bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kenapa Lidah Anjing Hitam? Ini Penjelasannya!

September 15, 2023by Galih Primananda0

Kenapa lidah anjing bisa menjadi hitam adalah pertanyaan yang mungkin pernah muncul di benak banyak orang. Penyebab warna hitam pada lidah anjing sebenarnya terkait dengan faktor genetik, usia, dan kadang-kadang faktor lingkungan. 

Dalam pembahasan ini, Hewania akan menjelajahi beberapa alasan di balik fenomena ini dan apakah perlu ada kekhawatiran terkait kesehatan anjing kamu.

Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Kenapa Lidah Anjing Hitam?

Kenapa lidah anjing hitam? Bintik-bintik hitam yang muncul di lidah anjing adalah hasil dari proses pigmentasi dan sebagian besar dipengaruhi oleh faktor genetik. 

Bintik hitam ini tidak selalu hadir sejak anjing tersebut lahir, tetapi cenderung berkembang selama beberapa bulan pertama dalam kehidupannya. 

Proses pembentukan pigmen melibatkan zat bernama melanin, yang juga mempengaruhi warna rambut dan kulit. Sel-sel melanosit, yang bertanggung jawab atas produksi melanin, berkembang selama masa kehamilan dan tersebar di seluruh tubuh embrio, termasuk lidah. 

Akibatnya, lidah dapat menunjukkan bintik-bintik berwarna hitam, coklat, abu-abu, atau bahkan biru. 

Lalu kenapa beberapa anjing memiliki lidah dengan warna atau bintik-bintik seperti ini sedangkan yang lain tidak? Hal ini masih menjadi pertanyaan. 

Dr. Casey Carl, seorang anggota tim ahli genetika hewan di Embark Vet, menjelaskan bahwa faktor genetik memainkan peran penting dalam menentukan apakah lidah anjing akan memiliki pigmen yang khas ini. 

Apakah Lidah Anjing Hitam Berbahaya?

Bintik hitam pada lidah anjing umumnya bukan merupakan tanda bahaya yang serius. Banyak anjing memiliki bintik hitam atau bercak-bercak berwarna gelap pada lidah mereka, dan ini adalah hal yang wajar dan genetis. Bintik-bintik tersebut adalah pigmentasi alami pada lidah dan tidak menyebabkan masalah kesehatan pada anjing.

Namun, seperti yang selalu disarankan, sangat penting untuk memperhatikan perubahan dalam kesehatan anjing kamu. 

Jika kamu melihat perubahan tiba-tiba dalam warna, ukuran, atau bentuk bintik hitam pada lidah anjing kamu, atau jika anjing kamu menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan seperti kesulitan makan atau minum, atau jika ada tanda-tanda lain yang mencurigakan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan seorang dokter hewan. Ini mungkin bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang perlu ditangani.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!