bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Berapa lama masa Loop Anjing Betina? Ini Penjelasannya

July 7, 2023by HEWANIA0

Anjing merupakan hewan kesayangan yang banyak di pelihara. Jika kamu pelihara anjing betina, maka kamu harus tahu anjing mengalami masa menstruasi atau di sebut loop. Loop adalah masa estrus, dimana anjing bisa bunting pada tahap estrus tersebut. Anjing yg sehat akan mengalami loop setiap 6 bulan sekali dengan masa loop kisaran selam 21 hari. Waktu yang tepat untuk pemacakan adalah hari ke 9-14 dari pada masa loop. 

Baca Juga: Apakah Bulu Samoyed Rontok? Ini Faktanya!

Masa loop anjing dan manusia berbeda. Anjing betina akan mengalami masa pubertas pertama kali umur 5 bulanan tapi bervariasi setiap anjing. Untuk anjing ras kecil seperti chihuahua mengalami masa loops pertama 5-6 bulan, untuk anjing ras sedang mengalami masa loops pertama 7-8 bulan. Dan anjing ras besar seperti Rottweiler mengalami loops pertama umur 9-10 bulan. Apa saja tanda-tanda loop pada anjing betina? Berikut penjelasan tahap-tahap estrus dan tanda-tandanya. 

 

  • Proestrus 

Proestrus merupakan fase di mana betina mulai menunjukkan gejala birahi. Pada tahap ini terlihat vagina anjing terlihat bengkak,merah dan vulva terlihat lebih besar dari biasanya dan ada keluar cairan darah keluar dari vulvanya. Selain itu anjing akan terlihat perubahan tingkah laku seperti gelisah. Anjing akan terlihat lebih dekat sama majikannya dan dia akan menyelipkan ekornya diantara kaki. Pada tahap ini anjing masi menolak untuk di kawinkan. 

  • Estrus

Periode estrus adalah masa puncak keinginan untuk kawin. Dalam serviks jumlah lendir dan sekresi lendir dalam setiap kelenjar lendir bertambah. Pada tahap ini cairan yang keluar dari vagina berubah dari darah menjadi cairan bening atau kecoklatan. Anjing biasanya lebih dekat dengan anjing jantan dan lebih genit dan menggerakan ekornya. Pada tahap ini anjing siap untuk di kawinkan. Pada saat anjing betina birahi, tubuhnya mengeluarkan hormon feromon yang bisa di cium anjing jantan dari jarak jauh. Hal ini yang membuat anjing jantan terpikat dengan anjing betina. Anjing betina mulai agresif pada anjing jantan. Jika tidak ingin di kawinkan pada masa birahi, pentingnya menjauhkan dari anjing jantan tersebut. 

  • Diestrus 

Pada tahap diestrus di sebut fase istirahat. Dimana anjing betina sudah tidak tertarik untuk kawin lagi dengan anjing jantan. Pada fase ini di tandai dengan keputihan akan hilang, dan vulva akan menyusut kembali ke ukuran normal. Anjing betina akan berperilaku seperti lagi hamil padahal tidak. 

  • Anesterus 

Anestrus adalah waktu proestrus dan diestrus berikutnya, tahap ini berlangsung sekitar 4 bulanan. Pada tahap ini vulva tidak bengkak, dan tidak ada lendir di vagina. Tubuh menggunakan waktu ini memungkinan Rahim anjing untuk mempersiapkan kemungkinan kehamilan berikutnya. 

 

Anjing betina akan tetap mengalami masa loop dan bunting selama hidupnya. Namun siklus loop anjing ini akan jarang terjadi dan durasinya lebih lama dari siklus ke siklus berikutnya seiring dengan bertambahnya usia. Namun, jika anjing anda berhenti siklus loopnya sama sekali, hal ini bisa menandakan adanya gangguan kesehatan atau penyakit metabolik. Jika adanya masalah loop tersebut segera konsultasikan ke dokter hewan Hewania atau ke Hewania Vet Klinik untuk cek up Kesehatan anabul anda. 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

 

Writer : drh. Mella Risky Prima 

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!