bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Seperti Apa Kotoran Telinga Kucing yang Normal? Ini Ciri-cirinya!

Hewanians, mengetahui ciri-ciri kotoran telinga kucing yang normal adalah hal penting dalam menjaga kesehatan kucing kamu.

Menjaga kesehatan telinga kucing merupakan hal yang sangat penting. Jika kucing terkena masalah telinga, hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan mengganggu kesehatan mereka.

Untuk menjaga kesehatan telinga kucing kamu, terdapat berbagai macam cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan cara mengetahui seperti apa kotoran telinga kucing yang normal. 

Jadi, apa seperti apa kotoran telinga kucing yang normal? Apa bedanya dengan kotoran kucing yang tidak sehat? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Seperti Apa Kotoran Telinga Kucing yang Normal?

Dilansir dari Wagwalking, kotoran telinga kucing yang normal akan sangat sedikit dan kotorannya akan berwarna kecoklatan. Kotoran yang sehat tidak akan berbau dan disertai dengan saluran telinga bagian dalam yang berwarna merah muda dan bersih.

Penting untuk memperhatikan perubahan yang mencolok dalam kotoran telinga kucing, seperti perubahan warna, bau yang tidak sedap, atau adanya keluarnya nanah atau darah. 

Tanda-tanda Kotoran Kucing yang Tidak Normal

Jika kamu menemukan kotoran berwarna gelap, lilin yang berlebihan, atau telinga kucing kamu berbau tidak sedap, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter hewan yang mungkin merujuk kamu ke dokter kulit dokter hewan tergantung pada kondisinya.

Baca Juga: Infeksi Telinga pada Kucing? Kenali Gejalanya!

Tips Membersihkan Telinga Kucing dengan Benar

Membersihkan telinga kucing secara rutin adalah bagian penting dari perawatan kesehatan mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan telinga kucing dengan benar:

  • Persiapan: Siapkan semua yang kamu butuhkan sebelum memulai, termasuk solusi pembersih telinga khusus untuk kucing, bola kapas atau kain bersih, dan mungkin juga camilan atau hadiah untuk memberi penghargaan kepada kucing setelah pembersihan.
  • Perhatikan tanda-tanda tidak nyaman: Sebelum membersihkan telinga kucing, perhatikan apakah kucing menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan atau rasa sakit pada telinga. Jika kamu melihat gejala tersebut, segeralah konsultasikan dengan dokter hewan sebelum mencoba membersihkan telinga sendiri.
  • Proses pembersihan: Posisikan kucing kamu dengan lembut, berikan kenyamanan dan keamanan saat kamu membersihkan telinganya. Teteskan beberapa tetes solusi pembersih telinga kucing ke dalam saluran telinga, ikuti petunjuk pada kemasan produk yang kamu gunakan. Kemudian, dengan lembut pijat bagian dasar telinga kucing selama beberapa detik untuk membantu melunakkan kotoran yang mungkin ada di dalamnya.
  • Bersihkan kotoran: Gunakan bola kapas atau kain bersih yang dibasahi dengan solusi pembersih telinga untuk membersihkan kotoran yang muncul di permukaan telinga kucing. Hindari menggunakan benda tajam atau peralatan yang keras, karena dapat melukai telinga kucing.
  • Jangan masukkan benda ke dalam saluran telinga: Penting untuk diingat bahwa kamu tidak boleh memasukkan bola kapas atau benda lainnya ke dalam saluran telinga kucing. Ini dapat menyebabkan cedera atau mendorong kotoran lebih dalam.
  • Memberikan penghargaan: Setelah membersihkan telinga kucing, berikan pujian, kasih sayang, atau camilan untuk memberikan penghargaan kepada kucing atas kerjasamanya. Hal ini akan membantu menciptakan asosiasi positif dengan proses pembersihan telinga.

Baca Juga: Mudah, Ini 9 Cara Membersihkan Telinga Kucing di Rumah!

Manfaat Membersihkan Telinga Kucing Secara Rutin

Membersihkan telinga kucing membantu mereka tetap rapi dan mengurangi risiko infeksi. Infeksi telinga dapat menjadi gejala sekunder dari masalah kesehatan lainnya, jadi jangan ragu untuk menghubungi dokter hewan.

Baca Juga: 6 Penyebab Gatal-gatal Pada Telinga Kucing. Hati-hati!

Periksakan Kesehatan Telinga Kucing Kamu ke Tangan yang Tepat

Itulah ciri-ciri kotoran telinga kucing yang normal. Berkonsultasi dengan dokter hewan tentang kesehatan telinga kucing adalah langkah penting yang harus diambil oleh setiap pemilik kucing.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!