bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kenapa Kucing Menyundulkan Kepalanya? Ini Alasannya!

Kenapa kucing menyundulkan kepalanya? Perilaku ini seringkali menjadi momen yang menggemaskan bagi para pecinta kucing. Ketika kita memberi kasih sayang pada kucing kesayangan kita, mereka seringkali akan merespons dengan menggesek-gesekkan kepala mereka ke tubuh atau tangan kita. 

Fenomena ini dikenal sebagai “headbutt” atau “head bunting” dalam bahasa Inggris. Namun, mengapa kucing melakukan hal ini masih menjadi misteri bagi banyak orang.

Dalam artikel ini, Hewania akan menjelaskan alasan kenapa kucing menyundulkan kepalanya pada kita. Yuk simak informasinya di bawah ini!

Alasana Kenapa Kucing Menyundulkan Kepalanya

1. Kucingmu Sedang Menandakan Aromanya

Dilansir dari Daily Paws, alasan utama kenapa kucing menyundulkan kepalanya adalah untuk menandai sesuatu dengan aromanya. 

Dahi kucing punya tekstur uang lembut, halus, dan penuh dengan kelenjar aroma. Aroma, atau bau, sangat penting bagi kucing (baik kucing jinak maupun liar) karena hal ini dapat membantu mereka terlibat, dan berkomunikasi dengan lingkungan mereka.

Setiap kali kucing melakukan kontak dengan permukaan dengan cara menggosokan kelenjar aroma mereka, mereka meninggalkan feromon. Feromon adalah bahan kimia yang bertindak sebagai komunikator kecil antara hewan dari spesies yang sama.

Ketika kucing menyundulkan kepalanya ke kita, maka mereka sedang mencoba meninggalkan aroma mereka sebagai tanda kasih sayang. 

2. Ingin Lingkungannya Punya Bau yang Sama dengan yang Mereka Miliki

Ketika kucing meninggalkan aromanya dengan head butting, maka mereka ingin semua lingkungannya punya bau yang sama dengan mereka. Dengan menjaga aroma mereka di sekitar rumah dan pada diri kamu, ini membantu kucing merasa nyaman dan rileks dalam lingkungan mereka.

Bukan hanya kucing rumahan saja yang melakukan perilaku ini. Spesies kucing besar, seperti singa, juga melakukan perilaku head bunting ketika mereka melihat wajah atau lingkungan yang mereka kenal. Ini membuat mereka merasa lebih santai, memberi tahu mereka bahwa anggota grup masih hadir dan dekat dengan mereka.

Tak cuma manusia, jika kamu punya hewan peliharaan lain di rumah dan sangat disukai oleh kucing kamu, maka mereka juga akan melakukan head bunting ini.

3. Sedang Mencari Perhatian

Ketika kamu baru saja pulang ke rumah, tiba-tiba kamu disambut oleh sundulan kucing dengan penuh semangat. Ternyata hal ini bukan tanpa sebab lho! Saat melakukan hal ini, kucing merindukan kehadiran kamu dan mencari perhatin.

Kesimpulan

Itulah alasan dibalik kenapa kucing menyundulkan kepalanya. Masih penasaran dengan topik perilaku kucing? Yuk tanyakan langsung pada dokter hewan di Hewania.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!