bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kenali apa itu Vitiligo yang bisa menyerang anjing dan kucing!

December 12, 2023by HEWANIA0

    Vitiligo merupakan suatu kondisi kulit langka yang menyebabkan kulit kehilangan pigmen alaminya, suatu proses yang disebut depigmentasi. Selain menyerang kulit, vitiligo juga bisa menyebabkan rambut memutih. Seperti manusia, anjing dan kucing juga bisa terkena vitiligo. Meskipun anjing atau kucing anda, mungkin mulai terlihat sedikit lucu dengan bercak putih pada kulit dan bulu, tidak perlu khawatir. Vitiligo tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak akan mengganggu hewan peliharaan anda sama sekali. 

    Berikut semua yang perlu anda ketahui tentang vitiligo agar anda dapat terus menyayangi hewan peliharaan anda, meskipun kulit dan bulunya memutih. 

Baca Juga: Waspada Penyakit Ulcer pada Mata Anjing! Ketahui penyebabnya di artikel berikut

 

Penyebab vitiligo pada anjing dan kucing

    Kulit mengandung sel- sel yang disebut dengan melanosit yang menghasilkan melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Vitiligo terjadi ketika melanosit hancur atau mati. 

Sebagian besar kasus vitiligo pada hewan peliharaan bersifat keturunan. Ras anjing tertentu memiliki resiko genetik yang lebih tinggi karena kondisi ini antara lain :

  1. Rottweiler
  2. Dachshund
  3. Siberian husky
  4. Golden retriever
  5. Labrador
  6. German shepherd
  7. Doberman pinscher

    Terkadang, vitiligo bisa disebabkan oleh penyakit autoimun. Penyakit autoimun menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh, bukan penyakit asing. Dengan vitiligo, penyakit autoimun menyerang dan menghancurkan melanosit. Penyebab potensial vitiligo lainnya adalah stres, paparan racun, dan penyakit neurologis. Stres tersebut mungkin disebabkan oleh kondisi medis mendasar yang menyebabkan ketidaknyamanan.

 

Jenis vitiligo

    Vitiligo dapat dikategorikan menjadi dua jenis utama :

  1. Vitiligo fokal hanya mempengaruhi satu area saja. Pada anjing, vitiligo yang menyerang bagian hidung disebut hidung salju. 
  2. Vitiligo menyeluruh menyebabkan banyak bercak putih dengan pola acak atau simetris di seluruh tubuh. Pada kucing, vitiligo umum dapat menjadi sangat luas sehingga menghasilkan tampilan bulu putih seperti sarang laba- laba atau kepingan salju. 

 

Gejala vitiligo

     Pada anjing dan kucing, vitiligo dimulai pada usia muda dan secara progresif menghasilkan melanosit. Saat melanosit mati, kulit di area yang terkena menjadi putih atau merah muda.  Ulu yang menutupi kulit yang terkena juga menjadi putih. Vitiligo biasanya menyerang wajah terlebih dahulu, khususnya hidung. Area wajah lain mungkin kehilangan pigmen adalah bibir dan area sekitar mata. 

     Vitiligo yang menyebar ke luar wajah dapat mempengaruhi telapak kaki dan bagian tubuh lainnya. Jika ada, penyebaran secara keseluruhan akan terjadi dalam waktu tiga sampai enam bulan setelah munculnya vitiligo pertama. Setelah area yang terkena berubah menjadi putih, area tersebut mungkin akan tetap seperti itu, mengalami pigmentasi ulang, atau bahkan bertambah dan berkurang. Jika anda memiliki kucing, perhatikan bahwa vitiligo lebih mudah terlihat dapat menyerang kucing dengan warna apapun. Peradangan, lesi kulit dan bulu jarang terjadi pada area tubuh yang terkena vitiligo. 

 

Perawatan vitiligo

   Hingga saat ini memang belum ada pengobatan yang. tersedia untuk vitiligo untuk mendapatkan pigmentasi ulang pada kulit dan bulu hewan peliharaan anda yang terkena. Meskipun demikian, vitiligo sama sekali tidak menimbulkan sakit atau rasa tidak nyaman pada anjing ataupun kucing anda, sehingga mereka akan baik- baik saja dan menjalani hidupnya dengan senang. Jika anda mendiskusikan hal ini dengan dokter hewan anda mungkin akan menyarankan untuk meningkatkan paparan sinar matahari langsung lebih lama dengan tujuan untuk merangsang produksi melanosit yang baru. Selain itu kurangi stres, baik di lingkungan rumah atau mengobati kondisi medis yang menjadi penyebab dapat memperbaiki vitiligo. Pastikan kebutuhan teman berbulu anda tercukupi dengan rutin memberikan asam omega 3 serta vitamin C yang dapat membantu mengelola vitiligo. 

       Terkadang perubahan penampilan anjing atau kucing anda dapat membuat anda juga merasa tidak percaya diri. Wajar juga bila anda perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan penampilan baru anjing atau kucing anda. Namun meskipun dengan vitiligo anda tentu tidak akan berkurang besar rasa sayang dan cinta anda pada teman berbulu kecil anda. Pastikan anda rutin melakukan pemeriksaan kesehatan untuk anjing atau kucing anda setiap 6 bulan sekali. Bila ada kondisi yang abnormal maka anda bisa mengetahuinya lebih awal sehingga terdapat pencegahan yang bisa dilakukan.

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!