bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

10 Alasan Kenapa Anjing Menggonggong Tengah Malam

November 24, 2023by Galih Primananda0

Hewanians, apakah kamu penasaran kenapa anjing menggonggong tengah malam? Banyak orang berpikir bawah gonggongan anjing disebabkan karena mereka adalah keturunan serigala.

Gonggongan pada anjing  ternyata bukan semata-mata karena mereka adalah keturunan serigala, meskipun anjing dan serigala memang memiliki nenek moyang bersama. Gonggongan adalah salah satu cara komunikasi utama bagi anjing dan memiliki berbagai tujuan.

Lalu, apalasan kenapa anjing menggonggong tengah malam selain karena mereka keturunan serigala? Buat kamu yang penasaran, yuk baca artikelnya dibawah ini sampai habis!

10 Alasan Kenapa Anjing Menggonggong Tengah Malam

1. Komunikasi Vokal

Serigala menggonggong untuk berkomunikasi vokal dengan serigala lainnya. Gonggongan ini menginformasikan bahwa mereka sedang berada di lokasi tertentu, dan membantu serigala lain untuk menemukan posisinya.

Sebagai keturunan dari serigala, anjing menurukan sifat ini. 

2. Sifat Teritorial

Sama seperti serigala, anjing juga hidup dengan berkelompok. Mereka akan menggonggong untuk memberitahu anggota kelompok mereka jika ada anjing lain memasuki teritorinya.

Nah, ketika mereka melakukannya di malam hari, bisa jadi ada orang lain yang berusaha menyusup teritori anjing — dalam hal ini rumah kamu.

3. Separation Anxiety Karena Ditinggal Sendirian oleh Anjing Lain

Separation anxiety pada anjing adalah gangguan perilaku di mana anjing menunjukkan tingkat kecemasan atau stres yang tinggi ketika ditinggalkan sendirian oleh anjing lainnya.

Nah, saat anjing mengalami hal ini, mereka akan mengekspresikan kecemasannya dengan menggonggong. 

4. Separation Anxiety Karena Ditinggal Oleh Pemiliknya

Tak hanya oleh anjing lain, ketika pemilik anjing meninggalkan mereka sendirian, anjing akan menggonggong. 

Anjing akan mengeluarkan suara yang kuat, termasuk gonggongan atau melolong, sebagai respons terhadap kecemasan.

5. Mencari Perhatian

Alasan lain kenapa anjing menggonggong tengah malam adalah untuk mencari perhatian. Anjing memiliki berbagai cara untuk berkomunikasi dengan pemiliknya, dan menggonggong adalah salah satu cara yang umum digunakan. Mereka mungkin mengeluarkan suara untuk mendapatkan perhatian.

Jika anjing kamu menggonggong dan tampak mencari perhatian, ini bisa menjadi cara mereka untuk berinteraksi dengan kamu. Anjing mungkin ingin bermain, mendapatkan kasih sayang, atau hanya ingin diperhatikan.

Dalam situasi ini, penting untuk memberikan perhatian positif dan responsif kepada anjing kamu saat mereka menggonggong untuk mencari perhatian. Ini dapat memperkuat ikatan antara kamu dan anjing serta memberikan mereka penghargaan positif untuk perilaku yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Anjing Beserta Artinya. Yuk Pahami!

6. Isolation Anxiety

Tak hanya separation anxiety, gejala kecemasan lain yang bisa anjing rasakan adalah isolation anxiety. 

Anjing akan merasa cemas ketika mereka merasa terisolasi dalam waktu yang lama. Ini yang menjadi alasan kenapa mereka akan merusak furniture — seperti mencabik-cabik sofa — ketika mereka ditinggal sendirian.

Tidak hanya merusak perabot rumah tangga, anjing juga mengekspresikannya dengan menggonggong. 

7. Bersemangat Terhadap Sesuatu

Ketika anjing berhasil mencapai sesuatu atau merasakan kegembiraan, mereka mungkin menginginkan apresiasi dan pujian. Jika kamu tidak memberikan apresiasi kepada mereka, anjing bisa jadi akan melolong karena itu adalah bentuk komunikasi vokal alami bagi mereka. 

Kamu mungkin pernah mengamati bahwa anjing pemburu cenderung melolong saat mereka mendeteksi atau berhasil berburu. Ini adalah cara bagi mereka untuk mengungkapkan kegembiraan dan berbagi kesuksesan mereka, mencari sedikit apresiasi dengan melolong sebagai panggilan kepada pemiliknya.

8. Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan juga dapat menjadi alasan kenapa anjing menggonggong tengah malam. Anjing sering menggunakan suara sebagai cara untuk menyampaikan ketidaknyamanan atau kesulitan yang mereka alami. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin menyebabkan anjing menggonggong meliputi:

  • Nyeri atau mengalami rasa sakit
  • Cemas
  • Gangguan pernafasan
  • Masalah pendengaran
  • Masalah penglihatan
  • Masalah gigi atau mulut

9. Merasa Kesal atau Sedih

Jika anjing kamu merasa kesal atau sedih, mereka mungkin akan melolong. Bagi beberapa anjing, musik (terutama instrumen seperti organ mulut) merupakan suara yang menjengkelkan, dan jika mereka terus-menerus mendengarnya, hal itu dapat memicu suara melolong. 

Ada beberapa suara lain yang dapat mengganggu mereka seperti jam alarm, bunyi bip elektronik, dan sirene.

10. Respons Terhadap Suara Bernada Tinggi

Jika kamu mengeluarkan suara bernada tinggi, kemungkinan besar anjingmu akan merespons dengan melolong. Tak hanya suara bernada tinggi yang kamu hasilkan, sirine juga dapat memacu anjing untuk melolong.

Situasi ini juga terjadi ketika ada anjing lain melakukan lolongan. Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa banyak anjing akan melolong ketika mendengar suara lolongan serigala yang diputar dari smartphone

Ketika anjing melolong tengah malam, ini bisa jadi karena ada anjing lain yang melolong terlebih dahulu.

Catatan: Artikel di atas adalah untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran medis mengenai kesehatan hewan peliharaan. Selalu konsultasikan pada dokter hewan perihal kesehatan hewan kesayangan kamu. Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan dengan dokter hewan berpengalaman dan resmi secara online disini!

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!