bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Gangguan Kesehatan yang Sering dialami Anjing Labrador

June 23, 2023by HEWANIA0

       Anjing labrador retriever merupakan sosok anjing pemburu yang mempunyai bentuk badan yang seimbang, sehingga cocok menjadi  anjing peliharaan atau mungkin anjing pekerja. Labrador merupakan anjing yang penurut dan mudah untuk dilatih, mereka tidak peduli dengan teritori, tidak banyak mau, tenang, tidak agresif, tidak suka merusak, dan tidak sensitif terhadap suara ribut atau keramaian. Mereka memiliki banyak sifat “sulit” yang dimiliki oleh anjing ras lain. Sesuai dengan namanya mereka lebih suka mengambilkan sesuatu untuk majikannya (retrieve).

      Secara umum mereka merupakan jenis anjing yang sehat dan relatif sedikit untuk masalah kesehatn.  Umur anjing labrador sendiri bisa mencapai 12 hingga 13 tahun lamanya. Labrador adalah jenis anjing yang ramah dengan semua orang, sehingga banyak keluarga yang memeliharanya. 

Baca Juga: 9 Tips Ampuh Menjaga Anjing Agar Tetap Hangat di Cuaca Dingin!

Merawat anjing Labrador

      Banyak alasan mengapa anjing labrador sangat populer dan banyak diminati. Anjing ras ini sangat menyayangi orang, bahkan orang asing sekalipun, mereka juga sangat baik terhadapa anak- anak juga anjing jenis lainnya. Meskipun demikian, anda tetap harus mengawasinya saat memperkenalkan pertama kali labrador anda kepada keluarga. 

    Anjing labrador retriever memiliki bulu atau lapisan bulu ganda yang dapat melindunginya dari air. Lapisan bawah yang dekat dengan kulit merupakan bulu pendek kemudian dilapisi lagi dengan lapisan bulu oanjang sebagai bulu luarnya. Oleh karena itu, anjing labrador sering kali mengalami kerontokan, dan anda dapat menguranginya dengan rutin menyikat atau menyisir bulunya.

     Anjing labrador merupakan teman yang sangat baik dan mereka juga sangat suka untuk menghabiskan waktu diluar rumah bersama anda apalagi anjing ras ini sangat menyukai air. Mungkin anda juga berencana ingin memelihara labrador? Berikut adalah pengetahuan mengenai gangguan kesehatan yang sering menyerang pada anjing labrador.

 

Gangguan kesehatan yang sering pada Labrador

    Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang mungkin sering terkena pada anjing labrador :

  1. Hip dysplasia. Anjing ras besar cenderung mengalami gangguan ini yang menyebabkan pergeseran pinggul sehingga tidak berada ditempatnya. Dan bisa menjadi pemicu adanya arthritis. Sebaiknya saat akan dikawinkan anda bisa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada area pinggulnya ke dokter hewan.
  2. Elbow dysplasia. Gangguan ini terjadi karena pertumbuhan dan perkembangan sendi siku yang tidak normal. Sehingga anjing akan kesulitan saat menggerakkan sikunya dan merasa kesakitan.
  3. Arthritis. Radang sendi terjadi akibat ukuran labrador yang besar sehingga menimbulkan tekanan pada persendiannya. 
  4. Laryngeal paralysis. Kondisi ini terjadi akibat perubahan otot di sekitar organ sehingga menyebabkan aliran udara terbatas.
  5. Hypothyroidism. Terjadi akibat penurunan produksi dan pelepasan hormon T3 dan T4 dari kelenjar tiroid. Kondisi ini biasanya terjadi akibat genetik atau bawaan lahir. Anda dapat mengobatinya namun tidak bisa disembuhkan langkah yang dapat anda lakukan yaitu dengan melakukan pemeriksaan dengan dokter hewan anda
  6. Obesitas. Labrador memang suka sekali dengan makanan, batasi konsumsi makanan mereka dan pastikan anda memberikan nutrisi yang tepat dan seimbang. Kembung juga sering terjadi pada labrador karena memiliki dada yang dalam. 
  7. Atropi retina progressif. Gangguan pada mata yaitu kerusakan pada retina secara bertahap. Kondisi ini biasanya akan menyerang pada anjing labrador yang mulai tua sehingga mulai terjadi gangguan penglihatannya.
  8. Infeksi telinga. Bentuk telinga yang turun panjang ke bawah menyebabkan labrador rentan akan infeksi telinga.
  9. Gangguan jantung. Kemungkinan bisa terjadi cacat pada katup sisi kanan jantung dan bising jantung bisa terjadi karena cacat lahir.

 

Pencegahan masalah kesehatan labrador

        Gangguan yang terjadi diatas dapat dicegah dengan memastikan saat anda ingin mengadopsi bahwa tidak ada gangguan genetik yang dibawa dari induknya. Berikan diet yang seimbang dan lengkap serta olahraga teratur.

      Meskipun memiliki banyak daftar gangguan yang dapat terkena pada anjing labrador, namun selama anda memberikan perawatan yang maksimal untuk mereka dan dibarengi dengan nutrisi yang tepat serta seimbang maka kondisi kesehatan mereka juga akan selalu dalam kondisi prima dan sehat. Selain itu perawatan rutin seperti mengajaknya ke salon untuk grooming juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulitnya. 

        Selain itu bawalah anjing labrador anda untuk pemeriksaan rutin di dokter hewan paling tidak 6 bulan sekali, dan jangan lupakan vaksinasi serta pemberian obat cacing secara rutin sesuai anjuran dokter hewan anda! 

Anda juga bisa konsultasi dengan dokter hewan di Hewania Vet Clinic terkait kondisi kesehatan anjing anda! karena klinik kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Hewania Vet Clinic juga menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

 

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!