bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Apakah Anjing punya Taste Bud? untuk merasakan makanan!

September 8, 2023by HEWANIA0

   Anjing menggunakan indera perasanya dan digabung dengan indera lainnya untuk menjelajah dunianya merasakan hal- hal baru yang mereka temui. Akhirnya banyak anjing yang sangat ingin tahu dan berakhir memakannya mulai dari sampah hingga kotoran bahkan benda yang tidak dapat dicerna seperti mainan dan kain. Setelah itu mereka mungkin akan menjadi pemilih makanan. 

Sebenarnya apa yang membuat anjing bisa menjadi pemilih makanan? Apakah anjing bisa merasakan makanan seperti manusia? Kenapa mereka selalu ingin memakan makanan kita?

Baca Juga: Mengenal Kucing Bali. Ternyata Bukan dari Indonesia!

Apakah anjing punya taste bud?

   Anjing memiliki taste bud sehingga mereka memiliki selera yang memberi mereka kemampuan untuk merasakan sesuatu. Taste bud ditemukan pada papila yaitu benjolan- benjolan kecil yang terlihat di permukaan lidah. Anjing memiliki 1.700 pengecap sedangkan manusia hanya memiliki 9.000 pengecap. Kemampuan ini dapat langsung digunakan oleh anak anjing atau puppy di usia beberapa minggu kehidupannya. Indera perasa inilah yang lebih awal berkembang dibanding indera penglihatan atau indera pendengaran. Indera perasa atau pengecap anjing dapat berkurang seiring bertambahnya usia yang juga diikuti dengan penurunan indera penciuman akibat anjing yang pilih- pilih makanan atau mengalami penurunan nafsu makan. Setiap pengecap memiliki kemampuan untuk merasakan semua rasa jika rasanya cukup kuat. Setiap rasa akan terasa lebih kuat pada berbagai area lidah yang sensitif. Seperti rasa pahit dan asam terletak di belakang lidah, kemudian rasa asin dan manis terdapat di depan lidah. 

   Anjing memiliki reseptor rasa khusus yang disesuaikan dengan daging, lemak dan bahan kimia terkait daging karena nenek moyangnya terutama terdiri dari daging. Penurunan selera makan pada anjing jika dibandingkan dengan manusia terjadi akibat penurunan kemampuan anjing untuk membedakan rasa halus seperti perbedaan rasa daging ayam, sapi, atau daging babi atau rasa beri seperti blueberry, strawberry, blackberry. Anjing juga memiliki indera pengecap yang sensitif beradaptasi dengan air. Taste bud beraksi dengan air saat mereka minum dan menjadi lebih sensitif saat haus atau setelah makan, sehingga mendorong mereka untuk minum lebih banyak air. 

 

Perbandingan taste bud dengan penciumannya

   Rasa berhubungan langsung dengan bau, dan aroma suatu benda dapat meningkatkan rasanya. Bau suatu makanan memegang peranan penting yang besar dalam cara anjing merasakan rasa makanannya. Anjing juga memiliki organ penciuman khusus di sepanjang langit- langit mulutnya yang membantu untuk mencicipi melalui penciuman. Saat anjing mencium sesuatu, mereka menangkap molekul dan memberi tahu mereka bagaimana rasa suatu makanan. Anjing juga dapat mengecap rasa makanan tanpa menciumnya, sangat berbeda dengan manusia karena indera perasanya lebih sedikit. Anjing juga memiliki intuisi mengetahui bahwa makanan tersebut tidak aman untuk dikonsumsi dengan menggabungkan indera penciuman dan pengecap atau perasa. 

 

Bisakah anjing merasakan asin, pedas, manis, dan kecut?

  Anjing memiliki perasa yang sama dengan manusia termasuk terhadap makanan pedas, manis, asam, pahit, dan asin. Namun anjing tidak begitu tertarik dengan rasa garam seperti manusia. Hal ini terjadi karena pola makan nenek moyangnya yang banyak mengonsumsi daging yang secara alami mengandung banyak garam. Itulah mengapa anjing tidak begitu tertarik dengan rasa asin. 

    Namun anjing sangat menyukai rasa manis hal ini juga termasuk karena nenek moyang mereka yang menyukai buah- buahan dan sayuran liar. Sebaiknya anjing anda tidak memakan terlalu banyak manis atau gula karena dapat berefek buruk terhadap kesehatannya. Gula ataupun rasa manis alami dapat menyebabkan lonjakan glukosa darah yang dapat menyebabkan kejang, diabetes bahkan gangguan ginjal. 

Apa rasa mengecap yang tergolong buruk bagi anjing? 

    Umumnya anjing menghindari rasa asin, pedas, asam atau pahit. Dan banyak diantaranya yang tidak aman untuk dimakan, akibat adanya racun atau pembusukan akibat kontaminasi bakteri yang menyebabkan makanan terasa tidak enak bagi anjing. Anjing juga tidak suka dengan rasa pahit obat- obatan. Selain itu rasa panas terbakar yang muncul dari rasa pedas akibat adanya capsaicin dapat menyebabkan reaksi fisik pada anjing meskipun mereka tidak dapat merasakan sebagian besar rasanya. 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!