bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

3 Cara Agar Kucing Tidak Bau. Simak Disini!

December 8, 2023by Galih Primananda0

Hewanians, mengetahui cara agar kucing tidak bau penting karena dapat menciptakan lingkungan yang lebih nyaman di rumah dan menjaga kebersihan. 

Selain itu, hal ini juga dapat memberikan pengalaman yang lebih positif bagi kamu dalam merawat kucing. Yuk ketahui cara agar kucing tidak bau pada artikel dibawah ini! 

Cara Agar Kucing Tidak Bau yang Bisa Kamu Coba

1. Membersihkan Kotak Pasir Secara Teratur

Bersihkan kotak pasir setiap hari, sebaiknya lebih dari sekali jika memungkinkan. Ini membantu mencegah bau yang tidak sedap dan memberikan kucing tempat yang bersih untuk buang air.

Ganti seluruh isi kotak pasir secara rutin, minimal seminggu sekali. Ini mencegah penumpukan bau yang sulit dihilangkan.

2. Pemeliharaan Gigi

Berikan perhatian pada kebersihan gigi kucing dengan memberikan mainan atau makanan khusus yang mendukung kesehatan gigi.

Pilih sikat gigi yang dirancang khusus untuk kucing. Sikat ini biasanya lebih kecil dan lembut, sesuai dengan ukuran mulut kucing.

Jangan menggunakan pasta gigi manusia karena bisa mengandung bahan yang berbahaya bagi kucing. Gunakan pasta gigi yang dirancang khusus untuk hewan peliharaan.

Bertahap, terbiasakan kucing dengan proses menyikat gigi. Lakukan dengan lembut dan memberikan hadiah atau pujian setelahnya untuk memberikan pengalaman positif.

Lakukan pembersihan gigi secara teratur, setidaknya beberapa kali seminggu. Ini membantu mengurangi penumpukan plak dan mencegah masalah gigi.

3. Mandikan Kucing

Kucing umumnya tidak memerlukan mandi secara teratur karena mereka biasanya menjilat diri sendiri untuk membersihkan bulu. Namun, ada situasi di mana mandi diperlukan, seperti ketika kucing kotor atau memiliki masalah kulit. Frekuensi mandi dapat bervariasi tergantung pada kondisi individu dan preferensi kucing.

Secara umum, mandikan kucing hanya diperlukan beberapa kali dalam setahun, kecuali ada kebutuhan khusus. Terlalu sering mandi dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kucing, menyebabkan masalah kulit. 

Pastikan untuk menggunakan sampo kucing yang dirancang khusus dan hindari penggunaan sampo manusia yang dapat mengiritasi kulit kucing.

Pengecualian Medis

Jika bau yang tidak sedap terus-menerus atau tiba-tiba berubah, kunjungi dokter hewan untuk memeriksa masalah kesehatan yang mungkin menjadi penyebabnya.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!