bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kenapa Anjing suka Menjilat dan Menggigit kakinya?

December 11, 2023by HEWANIA0

    Jika anjing anda suka menjilati atau bahkan menggigiti kaki terutama bagian paw nya, kemungkinan anda perlu membawanya ke dokter hewan untuk mengetahui apa penyebabnya. Menjilati atau menggigiti bagian kakinya berarti terdapat beberapa alasan yang mungkin melatarbelakangi perilakunya. Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin melatarbelakangi mengapa anjing anda suka menjilat dan menggigiti paw nya, mungkin anda juga akan mengetahui gejala lainnya, serta bagaimana mencegah dan mengobati paw anjing anda.

Baca Juga: 3 Cara Agar Kucing Tidak Bau. Simak Disini!

 

10 alasan anjing menjilat dan menggigiti paw nya

   Secara normal anjing akan menjilati paw nya sebagai cara untuk membersihkan dirinya sendiri atau disebut self-grooming. Namun jika anjing anda sering menjilati bahkan menggigit paw nya secara rutin berarti terdapat sesuatu yang perlu dijelaskan. Berikut adalah alasan mengapa anjing anda menjilati atau bahkan menggigiti pawnya.

 1. Ada ketombe

     Serpihan pada bulu anjing atau ketombe mungkin menandakan kulit terlalu kering. Biasanya terjadi pada lokasi tertentu atau bahkan musim tertentu. Anda bisa mencegah mereka menjilati atau menggigiti area pawnya, maka anda dapat memberikan salep atau krim pelembab yang dibuat khusus untuk anjing anda dan juga anda memberikan omega- 3 untuk mengurangi rasa gatal yang muncul akibat kulit keringnya. 

 2. Hot spot

         Hot spot merupakan area peradangan lokal yang disebabkan oleh oleh jilatan berulang kali pada satu bagian tertentu. Perilaku ini merupakan respon terhadap rasa gatal yang hebat dan sering kali terjadi dalam semalam. Selain itu gejala lain yang muncul yaitu terjadinya rambut rontok dengan diikuti kulit lembab, merah dan gatal. Anda dapat memberikan semprotan antimikroba topikal atau semprotan anti inflamasi untuk membantu mengatasi titik panas di kaki anjing sampai penyebabnya dapat ditentukan. Selain itu anda juga dapat memberikan semprotan hidrokortison topikal untuk membantu meringankan gejala yang muncul. 

  3. Infeksi bakteri

       Infeksi bakteri dapat berkembang bila kulit mengalami kerusakan dan terdapat pertumbuhan bakteri diatas normal. Dalam bahasa umum koreng atau munculnya infeksi bakteri ini dapat disertai dengan kemerahan, kulit terkelupas, dan rambut rontok. Jika infeksi ini muncul anda dapat segera mengkonsultasikannya dengan dokter hewan anda.

 4. Jamur

      Jamur merupakan sumber atau penyebab infeksi ketika pertumbuhan jamur melebihi normal yang menyebabkan gatal, bau dan kulit menjadi berminyak. Jika jamur muncul pada kaki atau paw anjing anda maka pengobatan yang dapat anda berikan yaitu memberikan medicated shampo dan obat anti jamur untuk membantu mengontrol jamur pada kulit. 

 5. Alergi 

       Jika anjing anda memiliki rasa gatal pada bagian paw atau kakinya mungkin bisa jadi anjing anda mengalami alergi. Alergi sendiri merupakan gangguan yang sering terjadi akibat lingkungan, makanan, atau iritan yang kontak langsung dengan anjing anda. Kemerahan, pigmentasi gelap, atau bahkan adanya noda kecoklatan pada paw akibat sering menjilat bisa menjadi tanda alergi. Mandi atau membersihkan paw setelah anjing anda bermain di luar dapat mengurangi alergen pada kulit anjing anda. 

 6. Ringworm

           Ringworm juga merupakan salah satu infeksi jamur yang mudah menyebar melalui kontak pada ranah atau hewan lain yang terinfeksi. Infeksi ini bisa muncul pada paw selain itu juga ditemukan pada kepala, telinga dan kaki belakang anjing. Kerontokan rambut dan kemerahan biasanya akan muncul, namun ada beberapa hewan yang mengalami ringworm tidak menunjukkan gejala tersebut. Pada anjing bulu panjang, perlu dicukur habis untuk mencegah infeksinya muncul kembali.

 7. Luka pada kuku kaki

         Bisa jadi anjing anda mengalami luka pada kuku kakinya atau kukunya patah sehingga mereka menjilati terus bagian paw atau kakinya. Luka pada kuku kaki anjing ini bisa terjadi saat kakinya terjebak pada rumput, kain atau karpet. Biasanya terdapat perdarahan atau bleeding pada kukunya dan juga mungkin muncul bengkak dan rasa tidak nyaman. Luka akan menjadi sedikit membaik jika kuku kakinya dicabut atau dihilangkan.

 8. Kuku terlalu panjang

      Kuku yang tumbuh terlalu panjang dapat menyebabkan ketidaknyamanan ketika anjing berjalan hingga akhirnya mereka akan menjilat berlebihan pada kuku yang terlalu panjang tersebut karena rasa tidak nyaman. Pastikan anda rutin memotong kuku anjing anda, jika anda takut untuk memotongnya sendiri maka anda bisa membawanya ke dokter hewan.

 9. Paw terbakar atau melepuh

          Melepuh dapat terjadi pada paw atau telapak kaki anjing saat mereka berjalan di area panas seperti trotoar, atau produk pembersih lantai. Ciri telapak kaki anjing anda melepuh yaitu muncul warna merah atau pecah- pecah pada area yang melepuh atau mengelupas.

 10. Rasa sakit

         Rasa sakit bisa muncul dari peradangan pada sendi, keseleo ligamen, pertumbuhan tulang, atau patah tulang dapat menyebabkan anjing menjilati kakinya terus menerus. Rasa sakitnya bisa berasal dari area lain di luar jangkauannya. Pada area yang sakit biasanya tampak bengkak dan lebih sensitif. Beberapa suplemen sendi dapat membantu meringankan gangguan ini.

 

Itulah 10 alasan atau penyebab anjing anda suka menjilati kakinya terus menerus. Konsultasikan dengan dokter hewan anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Untuk menjaga kesehatan anabulku konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda juga bisa membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!