bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Bolehkah Anjing Makan Jeruk? Baca Aturannya Disini!

March 30, 2023by Galih Primananda0

Anjing sering dianggap sebagai hewan peliharaan terbaik di dunia, mereka memiliki kecerdasan yang tinggi, loyal, dan selalu bersedia bermain bersama pemiliknya. Selain itu, anjing juga merupakan hewan yang sangat suka makan, mereka senang mencicipi berbagai jenis makanan, termasuk buah-buahan. 

Namun, banyak pemilik anjing tidak tahu bahwa beberapa jenis buah dapat berbahaya bagi anjing, termasuk jeruk. Lalu, bolehkah anjing makan jeruk? Apakah buah-buahan yang dikenal baik bagi kesehatan manusia ini aman untuk anjing? Buat kamu yang penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Bolehkah Anjing Makan Jeruk?

Jeruk mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin C, serat, dan kalium, yang baik untuk kesehatan manusia. Namun, apakah jeruk juga aman bagi anjing? Meski buah jeruk tidak beracun bagi anjing, jawabannya tidak sepenuhnya sederhana.

Secara umum, jeruk tidak beracun bagi anjing dan mungkin dapat dimakan dalam jumlah kecil. Akan tetapi, jeruk mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan anjing. Ini dapat menyebabkan diare, muntah, dan sakit perut pada anjing.

Selain itu, kulit jeruk, terutama kulit yang mengandung minyak esensial, dapat menyebabkan reaksi alergi pada anjing. Jika anjing kamu memakan kulit jeruk, ia mungkin mengalami gatal-gatal, ruam, atau bahkan kesulitan bernafas.

Berhenti memberi makan jeruk pada anjing kamu segera jika kamu melihat adanya perilaku yang tidak biasa. Bahkan jika anjing kamu menyukai buah dan tidak menunjukkan tanda-tanda reaksi yang membahayakan, batasi asupan jeruk dan semua camilan tidak lebih dari 10 persen kalori harian. Membatasi asupan makanan dapat membantu mencegah gangguan pencernaan dan penambahan berat badan.

Oleh karena itu, disarankan untuk memberi anjing kamu hanya sedikit jeruk dan pastikan untuk menghilangkan kulitnya terlebih dahulu. Jangan memberikan jeruk secara teratur atau dalam jumlah besar, karena hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan pada anjing kamu.

Pentingnya Memahami Diet Anjing Kamu

Sama seperti manusia, anjing juga memerlukan diet yang seimbang dan nutrisi yang tepat untuk tetap sehat dan bahagia. Sebagai pemilik anjing, penting untuk memperhatikan apa yang dimakan oleh hewan peliharaan kamu, termasuk makanan manusia apa pun yang diberikan.

Beberapa jenis makanan manusia yang aman bagi anjing termasuk nasi putih, daging tanpa lemak, sayuran non-beracun seperti wortel dan brokoli, dan beberapa jenis buah-buahan seperti apel dan pisang.

Namun, banyak jenis makanan manusia yang berbahaya bagi anjing, termasuk cokelat, minuman beralkohol, makanan yang digoreng atau berlemak, dan beberapa jenis buah-buahan seperti anggur, tomat, dan kismis. Pemilik anjing harus memastikan bahwa anjing mereka hanya makan makanan yang aman dan sehat.

Kesimpulan

Secara umum, jeruk tidak beracun bagi anjing dan dapat dimakan dalam jumlah kecil. Namun, jeruk mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan anjing dan kulit jeruk

Kamu bisa menanyakan tentang hal ini secara lebih detail dengan konsultasi dokter hewan online di aplikasi Hewania.

Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik. Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!