan Kasur

       Tempat tidur yang baik adalah yang tahan lama dari goresan, gigitan atau cakaran. Jika anda memilih cat condo pastikan furniturnya kuat, kokoh dan tidak mudah roboh agar kucing tidak gampang jatuh.

 4. Mudah dibersihkan

         Pilihlah jenis kasur yang mudah dibersihkan, sehingga anda tidak mengeluarkan banyak uang untuk perawatannya bahkan harus menggantinya dengan kasur baru. Jika anda memilih tipe cat condo maka pilih yang kainnya mudah dilepas pasang untuk dicuci, sehingga anda dapat lebih mudah menghilangkan bulunya!

 5. Letak Kasur

       Pastikan anda sudah menentukan dimana letak kasurnya berada. Apakah didekat jendela ataukah dibawah tangga atau anda sudah menyiapkan ruangan khusus untuknya? Pastikan letak kasurnya sesuai dengan yang mereka sukai.

 6. Design Kasur

          Saat anda memilih kasur pilihlah yang sesuai dengan design rumah anda, jangan terlalu mencolok atau menonjol. Dan pastikan ukurannya sudah sesuai dengan rumah anda!

 

      Jangan lupa, saat anda memilih tempat tidur untuk kucing anda, pastikan anda memilih sesuai dengan kebutuhannya! Jika kucing anda sudah terlalu tua, pastikan jangan menempatkan kasur terlalu tinggi karena mereka akan kesulitan untuk melompat akibat gangguan persendiannya.   

        Kemudian untuk anakan kucing jangan berikan banyak tali atau mainan di sekitar tempat tidurnya karena khawatir mereka akan menelannya dan bisa menimbulkan bahaya. Itulah beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum memutuskan membeli kasur untuk teman berbulu anda. Pastikan semua sesuai dengan apa yang anda dan teman berbulu anda inginkan! Selain itu anda juga dapat konsultasi melalui dokter hewan di Hewania Vet Clinic, untuk mengetahui cara merawat anabul dengan tepat! 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!