bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

8 Makanan Manusia yang Aman untuk Anjing: Tips dan Panduan

March 31, 2023by Galih Primananda0

Seringkali kita merasa kesulitan memilih makanan yang tepat untuk anjing kita. Apakah makanan manusia aman untuk anjing? Bagaimana memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi anjing? 

Dalam artikel ini, Hewania akan memberikan tips dan panduan tentang makanan manusia yang aman untuk anjing. Yuk ketahui penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Makanan Manusia yang Aman untuk Anjing

1. Daging Ayam dan Daging Sapi

Daging ayam dan daging sapi adalah sumber protein yang baik untuk anjing, dan dapat dimasukkan ke dalam makanan anjing yang kamu buat sendiri. Namun, pastikan daging dimasak sepenuhnya untuk menghindari risiko keracunan salmonella atau bakteri E. coli.

2. Sayuran dan Buah

Sayuran seperti wortel, kacang hijau, dan brokoli adalah sumber serat yang baik untuk anjing.

Namun, hindari memberikan sayuran seperti bawang, paprika, dan tomat karena bisa menyebabkan masalah pencernaan pada anjing. Buah seperti apel, pisang, dan stroberi juga bisa diberikan sebagai camilan, namun pastikan untuk menghilangkan bijinya dan potong menjadi ukuran yang tepat.

3. Beras dan Kentang

Beras dan kentang adalah sumber karbohidrat yang baik untuk anjing. Pastikan beras dan kentang dimasak tanpa tambahan garam atau bumbu, dan berikan dalam jumlah yang tepat.

4. Telur

Telur adalah sumber protein yang baik dan juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan anjing. Namun, pastikan telur dimasak hingga matang dan jangan memberikan telur mentah karena dapat menimbulkan risiko infeksi bakteri.

5. Susu dan Produk Susu

Meskipun anjing dapat mengonsumsi produk susu dalam jumlah kecil, sebagian besar anjing memiliki intoleransi laktosa. Jika anjing kamu memiliki intoleransi laktosa, hindari memberikan susu atau produk susu sebagai makanan atau camilan.

6. Roti Tawar

Roti tawar dalam jumlah kecil (tanpa bumbu dan pastinya tanpa kismis) tidak akan menyakiti anjing kamu, tetapi juga tidak akan memberikan manfaat kesehatan apa pun.

Makanan ini tidak memiliki nilai gizi. Roti buatan sendiri adalah pilihan yang lebih baik daripada yang dibeli di toko, karena roti dari toko kelontong biasanya mengandung bahan pengawet yang tidak perlu.

7. Keju

Anjing bisa makan keju dalam jumlah kecil hingga sedang. Selama anjing kamu tidak mengalami intoleransi laktosa (yang jarang terjadi), keju bisa menjadi makanan yang enak. Banyak jenis keju yang tinggi lemak, jadi pilihlah keju rendah lemak seperti keju cottage atau mozzarella.

8. Ikan

Ikan mengandung lemak dan asam amino yang baik, yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi  anjing kamu. Jenis ikan seperti salmon dan sarden sangat bermanfaat bagi kesehatan anjing kamu.

Salmon memiliki sarat dengan vitamin dan protein. Sementara itu, sarden memiliki tulang yang lunak dan mudah dicerna untuk kalsium tambahan. Jangan pernah memberi makan anjing kamu ikan mentah atau kurang matang.

Pastikan ikan dimasak dan didinginkan sepenuhnya, dan batasi asupan ikan anjing kamu tidak lebih dari dua kali seminggu.

Kesimpulan

Dalam memilih makanan manusia untuk anjing, pastikan untuk memilih makanan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi anjing. Beberapa makanan manusia seperti daging ayam dan sapi, sayuran dan buah-buahan tertentu, beras dan kentang, telur, dan susu atau produk susu (jika anjing tidak memiliki intoleransi laktosa) aman untuk diberikan kepada anjing. 

Namun, pastikan untuk memasak dengan benar dan memberikan dalam jumlah yang tepat, serta selalu berkonsultasi dengan dokter hewan jika kamu tidak yakin apakah suatu makanan aman untuk anjing kamu.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!