bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatan5 Cara Mengatasi Kucing Mencret di Rumah. Yuk Simak!

Desember 2, 2022by HEWANIA0

Hewanians, apa yang kamu lakukan jika kamu menemukan kotoran mencret di litter box kucing? Sebagai pet owner, mungkin kamu akan langsung panik. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini sebenarnya adalah dengan menghubungi dokter hewan.

Meski begitu, ada beberapa cara mengatasi kucing mencret yang bisa kamu lakukan di rumah. Yuk simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Kenapa Kucing Mencret?

Ketika kucing kamu mencret, hal ini merupakan pertanda dari penyakit diare. Diare sendiri adalah kondisi ketika kotoran kucing kamu tidak berbentuk atau encer seperti dilansir dari VCA Hospital. Biasanya jumlah dan frekuensinya akan meningkat.

Diare merupakan tanda sebuah penyakit terjadi pada kucing kamu. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari infeksi bakteri, virus, cacing usus, hingga racun kimia. Selain itu, diare juga bisa disebabkan oleh kebiasaan umum seperti perubahan pola makan.

Alergi terhadap bahan atau makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab diare pada kucing kamu.

Baca juga: 4 Penyebab Diare pada Kucing dan Tips Menyembuhkannya di Rumah

Cara Mengatasi Kucing Mencret di Rumah

Ketika kucing mengalami diare atau mencret, ada beberapa opsi perawatan yang bisa kamu lakukan di rumah. Beberapa cara mengatasi kucing mencret di rumah adalah:

1. Ganti Diet Makanan Kucing Kamu

Salah satu penyebab paling umum dari diare adalah makanan yang dikonsumsi oleh kucing kamu. Oleh karena itu, kamu bisa menghilangkan makanan yang tidak penting bagi kucing kamu. Seperti cemilan ataupun makanan kecil lainnya.

Ketimbang memberikan mereka cemilan, fokuslah untuk menyediakan kucing kamu makanan inti. Selalu pastikan makanan ini bisa menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing kamu. Jika kamu baru saja mengganti diet pada kucing kamu, cobalah untuk mengembalikannya pada yang sebelumnya.

Jika ternyata setelah dikembalikan ternyata kucing kamu berhenti diare, maka bisa jadi penyebabnya adalah dari perubahan makanan. Beberapa kucing juga punya alergi terhadap beberapa jenis makanan tertentu. Oleh karena itu, sebelum memberikan diet baru pada kucing kamu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu.

2. Kurangi Pemberian Makanan Serat

Di sisi lain, serat mungkin merupakan makanan yang baik bagi kesehatan. Meski begitu, serat juga bisa membuat kucing kamu mengalami diare. Jika hal ini terjadi, ganti diet kucing kamu ke diet rendah serat (makanan yang mudah dicerna).

Carilah makanan yang sangat mudah dicerna atau baik untuk kucing dengan “perut sensitif”. Produk-produk ini harus memiliki kadar serat kasar sekitar 3 persen yang tercantum pada analisis jaminan mereka.

3. Dorong Asupan Air dan Elektrolit

Kucing yang mencret perlu asupan minum air putih yang cukup. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Isilah mangkuk kucing kamu dengan air segar dan bersih.

Isi mangkuk air kucing kamu dengan air segar dan bersih, dan pertimbangkan untuk menambahkan mangkuk ekstra yang berisi kaldu ayam atau daging sapi encer. Cara mudah lain untuk meningkatkan asupan air kucing kamu adalah dengan makanan kaleng.

Kamu juga bisa menambahkan satu hingga dua sendok air hangat pada makanan kucing kamu.

4. Probiotik

Populasi bakteri yang sehat dalam saluran usus kucing diperlukan untuk pencernaan yang normal. Suplemen probiotik dapat membantu mengembalikan populasi bakteri usus kucing menjadi normal. Pilih probiotik yang diberi label untuk digunakan pada kucing dan dibuat oleh perusahaan terkemuka.

5. Pengobatan Anti Diare

Sebagian besar obat anti diare tidak boleh digunakan pada kucing tanpa pengawasan dokter hewan. Beberapa diantaranya bahkan sangat berbahaya, tetapi obat kaolin-pektin dapat digunakan dengan aman pada kucing. Instruksi pemberian dosis sekitar 1 sendok teh per 5 pon berat badan setiap empat hingga enam jam.

Baca juga: Kucing Sakit Perut: Ini Gejala dan Cara Mengobatinya

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatasi kucing mencret yang bisa kamu lakukan di rumah. Meski begitu, kamu harus tahu jika cara terbaik mengatasi diare pada kucing adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di Hewania.

Tersedia berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel menarik tentang kesehatan hewan. Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!