bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Alasan Kenapa Nafas Kucing Bunyi. Simak Disini!

Apakah kamu pernah memperhatikan kenapa nafas kucing bunyi atau suara? Ketika nafas kucing menghasilkan suara yang tidak biasa, itu bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. 

Bunyi pada nafas kucing dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penyakit pernapasan, infeksi saluran pernapasan, atau sumbatan pada saluran udara. Mengidentifikasi dan memahami penyebab bunyi pada nafas kucing dapat membantu pemilik kucing untuk mengambil tindakan yang tepat guna menjaga kesehatan dan kenyamanan hewan peliharaan mereka. 

Yuk ketahui alasan kenapa nafas kucing bunyi di bawah ini!

Alasan Kenapa Nafas Kucing Bunyi

Dilansir dari Schwarzman Animal Medical Center, Pernapasan yang berisik sering terjadi pada kucing. Ini dapat terjadi akibat berbagai kondisi, termasuk: infeksi saluran pernapasan atas, infeksi sinus (dari penyakit gigi atau benda asing hidung), tumor di hidung, stenosis nasofaring (penyempitan bagian belakang tenggorokan)  

Ada beberapa alasan kenapa nafas kucing bunyi:

  • Infeksi saluran pernapasan: Infeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan kucing, seperti flu atau bronkitis, dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada saluran udara. Hal ini dapat menghasilkan suara serak, batuk, atau bunyi napas yang berat saat kucing bernafas.
  • Sumbatan saluran udara: Kadang-kadang, saluran udara kucing dapat terhalang oleh benda asing, seperti rambut, debu, atau serpihan makanan. Sumbatan ini dapat menyebabkan nafas tersendat dan menghasilkan suara saat udara melewati rintangan.
  • Penyempitan saluran udara: Beberapa kondisi, seperti asma atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) pada kucing, dapat menyebabkan penyempitan saluran udara. Penyempitan ini mengganggu aliran udara yang normal dan dapat menghasilkan suara napas yang berat atau serak.
  • Adanya cairan di paru-paru: Jika cairan menumpuk di paru-paru kucing, seperti dalam kasus pneumonia atau gagal jantung, hal ini dapat mengganggu aliran udara dan menyebabkan suara napas yang berat atau berbunyi.
  • Kondisi anatomi tertentu: Beberapa jenis kucing, seperti Scottish Fold, dapat memiliki kelainan struktural pada saluran pernapasan mereka. Ini termasuk lipatan telinga yang khas yang juga dapat mempengaruhi saluran udara dan menyebabkan suara napas yang berbeda.

Nafas Kucing Bunyi, Apakah Bahaya?

Nafas kucing yang mengeluarkan bunyi tidak selalu menunjukkan bahaya, tetapi dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan.

Bunyi pada nafas kucing dapat menandakan adanya gangguan pada saluran pernapasan atau masalah kesehatan lainnya. Tingkat bahaya tergantung pada penyebab bunyi dan keparahan kondisi yang mendasarinya.

Beberapa kondisi yang menyebabkan bunyi pada nafas kucing, seperti infeksi saluran pernapasan ringan, mungkin tidak terlalu berbahaya dan dapat diatasi dengan perawatan yang tepat.

Namun, dalam beberapa kasus, bunyi pada nafas kucing dapat menandakan kondisi serius yang memerlukan perhatian medis segera. Misalnya, sumbatan saluran udara yang signifikan atau kondisi seperti pneumonia atau gagal jantung dapat mengancam kehidupan kucing dan memerlukan perawatan darurat.

Jika kamu melihat perubahan dalam suara nafas kucing atau adanya bunyi yang tidak biasa, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan.

Dokter hewan akan dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh, mendiagnosis penyebab bunyi, dan memberikan perawatan yang sesuai. Penting untuk tidak mengabaikan bunyi pada nafas kucing, terutama jika disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, penurunan nafsu makan, atau kelesuan.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!