bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Alasan Kucing Mendengkur Saat Tidur. Apakah Bahaya?

Hewanians, apakah kamu mendengar kucing kamu mendengkur saat tidur? Ketika kucing mendengkur saat tidur, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Dari mulai relaksasi hingga aliran udara yang terbatas.

Yuk ketahui alasan dibalik kucing mendengkur saat tidur!

Baca Juga: Alasan Kenapa Nafas Kucing Bunyi. Simak Disini!

Alasan Kenapa Kucing Mendengkur Saat Tidur

Dilansir dari Diamond Pet, meskipun lebih jarang terjadi pada kucing daripada anjing dan manusia, mendengkur biasanya disebabkan oleh beberapa jenis penyumbatan parsial di “saluran udara bagian atas” – hidung, belakang mulut (faring), dan tenggorokan. 

Selama tidur nyenyak, jaringan saluran udara bagian atas benar-benar rileks dan dapat bergetar dengan jelas selama bernafas.

Ada beberapa alasan mengapa kucing mendengkur saat tidur:

  • Relaksasi: Ketika kucing berada dalam keadaan yang sangat rileks dan nyaman, mereka cenderung mendengkur. Mendengkur adalah respons fisiologis yang terjadi ketika udara mengalir melalui saluran pernapasan yang sedikit terbatas saat otot-otot relaks. Ini bisa menjadi tanda bahwa kucing kamu merasa aman dan santai.
  • Aliran udara terbatas: Beberapa kucing memiliki struktur anatomi tertentu, seperti hidung yang sempit atau bibir atas yang lebih panjang, yang dapat menyebabkan sedikit pembatasan aliran udara melalui saluran pernapasan. Hal ini dapat menyebabkan suara mendengkur saat kucing tidur, terutama jika mereka tidur dengan posisi tertentu yang menyebabkan sedikit penyempitan saluran udara.
  • Kehangatan dan kenyamanan: Mendengkur juga bisa terkait dengan kenyamanan fisik. Kucing sering mendengkur saat mereka tidur di tempat yang nyaman, hangat, dan aman, seperti di pangkuan pemiliknya atau di tempat tidur yang empuk.
  • Insting perlindungan: Pada tingkat primal, mendengkur juga dapat berfungsi sebagai bentuk komunikasi dengan pemiliknya. Kucing yang mendengkur saat tidur mungkin ingin menunjukkan bahwa mereka merasa aman dan terlindungi, memberi sinyal kepada pemiliknya bahwa mereka adalah bagian dari keluarga dan merasa bahagia.

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua kucing mendengkur saat tidur, dan setiap kucing dapat memiliki kebiasaan tidur yang berbeda. Jika mendengkur tidak diiringi dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti kesulitan bernapas, batuk, atau kelesuan yang berlebihan, maka mendengkur pada kucing saat tidur adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Ketika Kucing Mendengkur Saat Tidur, Apakah Hal Ini Berbahaya?

Terkait dengan pertanyaan kamu, mendengkur pada kucing saat tidur umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan mereka. Sebagian besar kucing yang mendengkur saat tidur tidak mengalami masalah kesehatan yang serius terkait dengan perilaku ini. Mendengkur pada kucing umumnya dianggap sebagai respons fisiologis yang normal.

Namun, ada beberapa kasus di mana mendengkur dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Jika mendengkur pada kucing disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti kesulitan bernapas, napas yang cepat atau terengah-engah, keluar lendir dari hidung, batuk yang berkepanjangan, atau perubahan perilaku yang signifikan, maka mungkin ada masalah yang mendasarinya.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada kucing, seperti infeksi saluran pernapasan, alergi, penyakit paru-paru, atau sumbatan saluran udara, dapat menghasilkan suara mendengkur yang abnormal. Dalam kasus-kasus seperti ini, penting untuk menghubungi dokter hewan untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat.

Secara umum, jika kucing kamu hanya mendengkur saat tidur tanpa adanya gejala kesehatan yang mencolok, maka tidak perlu khawatir. Namun, jika kamu memiliki kekhawatiran atau ragu tentang kondisi kesehatan kucing kamu, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan evaluasi profesional dan nasihat yang sesuai.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!