bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatan7 Alasan Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya

Januari 3, 2023by HEWANIA0

Hewanians, ada satu kejadian yang cukup membuat kamu bergidik saat sedang memelihara kucing. Ya, meski tidak terlalu umum, namun ada kecenderungan seekor induk kucing bisa memakan anaknya. Hal ini biasanya terjadi pada kucing liar.

Kenapa induk kucing memakan anaknya? Apa alasannya? Buat kamu yang penasaran, yuk baca artikel di bawah ini sampai habis!

Baca juga: Ketahui Perubahaan pada Puting Kucing Hamil Disini!

Alasan Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya

Ada beberapa alasan kenapa induk kucing memakan anaknya:

1. Anak Kucing Dirasa Tidak Sehat

Salah satu penyebab umum kenapa induk kucing memakan anaknya adalah karena anak kucing tidak sehat dan tidak mungkin untuk hidup. Pada kasus ini, secara insting, induk kucing akan memakan anaknya.

Kucing punya lebih dari 200 juta sensor odor pada hidungnya dan mereka dapat menggunakan indera penciuman yang tajam ini untuk mendeteksi hal-hal yang tidak dapat kita cium, dan banyak orang percaya bahwa penyakit adalah salah satu hal yang dapat mereka cium.

Anak kucing yang sakit dapat menyebarkan bahaya pada anak kucing lainnya. Karena jika mereka mati, mereak akan menyebarkan bakteri pada anak kucing yang lainnya.

2. Anak Kucing Lahir Mati

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anak kucing yang mati dapat menyebarkan bakteri pada anak kucing lainnya dengan capat. Karena alasan ini, induk kucing kemudian mau tidak mau harus memakan mereka.

3. Anak Kucing dalam Bahaya

Induk kucing akan terus merasa was-was saat mereka sedang memelihara anak-anak kucing. Inilah yang menjadi alasan kenapa mereka kerap berpindah-pindah sarang. Jika induk kucing berpikir mereka tidak bisa menjaga atau memindahkan anak kucing dari bahaya, maka dia mungkin bisa memakan satu atau lebih anak kucing.

Oleh karena itu, saat induk kucing bersarang dengan anak-anak kucingnya, cobalah untuk tidak mendekat selama satu atau dua minggu pertama. Di alam liar, kucing menghadapi banyak sekali bahaya dari predator. Hal ini membuat mereka merasa tidak aman. Untuk mengurangi stres, induk kucing memilih untuk memakan anak kucingnya sendiri.

4. Stres

Alasan kenapa induk kucing memakan anaknya juga karena mereka terlalu stres akibat melahirkan. Beberapa kucing bisa melahirkan selama tiga hari atau lebih. Meskipun kucing dapat makan dan minum selama waktu ini, prosesnya dapat sangat membuat mereka stres

Kelahiran yang lama sering kali membuat kucing kelaparan, dan mungkin memakan anak kucing untuk mendapatkan kembali sebagian nutrisi yang hilang. Kucing adalah karnivora yang ketat, dan mereka dapat memulihkan nutrisi penting dari memakan anak kucing yang akan membantunya terus melahirkan.

5. Tidak Punya atau Kurang Pengalaman

Selain itu, alasan kenapa induk kucing memakan anaknya adalah karena mereka tidak atau kurang punya pengalaman sebelumnya. Meskipun kasus ini jarang, induk kucing pemula mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan sehingga mereka lebih memilih untuk memakan anaknya sendiri.

6. Kekurangan Gizi dan Nutrisi

Salah satu alasan paling umum kenapa induk kucing memakan anaknya sendiri adalah karena mereka kekurangan gizi dan membutuhkan nutrisi yang didapatnya dari memakan anak-anaknya. Hal ini seringkali terjadi pada kucing di alam liar.

Selain itu, mereka juga biasanya akan memakan plasenta. Jika kucing sangat kurus, ia mungkin memakan seluruh kotorannya. Jika masih ada anak kucing yang tersisa, mereka akan menerima peningkatan nutrisi melalui ASI, sehingga mengorbankan satu dapat meningkatkan kesehatan anak kucing yang lain.

7. Tidak Sadar Akan Keberadaan Anak Kucing Lainnya

Alasan lain kenapa induk kucing memakan induknya adalah karena mereka menggunakan indra penciumannya yang kuat untuk mengidentifikasi keturunannya.

Perubahan aroma sekecil apa pun dapat menyebabkan kucing kamu salah mengira anak kucing sebagai pemangsa, dan ia tidak akan ragu untuk memakannya. Hanya satu sentuhan seringkali diperlukan untuk mengubah bau anak kucing dan membingungkan induknya.

Baca juga: Berapa Lama Kucing Hamil? Ini Jawabannya!

Kesimpulan

Itulah beberapa alasan induk kucing memakan anaknya sendiri. Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan konsultasi dokter hewan online dengan berbagai macam pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya pada aplikasi ini.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!