bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

9 Fakta Unik Kucing Mata Beda Warna

September 8, 2023by Galih Primananda0

Kucing dengan mata warna berbeda memiliki penampilan yang unik dan menarik, dan mereka sering kali menjadi favorit di kalangan pecinta kucing karena kecantikan mereka yang istimewa.

Berikut ini beberapa fakta unik tentang kucing dengan mata warna berbeda. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Fakta Unik Kucing Mata Beda Warna

Kucing dengan mata berbeda, yang juga dikenal sebagai “odd-eyed cat,” memiliki mata yang berbeda warna atau memiliki satu mata dengan dua warna yang berbeda. Ini adalah fenomena yang cukup langka dan menarik. Berikut adalah beberapa fakta unik tentang kucing dengan mata berbeda:

1. Dikenal dengan Sebutan Heterokromia

Suatu kondisi yang disebut heterochromia dapat menyebabkan kucing memiliki dua warna mata yang berbeda. Kucing ini biasanya memiliki satu iris (bagian mata yang berwarna) berwarna biru sedangkan yang lainnya berwarna hijau, coklat, atau kuning.

2. Ada Dua Jenis  Heterokromia

.Ada dua jenis utama heterokromia pada kucing:

  • Heterokromia total: Terjadi ketika mata kucing memiliki warna yang benar-benar berbeda satu sama lain. Misalnya, satu mata bisa berwarna biru sementara mata yang lain berwarna hijau atau kuning.
  • Heterokromia Sebagian: juga dikenal sebagai “sectoral heterochromia,” terjadi ketika satu mata kucing memiliki dua warna yang berbeda di dalam mata yang sama. Ini bisa terjadi dalam bentuk pola seperti sebagian mata berwarna biru dan sebagian lagi berwarna hijau pada mata yang sama.

3. Fenomena Genetik

Kucing dengan mata berbeda adalah hasil dari perbedaan dalam pigmen pada mata mereka yang disebabkan oleh faktor genetik. Ini dapat terjadi karena pewarisan gen yang mengontrol pigmen pada mata.

4. Warna Mata yang Berbeda

Kucing dengan mata berbeda memiliki satu mata yang satu warna dan satu mata yang berbeda warna. Misalnya, satu mata bisa berwarna biru sementara mata yang lain berwarna kuning atau hijau.

5. Terjadi Pada Beberapa Ras

Fenomena mata berbeda dapat terjadi pada berbagai ras kucing, tetapi ras Turkish Van dan Turkish Angora cenderung lebih sering mengalami ini.

6. Kepercayaan Budaya

Di beberapa budaya, kucing dengan mata berbeda dianggap membawa keberuntungan dan dihormati. Mereka sering dianggap sebagai makhluk yang istimewa dan berbakat.

7. Tidak Mempengaruhi Penglihatan

Meskipun mata kucing bisa memiliki warna yang berbeda, biasanya ini tidak memengaruhi penglihatan mereka. Mereka memiliki penglihatan normal seperti kucing dengan mata berwarna seragam.

8. Popularitas di Media Sosial

Kucing dengan mata berbeda sering menjadi bintang di media sosial karena penampilan mereka yang unik. Banyak pemilik kucing dengan mata berbeda membagikan foto-foto mereka di platform seperti Instagram.

9. Ketidakpastian Genetik

Pewarisan gen yang mengontrol warna mata pada kucing dengan mata berbeda sering kali tidak dapat diprediksi dengan pasti. Ini membuatnya menjadi fenomena yang menarik dalam studi genetik kucing.

Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!