bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

3 Jenis Permainan Bersama Anjing, dari Tarik Tambang hingga Petak Umpet!

Bermain bersama anjing adalah momen yang menyenangkan dan berharga bagi pemilik dan hewan peliharaan mereka. Saat bermain dengan anjing, penting untuk memilih jenis permainan yang cocok untuk mereka. Ada berbagai jenis permainan yang dapat kamu mainkan bersama anjing

Dalam artikel ini, Hewania akan menjelajahi beragam jenis permainan bersama anjing, mulai dari permainan fisik yang mengajak mereka berlari dan melompat hingga permainan otak yang merangsang pikiran mereka. Mari kita temukan jenis permainan yang akan memberikan pengalaman bermain yang seru dan memperkuat ikatan dengan anjing kesayangan kamu.

Yuk simak beberapa jenis permainan bersama anjing yang bisa kamu lakukan dibawah ini seperti dialnsir dari Purina!

3 Jenis Permainan Bersama Anjing

1. Fetch

Fetch adalah salah satu jenis permainan bersama anjing yang populer. Dalam permainan ini, kamu melemparkan suatu benda, seperti bola atau mainan, dan anjing akan berlari mengejarnya lalu mengembalikannya kepada kamu.

Permainan fetch memiliki beberapa manfaat. Pertama, ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan anjing dalam aktivitas fisik yang intens. Saat anjing berlari mengejar bola atau mainan yang kamu lemparkan, mereka melakukan latihan aerobik yang baik untuk kebugaran dan kesehatan fisik mereka.

Selain itu, permainan fetch juga membantu melatih keterampilan patuh dan kembali ke pangkuan pemiliknya. Saat anjing membawa kembali benda yang kamu lemparkan, kamu dapat memperkuat pelatihan ketaatan perintah “kembali” atau “serahkan” kepada mereka.

Permainan fetch juga dapat memberikan stimulasi mental bagi anjing, karena mereka harus fokus dan mengikuti objek yang bergerak. Ini membantu merangsang pikiran anjing dan memberikan tantangan mental yang sehat.

Namun, penting untuk memastikan keamanan saat bermain fetch dengan anjing. Pastikan area bermain aman dan bebas dari hambatan atau bahaya potensial. Selain itu, pilihlah mainan yang aman dan sesuai untuk anjing kamu, serta hindari bermain di permukaan yang terlalu keras yang dapat membahayakan kaki atau sendi mereka.

Permainan fetch adalah cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk bermain bersama anjing kamu . Ini memberikan kesempatan untuk melibatkan anjing dalam aktivitas fisik, melatih keterampilan patuh, dan merangsang pikiran mereka.

2. Tug of War atau Tarik Tambang

Permainan “Tug of War” atau tarik tambang adalah salah satu permainan yang umum dimainkan bersama anjing. Dalam permainan ini, kamu dan anjing memegang ujung tali atau mainan tahan gigitan, dan berusaha untuk menarik dan menahan mainan dari satu sama lain.

Permainan tug of war bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan anjing kamu. Ini dapat memberikan latihan fisik dan mental yang baik, serta memperkuat ikatan antara kamu dan mereka. Aktivitas ini juga dapat membantu mengasah kemampuan gigitan dan kekuatan rahang anjing kamu.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat bermain tug of war bersama anjing. Pertama, pastikan kamu mengatur aturan permainan dengan jelas. Ajarkan anjing kamu perintah seperti “lepas” atau “serahkan” agar mereka memahami kapan harus melepaskan mainan. Ini penting untuk menjaga permainan tetap aman dan menghindari perilaku agresif.

Selain itu, perhatikan ukuran dan kekuatan anjing kamu. Pastikan mainan yang digunakan cukup kuat dan tahan gigitan untuk menghindari kerusakan atau cedera. Juga, hindari menarik terlalu keras atau terlalu lama, terutama jika anjing kamu memiliki masalah kesehatan terkait gigi atau sendi.

Selalu waspada dan perhatikan tanda-tanda kelelahan atau ketidaknyamanan pada anjing. Jika mereka terlihat lelah atau tidak tertarik lagi, segeralah mengakhiri permainan dan berikan waktu istirahat yang cukup.

Permainan tug of war dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memperkuat ikatan kamu dengan anjing. Pastikan untuk membuat bermain dengan aturan yang jelas, perhatikan ukuran dan kekuatan anjing kamu, serta selalu memperhatikan kesejahteraan dan keselamatan mereka.

3. Hide & Seek atau Petak Umpet

Permainan “Hide & Seek” atau petak umpet adalah salah satu jenis permainan bersama anjing yang bisa kamu coba lakukan. Dalam permainan ini, kamu bersembunyi di suatu tempat sementara anjing mencari kamu. Permainan Hide & Seek adalah cara yang seru untuk melibatkan anjing kamu dan memberikan stimulasi mental yang sehat. Pastikan kamu memilih lokasi yang aman, latih perintah yang diperlukan, dan selalu perhatikan keselamatan anjing kamu saat bermain.

Berikut adalah cara melakukan permainan Hide & Seek bersama anjing:

  • Persiapkan tempat yang aman: Pilih area di dalam rumah atau di luar ruangan yang aman dan terkontrol untuk bermain Hide & Seek. Pastikan tidak ada bahaya atau akses terbatas yang dapat menyebabkan cedera pada anjing.
  • Mulailah dengan perintah “duduk” atau “tunggu”: Sebelum kamu bersembunyi, mintalah anjing untuk duduk atau menunggu dengan tenang. Ini akan membantu memulai permainan dengan kontrol dan memberikan waktu bagi kamu untuk bersembunyi.
  • Bersembunyi dengan jelas terlihat: Untuk sesi permainan pertama, bersembunyilah di tempat yang terlihat oleh anjing, seperti di belakang furnitur atau di balik pintu yang setengah terbuka. Panggil anjing kamu dan berikan perintah “cari” atau “temukan” sambil memberi isyarat dengan tangan atau suara.
  • Berikan pujian dan reward: Ketika anjing berhasil menemukan kamu , berikan pujian yang hangat dan hadiah berupa kudapan atau permainan. Ini akan memperkuat hubungan positif dan membuat permainan semakin menyenangkan bagi mereka.
  • Tingkatkan tingkat kesulitan: Setelah anjing terbiasa dengan permainan dan perintah yang terlibat, tingkatkan tingkat kesulitan dengan bersembunyi di tempat-tempat yang lebih tersembunyi atau di luar pandangan langsung anjing. Pastikan mereka memiliki keterampilan pencarian yang cukup untuk menemukan kamu.
  • Jadikan permainan menyenangkan: Permainan Hide & Seek harus tetap menyenangkan dan positif bagi anjing. Jika mereka mengalami kesulitan atau kebingungan, berikan petunjuk atau bantu mereka dengan suara atau gerakan. Selalu perhatikan ekspresi dan tingkah laku anjing untuk memastikan mereka tetap senang dan tidak terlalu frustrasi.
  • Akhiri permainan dengan positif: Setelah beberapa putaran permainan, akhiri sesi dengan permainan yang positif dan pujian. Pastikan kamu memuji anjing bahkan jika mereka tidak berhasil menemukan kamu. Ini akan memastikan bahwa mereka tetap termotivasi dan senang berpartisipasi dalam permainan di masa depan.

Masih penasaran dengan jenis permaian bersama anjing yang bisa kamu mainkan? Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

 

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!