bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

AnjingKesehatanMau Pelihara Anjing Boxer? Baca Dulu Informasinya Disini!

Desember 26, 2022by HEWANIA0

Anjing Boxer adalah salah satu jenis anjing yang berasal dari Jerman. Mereka biasanya memiliki tubuh yang kuat dan berotot dengan wajah yang bulat dan mata yang besar. 

Memiliki bulu yang pendek dan kasar dengan warna putih, coklat, atau hitam, mereka juga dikenal sebagai anjing yang sangat setia, ceria, dan penuh semangat. Anjing Boxer biasanya digunakan sebagai anjing pelindung atau anjing polisi.

Apakah kamu saat ini ingin memelihara anjing boxer? Yuk pelajari informasi lengkapnya di bawah ini!

Anjing Boxer Secara Sekilas

Loyalitas, kasih sayang, kecerdasan, kerja keras, dan kecantikan: Boxer adalah paket lengkap sebagai anjing! Cerdas dan waspada, terkadang bodoh, tetapi selalu berani, Boxer telah lama menjadi salah satu jenis anjing paling populer di dunia, terutama di Amerika Serikat.

Ukuran mereka dapat bervariatif. Menurut dimensions, Boxer memiliki panjang tubuh sekitar 30 “-35” (76-89 cm), tinggi berdiri sekitar 28,5 “-33” (72-84 cm), dan umur harapan hidup 10-12 tahun.

Otot mereka berkedut di bawah bulu yang pendek dan pas. Matanya yang cokelat gelap dan dahi yang bergelombang memberikan wajah anjing boxer ampak waspada dan penasaran. Bulu mereka bisa berwarna coklat kemerahan atau coklat kehitaman dengan pola tambahan putih. 

Anjing Boxer memiliki penampilan layaknya atlit kekar dengan dorongan ke depan yang kuat. Boxer bersikap positif dan suka bermain. Kesabarannya dan sifat pelindung mereka telah membuat mereka terkenal sebagai anjing yang cocok untuk anak-anak. 

Mereka sangat baik jika dijadikan sebagai anjing pelindung dan tak memiliki rasa takut. Karena sifatnya yang melindungi ini, kamu sebaiknya memperkenalkan mereka pada banyak orang dan hewan lain sejak usia anak-anak.

Apakah Anjing Boxer Berbahaya?

Secara almami, anjing ini bukanlah anjing berbahaya. Meskipun begitu, sifat agresif bisa terjadi pada semua anjing. Mereka dapat menjadi agresif jika merasa terancam atau tidak dilatih dengan baik. 

Seperti halnya dengan semua anjing, sangatlah penting untuk kamu memberikan pelatihan dan sosialisasi yang tepat sejak dini untuk mengurangi agresif pada anjing boxer.

Jika kamu mempertimbangkan untuk membeli atau mengadopsi anjing boxer, pastikan untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebutuhan dan kebiasaan anjing ini agar kamu dapat memberi mereka perawatan yang tepat. Selalu ingat untuk selalu berhati-hati saat berinteraksi dengan anjing apa pun, terutama jika kamu tidak akrab dengan mereka.

Masalah Kesehatan Anjing Boxer yang Harus Kamu Perhatikan

Seperti semua jenis anjing, mungkin ada beberapa masalah kesehatan seperti kardiomiopati dan mielopati degeneratif. Meski begitu, secara umum anjing boxer adalah anjing yang sehat seperti dilansir dari American Boxer Club.

Menurut PetMD, Mereka cenderung mengalami beberapa kondisi kesehatan termasuk kanker, penyakit jantung, dan masalah persendian.

Kanker adalah kondisi kesehatan yang paling umum dialami oleh Boxer. Ini termasuk: 

  • Tumor otak 
  • Tumor sel mast (yang bisa di kulit atau organ dalam) 
  • Limfoma anjing (kanker kelenjar getah bening dan sistem getah bening) 
  • Osteosarcoma (kanker tulang) 
  • Kanker mammae (kanker payudara)

Cara Melakukan Grooming pada Anjing Boxer

Bulu pendek dan berkilau yang dimiliki Boxer tidak memerlukan perawatan yang terlalu banyak. Menggosok tubuhnya dengan sikat karet atau sarung tangan anjing sekali atau dua kali seminggu akan menjaga penampilannya tetap cantik.

Selain itu, Boxer juga cenderung mudah untuk menjadi bersih. Mereka  hanya perlu mandi secara berkala. Kuku mereka harus dipotong setidaknya sekali sebulan kecuali tergores secara alami di permukaan yang keras, dan untuk mencegah timbulnya plak gigi harus dibersihkan sebisa mungkin setiap hari.

Melatih Fisik Anjing Boxer

Boxer adalah anjing yang sangat suka bermain dan punya energi yang tinggi. Mereka membutuhkan banyak latihan setiap hari, dengan tali atau di area berpagar yang aman. 

Karena Boxer adalah anjing yang kuat, aktif, dan suka bermain, dia mungkin bukan pilihan terbaik untuk orang dewasa yang sangat lemah, atau untuk anak kecil. Hal ini bisa membuat mereka kewalahan karena kekuatannya yang besar.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi lengkap soal anjing boxer. Yuk konsultasikan langsung dengan dokter hewan secara online di Hewania. Hewania adalah aplikasi yang menyediakan layanan konsultasi dokter hewan secara online.

Tak hanya itu, aplikasi Hewania juga menyediakan artikel-artikel kesehatan hewan lainnya yang bisa kamu nikmati dengan mudah. Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!