bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Anjing kamu Tersedak? Simak pertolongan Pertamanya!

July 14, 2023by HEWANIA0

  Apa yang akan anda lakukan jika anda mendengar anjing anda tersedak? Mungkin terdapat sesuatu entah makanan atau mainan yang tersangkut ditenggorokannya atau mulutnya. Penting bagi anda untuk mengetahui pertolongan pertama saat anjing anda tersedak. Tersedak merupakan kondisi emergency yang perlu mendapatkan pertolongan segera. Tentu saja anda perlu membawanya ke dokter hewan anda, namun ada pentingnya anda mengetahui langkah pertolongan pertama saat anjing tersedak. Langkah pertolongan ini disebut Heimlich maneuver.

 Baca Juga: Ketahui Jenis Obat Cacing untuk Anjing dan Cara Pemberiannya

Identifikasi tanda anjing anda tersedak sebelum terlambat

       Sangat penting untuk anda memperhatikan tanda-tanda anjing anda tersedak. Salah satu tanda jika anjing anda tersedak atau makanan yang tersangkut adalah batuk terutama saat anjing anda mencoba mengeluarkan benda tersebut. Mungkin anda akan melihatnya tampak seperti muntah. Selain itu anjing anda akan terlihat seperti kesulitan bernapas.  Tanda lain saat anjing anda tersedak adalah mengais-ngais mulut atau kepalanya. Apabila mereka sampai tidak sadarkan diri berarti mengindikasikan mereka mengalami kondisi serius. Tanda lainnya bila anjing anda tiba – tiba menjadi pilek atau bahkan seperti mengais- ngais wajahnya perlu anda curigai adanya benda asing atau makanan yang masuk ke wajahnya.

 

Apa yang harus saya lakukan jika anjing saya tersedak?

    Jika anda melihat salah satu tanda- tanda diatas maka dengan segera periksa mulut anjing anda, jika memungkinkan anda dapat melihat benda asing atau makanan yang tersangkut atau terperangkap di dalam tenggorokannya. Dalam kondisi tersedak mungkin anjing anda akan mengalami ketakutan dan kecemasan yang tinggi sehingga dikhawatirkan terjadi hal- hal diluar prediksi, maka pastikan anda sangat hati- hati saat memeriksa ke dalam mulutnya. Selain itu jika memungkinkan anda dapat meraihnya dengan jari anda maka lakukanlah agar anjing anda dapat bernapas lega.

 

Bagaimana jika saya tidak berhasil mengeluarkan benda asing atau makanan yang tersangkut itu?

     Anda mungkin tidak dapat mengeluarkan benda asing atau makanan yang tersangkut di dalam tenggorokan anjing anda. Maka langkah pertolongan yang dapat anda lakukan adalah Heimlich maneuver.

  1. Berdirilah di belakang anjing anda atau angkat anjing anda hingga tulang punggungnya menempel pada dada anda.
  2. Letakkan kedua tangan anda melingkar tepat dibawah tulang rusuk anjing anda seperti anda sedang memeluknya.
  3. Pastikan satu tangan anda mengepal dan satu tangan anda yang lain menggenggam tangan anda.
  4. Kemudian lakukan 5 kali dorongan secara cepat ke dalam perut anjing anda (telat dibawah rusuknya) dengan mendorong kepalan tangan anda ke dalam perut dan ke arah tulang rusuknya.
  5. Jika benda asing atau makanan tidak segera keluar, anda dapat melakukan langkah yang lain yaitu dengan memukul tajam punggung anjing anda diantara tulang belikat.
  6. Ulangi proses ini hingga mereka memuntahkannya. Selain itu pastikan anda juga memeriksa secara berkala apakah benda asing atau makanan tersebut dapat anda raih dengan jari anda.

Secara umum metode pertolongan heimlich maneuver ini berbeda pada anjing ras besar dengan anjing ras kecil.

  • Metode heimlich maneuver pada anjing besar

  Pada anjing besar metode diatas dapat dilakukan saat anjing pada posisi berdiri. Selain itu anda dapat dapat mengangkat kedua kaki belakang anjing anda seperti gerobak dorong dan menghentakkan badannya untuk mendorong benda asing atau makanan meluncur keluar dari mulutnya. Pada anjing besar yang sedang berbaring atau tidak dapat diangkat ke dada anda dapat dilakukan dengan meletakkan satu tangan anda di bagian punggungnya kemudian satu tangan anda yang lain menekan bagian perut ke dalam dan ke atas. Jangan lupa untuk melihat ke bagian dalam mulutnya apakah benda asing atau makanan mudah dilepaskan menggunakan jari anda atau tidak.

  • Metode heimlich maneuver pada anjing kecil

Pada anjing kecil selain langkah heimlich maneuver diatas anda dapat menggantungkan mereka pada pinggul atau paha anda lalu secara hati- hati mengayunkan anjing anda ke sisi kanan atau kiri. Selain itu pastikan anda memeriksa apakah benda asing atau makanan dapat anda jangkau dengan jari atau tidak.

 

Apa yang dapat saya lakukan setelah anjing saya berhenti tersedak?

   Setelah anda berhasil mengeluarkan benda asing atau makanan yang membuat anjing anda tersedak dan anda menemukan anjing anda tidak bernafas atau berhenti bernafas maka jangan panik. Anda dapat melakukan tindakan CPR pada anjing anda. Sama seperti saat anda melakukan tindakan CPR pada manusia. Sesaat setelah bernafas segera bawa anjing anda ke dokter hewan terdekat untuk memastikan kondisi anjing anda baik- baik saja serta penting untuk memastikan bahwa benda tersebut tidak melukai tenggorokan atau kemungkinan adanya benda asing atau makanan yang lain yang menyumbat paru- paru dan jalan nafas. Selain itu mungkin dokter hewan akan menyarankan anda untuk melakukan tindakan x- ray untuk memastikan ada atau tidaknya sumbatan lain atau akumulasi cairan pada paru- paru.

 

Bagaimana mencegah anjing tersedak kembali?

Tidak semua kejadian yang tidak terduga dapat dicegah, namun berikut adalah beberapa tips untuk mencegah anjing anda tersedak :

  1. Perhatikan ukuran kibble pakan anjing anda. Beberapa kibble dibuat khusus untuk anjing ras besar atau sebagai perawatan karang gigi yang jika dimakan anjing ras kecil akan terlalu besar.
  2. Pastikan anjing anda tidak memakan makanan bayi atau anak- anak.
  3. Mainan anjing yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat memicu tersedak. Pastikan potongan, ukuran, serta kekuatan mainan sesuai dengan anjing anda.
  4. Camilan atau snack kulit kering yang mentah dapat berbahaya untuk anjing anda setelah mereka mengunyahnya dapat berubah menjadi bagian- bagian kecil. Pastikan anda mengawasinya.

    Mengawasi serta memilih jenis makanan yang dimakan atau mainan yang dimainkan anjing anda sangat penting untuk menghindari kondisi tersedak. Meskipun kecelakaan dapat terjadi kapan saja pastikan anda memahami pertolongan heimlich maneuver agar dapat menyelamatkan nyawa teman kecil anda dalam keadaan darurat.

Untuk menjaga kondisi kesehatan anabul anda konsultasikan dengan dokter hewan di Hewania Vet Clinic! Karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

 

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!