bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ini Makanan untuk Menurunkan Berat Badan Kucing!

February 6, 2024by Galih Primananda0

Hewanians, obesitas dapat meningkatkan risiko kucing untuk mengembangkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang, termasuk diabetes, masalah jantung, masalah pernapasan, dan penyakit hati.

Selain itu, Kucing yang obesitas memiliki risiko kematian yang lebih tinggi dan masa hidup yang lebih pendek dibandingkan dengan kucing yang memiliki berat badan yang sehat.

Lalu, apa saja makanan untuk menurunkan berat badan kucing yang obesitas? Buat kamu yang sedang mencari jawaban untuk pertanyaan ini, yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Baca Juga: Bolehkah Kucing Memakan Makanan Anjing? Ketahui 7 Penjelasannya

Apa Penyebab Obesitas pada Kucing?

Dilansir dari Wag Walking, beberapa penyebab obesitas paling umum pada kucing adalah:

  • Usia lebih tua
  • Berkurangnya aktivitas dan metabolisme yang lebih lambat 
  • Diet
  • Penyakit 
  • Pola makan berkualitas rendah
  • Latihan atau aktivitas yang tidak memadai 
  • Kebiri (kucing yang dikebiri seringkali mengalami penurunan metabolisme)

Baca Juga: Rekomendasi Makanan untuk Anak Kucing dengan Pencernaan Sensitif

Makanan untuk Menurunkan Berat Badan Kucing

Makanan yang tepat untuk menurunkan berat badan kucing sangatlah penting untuk membantu kucing mencapai berat badan yang sehat. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang cocok untuk membantu kucing menurunkan berat badan:

  1. Makanan Kering Rendah Kalori: Pilih makanan kering yang dirancang khusus untuk kucing yang memiliki masalah berat badan. Makanan ini biasanya mengandung jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan makanan kucing biasa.
  2. Makanan Basah Rendah Lemak: Makanan basah yang rendah lemak juga dapat membantu kucing menurunkan berat badan. Pilih makanan basah yang mengandung lebih sedikit lemak dan kalori, tetapi tetap mengandung nutrisi yang penting.
  3. Makanan Tinggi Serat: Makanan tinggi serat dapat membantu kucing merasa kenyang lebih lama tanpa harus mengonsumsi banyak kalori. Pilih makanan yang mengandung serat alami seperti serat dari sayuran dan biji-bijian.
  4. Makanan dengan Protein Berkualitas Tinggi: Pilih makanan yang mengandung protein berkualitas tinggi untuk membantu mempertahankan massa otot kucing saat menurunkan berat badan. Protein juga membantu kucing merasa kenyang lebih lama.
  5. Makanan yang Dikontrol Porsi: Selain memilih makanan yang tepat, penting juga untuk mengontrol porsi makan kucing. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pemberian makanan yang disarankan oleh produsen atau dokter hewan.

Memilih makanan yang tepat dan mengontrol pola makan kucing dengan baik merupakan langkah penting dalam membantu kucing menurunkan berat badan secara sehat dan efektif. 

Tetap konsisten dengan diet yang sehat dan memberikan makanan yang tepat akan membantu kucing mencapai berat badan yang ideal dan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan

Baca Juga: Berapa Berat Badan Kucing yang Termasuk Obesitas? Ini Hitungannya!

Kesimpulan

Memilih makanan yang tepat untuk diet kucing sangat penting karena makanan yang mereka konsumsi memiliki dampak langsung pada kesehatan dan kesejahteraan mereka. Makanan yang tepat dapat membantu mengatur berat badan kucing agar tetap ideal. Kucing yang makan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya cenderung memiliki kontrol berat badan yang lebih baik.

Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!