bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kapan Waktu Terbaik untuk Mensterilkan Kucing?

November 22, 2023by Galih Primananda0

Hewanians, mensterilkan hewan peliharaan merupakan salah satu praktik dasar kepemilikan hewan di Amerika Serikat. Menurut statistik ASPCA, populasi kucing peliharaan di AS berkisar antara 74 hingga 96 juta, dengan perkiraan sekitar 70 juta kucing liar yang mencari makan sendiri. 

Sayangnya, hanya sekitar 41 persen kucing yang masuk penampungan, terutama kucing liar, sulit menemukan rumah dan akhirnya harus disuntik mati. Jika kamu memiliki anak kucing di rumah, memandulkan atau mensterilkan perlu menjadi pertimbangan segera. 

Namun, pertanyaan utamanya adalah kapan waktu terbaik untuk mensterilkan kucing? Yuk temukan jawabannya di bawah ini seperti dilansir dari Pet MD!

Waktu yang Tepat untuk Memandulkan atau Mensterilkan Kucing kamu

Terdapat perdebatan di kalangan dokter hewan mengenai waktu yang tepat untuk memandulkan atau mensterilkan kucing. Ada tiga pilihan umum: 

  • Pemandulan/netral pediatrik dilakukan pada usia enam hingga delapan minggu, pemandulan standar pada usia lima hingga enam bulan, atau menunggu hingga mengalami estrus pertama pada usia delapan hingga dua belas bulan. 

Manfaat Memandulkan atau Mensterilkan Kucing kamu

Sterilisasi kucing betina sebelum mengalami estrus pertama hampir dapat menghilangkan risiko kanker payudara. Kanker payudara pada kucing cenderung lebih agresif dibandingkan dengan spesies lain. 

Kucing betina yang sudah disteril juga terbebas dari risiko kanker ovarium, rahim, dan infeksi rahim yang dapat fatal yang disebut pyometra. Untuk kucing jantan, manfaat sterilisasi lebih bersifat perilaku, meskipun mengurangi risiko kanker testis seiring bertambahnya usia. Menurut Dr. Coates, sterilisasi juga dapat mengurangi perilaku vokal, usaha melarikan diri, berkeliaran, berkelahi, dan menyemprotkan urin yang terkait dengan perilaku kucing jantan utuh. 

Selain itu, mengurangi dorongan untuk kawin dapat menghindari penularan penyakit seperti AIDS kucing dan leukemia yang dapat terjadi melalui gigitan.

Serahkan Sterilisasi pada Dokter Hewan Berpengalaman di Hewania

Berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum melakukan sterilisasi pada hewan peliharaan adalah langkah penting yang memiliki dampak signifikan pada kesehatan dan kesejahteraan hewan.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!