bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Cara menentukan harness terbaik yang sesuai dengan tubuh Anjingmu!

November 22, 2023by HEWANIA0

   Memilih harness atau tali kekang untuk anjing merupakan pilihan yang baik untuk anjing dibanding memberikannya kalung. Dengan memilih harness yang tepat dapat memberikan solusi untuk anjing yang suka menarik tali pengikatnya, anjing yang sulit dikendalikan, atau anjing yang memiliki masalah kesehatan karena bentuk kepala dan lehernya seperti anjing brachycephalic yaitu pug, boxer hingga boston terrier. Tali pengaman anjing dapat mencegah ketegangan karena tekanan dari tali pengikat anjing didistribusikan dan bukannya terkonsentrasi di sekitar leher anjing. 

   Beragam jenis harness atau tali kekang anjing dapat menjadi pilihan harness atau tali kekang yang tepat untuk anjing anda. Tentu saja juga menjadi tantangan bagi anda untuk menentukan mana yang tepat untuk anjing anda. Berikut adalah tips cara memasang harness atau tali kekang yang tepat sebagai opsi untuk membantu anda memilih harness yang cocok.

Baca Juga: Ketahui Ciri Pup Anak Kucing yang Sehat Disini!

 

Cara mengukur harness atau tali kekang pada anjing anda

  Ukuran harness atau tali kekang biasanya didasarkan pada kombinasi pengukuran. Persyaratan pengukuran tubuh yang tepat berbeda- beda di setiap produsen, tetapi hampir selalu menyertakan lingkar anjing anda atau lingkar bagian terlebar dari tulang rusuknya. 

   Untuk menentukan lingkar tubuh anjing anda, lilitkan pita pengukur di sekeliling tubuh anjing anda dengan jarak sekitar 3 cm dari kaki depannya sehingga pita pengukur pas dan tidak terlalu kencang. Anda juga bisa melilitkan tali di sekitar tubuh anjing anda lalu membandingkan dengan penggaris untuk mengetahui ukurannya. Beberapa harness atau tali kekang juga memerlukan pengukuran pada leher bagian bawah (tepat diatas bahu) yang merupakan bagian paling tebal dari leher anjing anda. Saat mengukur pastikan pita pengukur tidak terlalu ketat di leher anjing anda sehingga harness atau tali kekangnya akan pas  untuk anjing anda. 

   Selain itu tidak ada salahnya mengukur bagian lebar dada anjing anda karena beberapa jenis harness atau tali kekang memiliki pengikat di bagian depan juga. Untuk menentukan lebar dada anjing anda cukup letakkan pita pengukur di bagian depan dada anjing anda dan diatas tulang dadanya dan berakhir sekitar 3 cm di belakang setiap kaki. 

Selain itu beberapa produk harness atau tali kekang juga memerlukan berat badan anjing anda untuk menentukan ukuran yang pas. Sehingga anda perlu untuk menimbang berat badan teman berbulu anda untuk mengetahui harness yang pas untuknya. Anda bisa menggendong anjing anda bersama untuk menimbang lalu menguranginya dengan berat badan anda sendiri, dan anda akan mendapatkan berat badan anjing anda. 

 

Memilih harness atau tali kekang yang tepat untuk anjing anda

     Saat pertama kali memasangkan harness atau tali kekang untuk anjing anda, berikan ukuran yang sesuai agar tidak membuat lecet atau menggesek kulit anjing saat mereka berjalan, terutama pada area di bawah kaki depan atau area ketiak. Tali pengaman harus cukup longgar sehingga anda dapat menyelipkan dua jari anda di bawah harness atau tali kekang, tapi pastikan tidak terlalu longgar agar anjing anda tidak terlepas secara tidak sengaja. Ingatlah bahwa anjing anda bisa terlepas dari harness begitu saja dengan bergoyang ke depan atau mundur ke belakang. Pastikan mengujinya terlebih dahulu agar anjing anda tidak bisa terlepas dari tali kekang. Selain itu pastikan anda memasangkan harness atau tali kekang di tempat yang tepat satu per satu pada tubuh anjing anda dan anjing anda terlihat aman dan nyaman. 

Mengingat banyaknya bentuk, ukuran, dan kebutuhan sahabat berbulu anda berikut pilihan tali kekang yang tepat untuk anjing anda :

 1. Harness untuk anda dan teman berbulu yang suka fashion 

    Jika anda dan teman berbulu anda memiliki selera yang sama dalam fashion, anda bisa mencari harness atau tali kekang yang sesuai dengan gaya pribadi anda! Banyak harness dengan ornamen- ornamen yang fashionable dan sesuai dengan kenyamanan anjing anda. 

 2. Harness untuk anjing yang sulit dipasangkan 

    Harness atau tali kekang yang tepat untuk anjing ras seperti bulldog dan dachshund mungkin sulit karena bentuk tubuhnya yang unik seperti dada lebar dan batang tubuh yang panjang. Pastikan anda memilih produk yang tepat untuk jenis anjing anda!

 3. Harness untuk anjing kuat

   Untuk anjing pitbull, rottweiler harness tanpa tarikan membantu anda untuk mengelola anjing yang sulit dikendalikan dengan tali. Harness tanpa tarikan dirancang khusus untuk mengurangi tarikan hal ini bertujuan untuk mencegah anjing tersedak dan membuat anjing terasa nyaman. 

 4. Harness untuk anjing senior 

    Beberapa anjing membutuhkan bantuan ekstra saat berjalan dengan tali. Baik karena penurunan mobilitas karena usia, atau rehabilitasi pasca bedah. Pilihlah harness dengan tali pengaman yang dapat memberikan dukungan ekstra sehingga saat anda mengajaknya jalan- jalan menjadi lebih mudah. 

 5. Harness dengan fungsi ganda

     Jika anda suka mengajak anjing anda bepergian maka pilihlah harness atau tali pengaman yang berfungsi sebagai penahan sabuk pengaman dan tali pengaman berjalan. Harness ini membantu anjing anda tetap aman dan nyaman saat anda aja travelling berdua mengendarai mobil. 

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda juga bisa membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!