bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanBerapa Lama Kucing Hamil? Ini Jawabannya!

Desember 27, 2022by HEWANIA0

Hewanians, melihat kucing kesayangan hamil merupakan salah satu momen yang kamu tunggu-tunggu sebagai pemilik hewan peliharaan. Sama seperti manusia, seekor kucing betina juga punya durasi masa kehamilan. Lalu berapa lama kucing hamil?

Dalam artikel ini kamu akan belajar banyak tentang kehamilan pada kucing. Dari mulai durasinya hingga cara merawat kucing hamil. Yuk baca artikel tentang berapa lama kucing hamil di bawah ini!

Baca juga: Simak, Ini 7 Tips Memberikan Makanan untuk Kucing Hamil!

Tanda-tanda Kucing Hamil

Sebelum mengetahui berapa lama kucing hamil, ada baiknya kamu ketahui dulu tanda-tanda yang muncul saat kucing sedang hamil.

Ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan untuk mengetahui apakah kucing kamu sedang hamil:

  • Perubahan ukuran payudara: Payudara kucing akan terlihat lebih besar dan lebih sensitif ketika kucing tersebut hamil.
  • Perubahan perilaku: Kucing hamil mungkin akan menjadi lebih menggemaskan dan menunjukan perilaku yang lebih baik. Mereka juga mungkin akan menjadi lebih rewel atau lebih mudah tersinggung.
  • Perubahan pada perut: Kucing hamil akan terlihat lebih gemuk di bagian perutnya. Namun, perubahan ini tidak selalu terlihat sejak awal kehamilan, terutama jika kucing tersebut tidak gemuk sebelumnya.
  • Peningkatan frekuensi minum air: Kucing hamil akan membutuhkan lebih banyak cairan, sehingga mereka mungkin akan sering minum air.
  • Mual-mual: Beberapa kucing hamil mungkin akan mengalami mual-mual seperti yang terjadi pada kehamilan manusia.
  • Penambahan berat badan: Kucing hamil akan mengalami penambahan berat badan selama kehamilan. Namun, perubahan ini tidak selalu mudah terlihat, terutama jika kucing tersebut memiliki bulu yang tebal.
  • Perubahan dalam pola makan: Kucing hamil mungkin akan merasa lapar lebih sering atau mungkin akan merasa tidak lapar sama sekali. Mereka juga mungkin akan mencoba makanan baru yang sebelumnya tidak mereka sukai.

Sebaiknya konsultasikan kehamilan kucing kamu dengan dokter hewan untuk memastikan bahwa kamu memberikan perawatan yang tepat selama kehamilan dan persiapan persalinan.

Baca juga: 7 Tanda Kucing Hamil dan Cara Merawatnya

Berapa Lama Kucing Hamil?

Dialnsir dari PetMD, Umumnya, kehamilan kucing bisa berlangsung selama 63-65 hari (kurang lebih 9 minggu). Namun, ada kucing yang bisa hamil lebih cepat atau lebih lama, tergantung pada beberapa faktor seperti umur, kondisi kesehatan, dan riwayat reproduksi sebelumnya.

Untuk memastikan kehamilan kucing, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes laboratorium untuk menentukan apakah kucing kamu benar-benar hamil atau tidak.

Selama kehamilan, penting untuk memastikan bahwa kucing kamu mendapatkan nutrisi yang cukup dan menjalani pemeriksaan rutin ke dokter hewan untuk memastikan bahwa kehamilan berjalan dengan baik. Ini juga penting untuk mempersiapkan tempat yang nyaman dan aman untuk persalinan dan merawat anak-anak kucing baru lahir.

Hal yang Harus Deprhatikan Saat Kucing Hamil

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengelola kehamilan kucing, di antaranya:

  • Nutrisi: Kucing hamil membutuhkan nutrisi yang lebih tinggi daripada kucing biasa, terutama selama trimester terakhir kehamilan. Konsultasikan kebutuhan nutrisi dengan dokter hewan untuk memastikan bahwa kucing kamu mendapatkan makanan yang tepat.
  • Pemeriksaan rutin: Jangan lupa untuk membawa kucing kamu ke dokter hewan untuk pemeriksaan rutin selama kehamilan. Ini akan membantu dokter hewan untuk memantau kehamilan dan menentukan apakah ada masalah yang perlu diatasi.
  • Persiapan persalinan: Siapkan tempat yang nyaman dan aman untuk persalinan, seperti kotak atau tempat yang terlindung dari kebisingan dan gangguan. Bersiaplah untuk mengurus anak-anak kucing baru lahir dengan menyiapkan kebutuhan seperti susu formula, pisau bedah kecil, dan kain lembab untuk menjaga kehangatan anak-anak kucing.
  • Perlakuan yang lembut: Jangan terlalu memegang atau memegang kucing hamil dengan kuat karena ini dapat memicu persalinan prematur. Juga, hindari memindahkan kucing hamil dengan terlalu sering atau mengubah tempat tinggalnya terlalu sering karena ini dapat menyebabkan stres yang tidak diinginkan.
  • Perlindungan dari gangguan: Hindari membiarkan kucing hamil terlalu lama di luar atau di dekat tempat yang ramai seperti jalan raya. Ini dapat menyebabkan stres dan meningkatkan risiko cedera.
  • Perlindungan dari hewan lain: Jika kamu memiliki hewan peliharaan lain di rumah, pastikan untuk memberikan perlindungan yang cukup untuk kucing hamil agar tidak terluka oleh hewan lain.

Sebaiknya konsultasikan kehamilan kucing kamu dengan dokter hewan untuk memastikan bahwa kamu memberikan perawatan yang tepat selama kehamilan dan persiapan persalinan.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan layanan konsultasi dokter hewan online dengan berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Selain konsultasi dokter hewan, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya pada aplikasi ini.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!