bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

9 Tips Ampuh Menjaga Anjing Agar Tetap Hangat di Cuaca Dingin!

June 21, 2023by HEWANIA0

     Perubahan cuaca merupakan kondisi yang sangat tidak nyaman. Entah bagi kita maupun bagi hewan peliharaan kita. Perubahan cuaca dari panas menjadi dingin tentu menjadi permasalahan bagi kesehatan. Perubahan cuaca membutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kondisi anda dan hewan peliharaan anda nyaman dan aman. Bagaimana dengan anjing kita saat cuaca dingin? Mengajak mereka berjalan- jalan tentu saja menyenangkan dan membuat mereka bersemangat. Saat cuaca ekstra dingin, seperti di musim hujan setiap hari pasti kita menggunakan piyama lembut, selimut tebal, berkaos kaki dan menonton tayangan kesukaan kita. Namun bagaimana dengan anjing kita? Berikut sedikit tips untuk menjaga teman kecil anda tetap hangat di cuaca dingin. 

 

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tentang Anjing Greyhound. Simak Disini!

Seberapa dingin cuaca yang membuat anjing anda kedinginan?

    Setiap anjing tentu memiliki respon dingin yang berbeda. Perbedaan ini terjadi akibat beberapa faktor. Contohnya :

  1. Jenis dan warna bulu. Pada anjing dengan bulu tebal dan ganda mereka memang tumbuh dan berkembangbiak secara maksimal di cuaca dingin. Pada anjing berbulu pendek seperti ras french bulldog atau basenji akan lebih mudah mengalami kedinginan dibanding anjing akita, siberian husky, ataupun malamute. Warna bulu yang gelap lebih cenderung menyerap lebih banyak sinar matahari dibanding anjing dengan warna bulu terang.
  2. Ukuran dan berat badan. Pada anjing dengan ukuran yang kecil seperti ras toy akan lebih cepat merasa kedinginan dibanding anjing besar. Begitu pula anjing dengan berat badan besar tidak mudah mengalami kedinginan dibanding anjing dengan berat badan kecil.
  3. Umur. Meskipun anak anjing umumnya sehat namun pada usia muda toleransi terhadap dingin masih belum maksimal terutama pada empat bulan pertama kehidupannya. Selain itu anjing tua dan anjing dengan sistem kekebalan yang lemah juga akan lebih kesulitan dalam menghasilkan atau mempertahankan panas tubuh dibanding dengan anjing sehat.

 

Tips menjaga anjing tetap hangat di cuaca dingin

       Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga anjing anda tetap hangat dan terlindungi di cuaca dingin :

  1. Pakaikan mantel hangat untuk mereka. Seperti anjing chihuahua dan bulldog, anjing senior dengan gangguan sendi membutuhkan lebih banyak kehangatan saat cuaca dingin. 
  2. Tempat tidur yang hangat agar mereka nyaman saat tidur.
  3. Grooming rutin selama cuaca dingin. Perawatan rutin berfungsi untuk menjaga bulunya tetap sehat dan menghindari gangguan kulit, bulu kusut, dan kerontokan bulu. Saat memandikannya pastikan anda menggunakan air hangat dan berikan handuk hingga kering. 
  4. Perhatikan saat anjing anda menggigil kedinginan atau tiba-tiba bersembunyi mencari selimut. Segera berikan selimut hangat dan tempat tidur yang nyaman.
  5. Berikan pakan dengan kalori tinggi. Saat dingin anjing anda akan lebih sering merasa lapar, karena energi didalam tubuhnya mereka gunakan untuk menghangatkan diri. Tapi pastikan mereka tetap memiliki waktu exercise yang cukup agar tidak ada kenaikan berat badan. 
  6. Batasi waktu anjing anda berada diluar rumah meskipun anda sudah memberikannya pakaian hangat lengkap dengan topi maupun sepatunya. 
  7. Pakaikan balsem pada paw dan anjing anda sebelum berencana pergi. Karena balsem atau vaseline mampu menjaga anjing anda selalu terhidrasi dan mencegah kekeringan dari cuaca dingin yang ekstrim.
  8. Setelah berjalan- jalan keluar anda bisa mengajak anjing anda masuk kedalam rumah dan mulai membersihkan paw di keempat kakinya agar tidak terdapat garam, bahan kimia, atau sisa kotoran lain yang mungkin berbahaya saat dijilat ataupun yang dapat melukai paw nya. Oleh karena itu, pastikan saat keluar rumah anda memakaikannya sepatu boot khusus anjing.
  9. Jangan lupa untuk tetap mengajaknya melakukan aktivitas kesukaannya, seperti bermain lempar bola, menggigit boneka kesukaannya atau kegiatan lain yang dapat mengeluarkan panas dari dalam tubuh sehingga dapat membantu tubuh terasa hangat saat cuaca sedang dingin. Namun, pastikan anda melakukan kegiatan ini didalam rumah agar anjing tidak kedinginan.

 

   Namun pastikan anda tetap mewaspadai timbulnya arthritis pada anjing anda, terutama pada anjing tua. Jika mereka merasakan arthritis atau peradangan pada sendinya, mereka akan merasakan ketidaknyamanan dan kesakitan luar biasa pada sendinya sehingga akan mengalami kesulitan saat berjalan atau pincang.     

     Itulah beberapa tips yang cukup membantu anjing anda di cuaca dingin. Jangan biarkan teman berbulu anda kedinginan yaaa! 

Sebelum bepergian ke tempat yang bersuhu dingin ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu, untuk menjaga kondisi kesehatan dan suhu tubuh anabul anda. Anda dengan mudah berkonsultasi melalui Aplikasi Hewania atau melalui Website Hewania secara online!

Selain itu kami juga memiliki Hewania Vet Clinic, klinik kami menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!