bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kucing8 Jenis Kucing Paling Populer di Indonesia

Maret 1, 2023by HEWANIA0

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai jenis kucing yang menjadi favorit bagi para pecinta kucing. Berikut adalah beberapa jenis kucing paling populer di Indonesia.

Jenis Kucing Paling Populer di Indonesia

1. Persia

Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing paling populer di Indonesia. Kucing Persia memiliki bulu panjang yang indah dan wajah bulat yang imut. Mereka sangat manja dan suka memperhatikan pemiliknya. Kucing Persia juga dikenal dengan kepribadian yang tenang dan lembut.

Ada banyak jenis kucing Persia yang diakui oleh organisasi kucing internasional seperti The International Cat Association (TICA) dan The Cat Fanciers’ Association (CFA). Namun, secara umum kucing Persia dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ciri fisik dan bulu mereka, di antaranya kucing persia Himalaya dan persia Tabby. 

2. Anggora

Jenis kucing paling populer di Indonesia seanjutnya adalah Anggora. Kucing Anggora memiliki bulu panjang dan indah dengan kepribadian yang tenang dan manja. 

Kucing Anggora biasanya memiliki warna putih, hitam, atau abu-abu, tetapi ada juga yang memiliki warna lain seperti coklat dan merah. Meskipun kucing Anggora membutuhkan perawatan bulu yang intensif, namun popularitasnya tetap tinggi di Indonesia karena keindahan bulunya dan kepribadiannya yang manja. 

Kucing Anggora juga dikenal sebagai kucing yang sangat akrab dengan manusia dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

3. Siamese

Kucing Siamese juga menjadi salah satu jenis kucing yang populer di Indonesia. Kucing Siamese memiliki bulu pendek dengan pola warna khas yaitu tubuh putih dan telinga, kaki, ekor, dan wajah berwarna hitam atau coklat. Kucing Siamese adalah kucing yang pintar, ramah, dan sangat menggemaskan.

Dilansir The Spruce Cats, kucing Siamese adalah jenis kucing yang pintar, ramah, dan sangat terikat dengan pemiliknya. Mereka dikenal sebagai kucing yang suka berbicara dan akan mengekspresikan diri mereka dengan suara yang khas. 

Jenis kucing ini juga cenderung menjadi kucing yang sangat aktif dan suka bermain, sehingga cocok untuk keluarga yang memiliki anak-anak. Selain itu, kucing Siamese juga dikenal sebagai kucing yang mudah dilatih dan sangat pintar dalam memahami perintah dari pemiliknya. 

Bulu kucing Siamese pendek dan mudah dirawat, namun tetap perlu rutin disikat agar bulunya tetap sehat dan bersinar. Secara umum, kucing Siamese adalah jenis kucing yang populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, karena kepribadiannya yang cerdas, ramah, dan menyenangkan.

4. Scottish Fold

Scottish Fold adalah jenis kucing dengan telinga yang melipat ke bawah, membuatnya terlihat sangat unik dan menggemaskan. Scottish Fold memiliki bulu lembut dan indah dengan kepribadian yang tenang dan lembut. Scottish Fold juga dikenal sebagai kucing yang sangat akrab dengan manusia dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

5. Maine Coon

Maine Coon adalah jenis kucing yang berasal dari Amerika Utara. Maine Coon adalah jenis kucing terbesar di dunia, dengan berat bisa mencapai 11 kilogram. Maine Coon memiliki bulu panjang dan tebal dengan kepribadian yang sangat tenang dan lembut. Mereka sangat akrab dengan manusia dan suka memperhatikan kegiatan yang dilakukan oleh pemiliknya.

6. Bengal

Bengal adalah jenis kucing yang memiliki pola bulu seperti harimau. Meskipun berasal dari Asia Selatan, Bengal sangat populer di Indonesia. Kucing Bengal adalah kucing yang sangat aktif dan suka bermain, sehingga mereka menjadi teman yang baik untuk anak-anak. Mereka juga sangat cerdas dan mudah dilatih.

7. American Shorthair

American Shorthair adalah jenis kucing dengan bulu pendek dan wajah yang imut. American Shorthair adalah kucing yang sangat akrab dengan manusia dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Mereka juga dikenal sebagai kucing yang sangat mandiri dan mudah dirawat.

8. Sphynx

Sphynx adalah jenis kucing yang tidak memiliki bulu, sehingga terlihat sangat unik. Sphynx memiliki kulit yang lembut dan seperti beludru. Sphynx adalah kucing yang sangat cerdas dan aktif, serta suka bermain dengan pemiliknya.

Itulah beberapa jenis kucing paling populer di Indonesia. Masih punya pertanyaan tentang hal ini? Yuk tanyakan langsung pada dokter hewan di aplikasi Hewania!

Aplikasi Hewania menyediakan layanan konsultasi dokter hewan secara online, dengan berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Tak cuma itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya pada aplikasi ini. Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!