bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

6 Ciri-ciri Kucing Sakit Ginjal

March 28, 2023by Galih Primananda0

Hewanians, kucing yang sakit ginjal dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri yang harus diwaspadai oleh pemiliknya. Meskipun beberapa gejala mungkin tidak muncul pada tahap awal, pemilik kucing harus tetap waspada dan memperhatikan perubahan dalam perilaku dan kesehatan kucing mereka.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang dapat menandakan bahwa kucing menderita sakit ginjal:

1. Kucing Kehilangan Nafsu Makan

Kehilangan nafsu makan adalah salah satu ciri-ciri umum dari kucing yang sakit ginjal. Kucing bisa menolak makan makanan kesukaannya atau makan dengan sangat sedikit. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada ginjal, yang menghasilkan racun dalam darah yang dapat mempengaruhi selera makan kucing.

2. Kucing Sering Muntah Dan Mengalami Diare

Kucing yang sakit ginjal seringkali muntah atau mengalami diare. Hal ini terjadi karena kondisi ginjal yang buruk memengaruhi sistem pencernaan kucing, yang dapat membuat kucing menjadi sensitif terhadap makanan atau mengalami masalah dalam menyerap nutrisi.

3. Kucing Kehilangan Berat Badan

Kucing yang sakit ginjal cenderung kehilangan berat badan secara signifikan dan dalam waktu yang relatif cepat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya nafsu makan dan kerusakan pada ginjal yang memengaruhi proses metabolisme kucing.

3. Kucing Sering Merasa Lelah Dan Lemah

Kucing yang sakit ginjal sering merasa lelah dan lemah sepanjang waktu. Kucing bisa terlihat tidak bertenaga dan mengantuk sepanjang hari. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada ginjal yang dapat memengaruhi produksi energi dalam tubuh kucing.

4. Kucing Sering Buang Air Kecil Atau Tidak Buang Air Kecil Sama Sekali

Ciri-ciri kucing sakit ginjal selanjutnya bisa kamu perhatikan pada kebiasaan kucing buang air kecil. Kucing yang sakit ginjal sering buang air kecil lebih sering dari biasanya atau tidak sama sekali. Jika kucing tidak buang air kecil selama 24 jam atau lebih, hal ini dapat menunjukkan masalah ginjal yang serius dan harus segera diperiksakan ke dokter hewan.

5. Kucing Memiliki Nafas Yang Berbau Tidak Sedap Atau Bau Mulut Yang Tidak Normal

Kucing yang sakit ginjal sering memiliki nafas yang berbau tidak sedap atau bau mulut yang tidak normal. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada ginjal, yang memengaruhi metabolisme tubuh kucing.

6. Kucing Sering Mengalami Perubahan Perilaku

Kucing yang sakit ginjal dapat mengalami perubahan perilaku seperti menjadi lebih depresi atau kurang aktif dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh ketidaknyamanan dan rasa sakit yang dialami kucing akibat kondisi ginjal yang buruk.

Jika kamu melihat adanya ciri-ciri kucing sakit ginjal di atas, segera periksakan kesehatan kucing kamu ke dokter hewan. Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online pada aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih.

Kamu juga bisa mencegah dan mengobati sakit ginjal pada kucing kamu dengan Yochito – Suplemen untuk Kesehatan Ginjal Anjing dan Kucing. Obat ini adalah suplemen makanan untuk kesehatan ginjal anjing dan kucing.

Yochito dapat membantu mengikat phospor dan mengurangi azotemia untuk menjaga kesehatan ginjal pada kucing. Beli obatnya disini.

Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!