bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Apakah pemberian Pedialyte aman untuk Anjing sakit?

September 12, 2023by HEWANIA0

   Saat anjing peliharaan kita mengalami muntah atau diare, banyak diantara kita yang merasa panik dan bingung dengan kondisi hewan kesayangan kita. Dan mungkin banyak dari teman-teman yang memberikan saran untuk memberi pedialyte agar diare dan muntahnya hilang. Pedialyte sendiri merupakan cairan elektrolit yang berfungsi untuk menambah cairan tubuh yang biasanya diberikan untuk anak-anak atau orang dewasa karena sedang diare ringan dan dehidrasi. Tujuannya untuk mengisi kembali cairan elektrolit tubuh yang hilang dan keluar karena diare dan dehidrasi. Saat ini banyak diantara kita yang memberikan pedialyte secara mandiri tanpa anjuran dokter hewan untuk hewan peliharaannya terutama anjing saat sakit. Namun apakah pemberian pedialyte untuk anjing diperbolehkan? Berikut ulasan mengenai pedialyte untuk anjing.

 

Apakah pedialyte?

     Pedialyte merupakan larutan elektrolit oral yang dijual bebas dan tersedia secara komersil. Dan diformulasikan secara khusus untuk membantu mengatasi dehidrasi dan menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Saat pedialyte diserap oleh tubuh (usus) ke dalam aliran darah maka akan membantu menjaga sifat air dan elektrolit yang tepat di dalam darah. Pedialyte memiliki natrium, kalium dan klorida yang penting untuk mengatasi muntah, diare, dan nafsu makan yang buruk. Selain itu pedialyte juga mengandung dekstrosa yang mudah dipecah menjadi gula sebagai sumber energi yang paling dasar dan membantu mempercepat pemulihan dari gangguan pencernaan. 

      Elektrolit sendiri pada anjing juga memiliki fungsi untuk anjing, seperti :

  1. Natrium. Natrium sendiri merupakan bagian integral keseimbangan cairan. Saat kehilangan natrium maka anjing dapat terjadi muntah, diare yang terus menerus, gangguan ginjal kronis (CKD), serta gangguan endokrin seperti hipoadenokortison (penyakit addison). Bahkan bisa menyebabkan pembengkakan pada otak.
  2. Kalium penting untuk membantu kontraksi otot dan jantung anjing. Jika mengalami penurunan kalium maka akan muncul penurunan nafsu makan, gangguan ginjal, muntah, kelemahan otot, inkoordinasi dan kerja otot memburuk. 
  3. Klorida juga memiliki peran penting yaitu untuk membantu menyeimbangkan aktivitas listrik seluler

 

Bolehkah anjing diberikan pedialyte?

   Pemberian pedialyte dalam jumlah kecil atau sedikit diperbolehkan untuk anjing dan kemungkinan besar aman. Namun alangkah lebih baiknya jika kita berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk mendapatkan dosis pemberian yang tepat sesuai kebutuhan, kondisi dan berat badannya. Jika memberikan pedialyte dalam jumlah besar akan cukup berbahaya sehingga membuat kondisi anjing anda menjadi lebih buruk.  

 

Apakah ada resiko pemberian pedialyte untuk anjing?

    Terdapat beberapa resiko yang mungkin akan muncul saat pemberiannya tidak tepat. Oleh karena itu lebih baik membawa anjing peliharaan kita ke dokter hewan terdekat saat sakit dibandingkan memberikan pengobatan sendiri. Saat anjing mengalami dehidrasi yang cukup parah maka sebaiknya segera bawa ke dokter hewan, dokter hewan akan membantu menyeimbangkan dan menghidrasi anjing dengan lebih aman dan efektif. Kemudian dokter hewan juga akan membantu menganalisa penyebab dari dehidrasinya sehingga mendapatkan pengobatan dengan tepat.

  1. Pemberian yang tidak tepat dapat memperparah kondisi muntah dalam beberapa kasus. Melakukan pengobatan secara mandiri dan menunda membawa hewan sakit ke rumah sakit hanya akan menunda kesembuhannya. Oleh karena itu jumlah pemberian pedialyte yang tidak sesuai hanya akan menambah ketidakseimbangan elektrolit. Sebaiknya segera bawa hewan peliharaan anda ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan anjuran yang sesuai.
  2. Pedialyte sendiri merupakan penambah cairan elektrolit untuk manusia. Saat kebutuhan natrium atau cairan elektrolit yang diberikan melalui pedialyte terlalu berlebihan dan tidak sesuai anjuran maka dapat membahayakan anjing kita. Pedialyte juga mengandung cairan gula tambahan yang mungkin berbahaya bagi anjing dengan penyakit diabetes, jantung, penyakit ginjal, muntah, dehidrasi ringan hingga berat.
    Oleh karena itu pemberian pedialyte tanpa mengetahui penyebab sakit dan tanpa anjuran dokter dapat membahayakan serta akan sulit mendapatkan cairan pengganti tubuh anjing tersebut. 

      Ketiga elektrolit diatas merupakan elektrolit yang sangat penting untuk menjaga kesehatan proses tubuh yang kompleks. 

 

Bisakah pedialyte untuk anjing?

    Pedialyte merupakan salah satu perawatan suportif yang penggunaannya harus dengan pengawasan dan anjuran dokter hewan. Jadi saat anjing mengalami muntah atau diare, segera konsultasikan dengan dokter hewan terdekat untuk mendapatkan saran terbaik. Obat dengan dosis yang tepat dapat membantu meningkatkan proses kesembuhan serta dokter hewan dapat membantu menilai perawatan apa saja yang dibutuhkan oleh hewan tersebut. Dengan demikian, kesehatan hewan peliharaan menjadi lebih terjaga. 

Untuk menjaga kondisi kesehatan anabul anda konsultasikan secara rutin dengan dokter hewan! Anda bisa membawa nya ke Hewania Vet Clinic karena kamisiap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ganes Septian Atu Buana

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!