bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ini Cara Menurunkan Berat Badan pada Kucing

February 5, 2024by Galih Primananda0

Hewanians, kucing yang obesitas memiliki risiko tinggi mengembangkan penyakit metabolik seperti diabetes mellitus. Kondisi ini disebabkan oleh resistensi insulin atau produksi insulin yang tidak mencukupi, yang dapat mengganggu metabolisme normal tubuh kucing.

Tak hanya itu, kucing obesitas juga lebih rentan terhadap masalah jantung dan pembuluh darah, termasuk hipertensi (tekanan darah tinggi) dan penyakit jantung. Kelebihan berat badan dapat membebani jantung kucing, menyebabkan kerusakan pada struktur dan fungsi jantungnya.

Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan pada kucing? Buat kamu yang penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab Obesitas pada Kucing

Makanan yang Tidak Sehat

Kucing yang makan makanan tinggi kalori dan rendah serat cenderung mengalami kegemukan. Makanan yang mengandung banyak karbohidrat juga dapat menyebabkan kucing gemuk karena tubuh mereka tidak dapat mencernanya dengan baik.

Kurangnya Aktivitas Fisik

Kucing yang kurang bergerak atau memiliki gaya hidup yang tidak aktif cenderung mengalami penimbunan lemak yang berlebihan. Kucing yang tinggal di dalam ruangan tanpa stimulasi yang cukup sering kali memiliki masalah dengan kelebihan berat badan.

Cara Menurunkan Berat Badan pada Kucing

Berkonsultasi dengan Dokter Hewan

Pertama, bicarakan dengan dokter hewan kamu sebelum melakukan diet pada kucing kamu. Mereka akan membantu kamu membuat rencana diet kucing yang mendukung penurunan berat badan secara bertahap dan sehat tanpa membatasi asupan makanan terlalu drastis. 

Pembatasan makanan kucing yang berlebihan dan penurunan berat badan yang cepat justru dapat membuat hewan peliharaan kamu sakit parah, menyebabkan penyakit serius pada kucing yang disebut lipidosis hati, atau penyakit hati berlemak.

Pilih Makanan yang Tepat

Pemilik kucing perlu memilih makanan kucing yang rendah kalori namun tinggi serat. Makanan khusus untuk kucing yang kelebihan berat badan dapat membantu mereka merasa kenyang tanpa asupan kalori yang berlebihan.

Pilih makanan kering yang dirancang khusus untuk kucing yang memiliki masalah berat badan. Makanan ini biasanya mengandung jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan makanan kucing biasa

Kontrol Porsi dan Jadwal Makan

Menetapkan jadwal makan yang teratur dan mengukur porsi makan harian kucing dapat membantu mengontrol asupan kalori mereka.

Tingkatkan Aktivitas Fisik

Menghabiskan waktu untuk bermain dengan kucing dapat membantu meningkatkan aktivitas fisik mereka. Kamu juga bisa menggunakan mainan interaktif atau memancing kucing untuk bergerak dapat membantu membakar kalori berlebih.

Hindari Camilan Berlebihan

Camilan harus diberikan dengan bijaksana dan tidak boleh menjadi bagian utama dari diet kucing. Terlalu banyak camilan dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan kucing yang bisa coba kamu lakukan. Menjaga berat badan yang ideal pada kucing adalah hal yang sangat penting. Berat badan yang sehat dan ideal sangat mempengaruhi kesejahteraan dan kesehatan umum kucing.

Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!