bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanApakah Kucing Hamil Boleh Dimandikan? Ini Penjelasannya!

Desember 22, 2022by HEWANIA0

Hewanians, apakah kucing kamu saat ini sedang hamil? Jika kamu seorang pemula, mungkin ada banyak pertanyaan yang kini menghantui pikiran kamu. Termasuk pertanyaan seperti, apakah kucing hamil boleh dimandikan?

Kucing terkenal dengan kebiasaan merawat diri mereka sendiri. Biasanya, mereka mampu menjaga diri mereka tetap segar dan bersih dengan lidah, rahang, dan kaki mereka tanpa bantuan dari pemiliknya.

Namun, kucing yang sedang hamil mungkin membutuhkan bantuan untuk tetap bersih pada beberapa waktu. Jika kucing kamu kotor ataupun bau saat sedang hamil, mungkin saatnya kamu membantu mereka membersihkan diri.

Jadi, apakah kucing hamil boleh dimandikan? Yuk simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Baca juga: Simak, Ini 7 Tips Memberikan Makanan untuk Kucing Hamil!

Apakah Kucing Hamil Boleh Dimandikan?

Dilansir dari askmycat, menurut para ahli, sebagian besar kucing yang sedang hamil tidak membutuhkan pembersihan yang rutin.

Hal ini karena kucing secara alami merupakan makhluk yang teliti yang bisa menjaga kebersihan mereka sendiri. Lidah kasar dari kucing tertutup dengan kepala tajam kecil yang disebut papilla, dapat mengangkut saliva di seluruh bulunya.

Setiap kali menjilat, minyak alami sehat tersebar di seluruh bulu dan kulitnya, seolah-olah seperti pijatan kecil. Kepala tajam kecil tersebut juga berfungsi sebagai pemecah kepala rambut alami.

Meskipun kucing hamil menghabiskan sekitar 30% waktunya untuk merawat diri setiap hari, para ahli percaya bahwa memangkas dan menyisir rambut kucingmu dapat membantu mengungkap masalah kesehatan dengan lebih cepat ketimbang memandikannya.

Seringkali, kondisi kulit ternyata bisa menjadi tanda dari penyakit metabolik atau gastrointestinal loh! Jadi jika kamu meligat bulu kucingmu berubah, segera bicarakan hal ini dengan dokter hewan.

Kunjungan rutin ke salon kucing juga dapat membantu mengurangi rambut yang lepas dan menghindari hairball. Untuk membersihkan kotoran atau rambut lepas dari tubuh kucing, gunakan sikat karet atau sikat setelah itu.

Berhati-hatilah saat ingin melakukan grooming terhadap kucing kamu yang sedang hamil. Kamu mungkin perlu dua orang agar salah satu bisa memegangnya, sementara yang lain memandikan kucing.

Selain itu, kamu juga tidak perlu memandikan seluruh tubuhnya. Untuk mengurangi stres pada kucing kamu, mandikan di wastafel saja dan bersihkan area yang kotor dengan lembut. 

Pastikan untuk menyisir bulu kucingmu sebelum memandikannya, terutama jika mereka memiliki bulu panjang atau tebal! 

Baca juga: 7 Tanda Kucing Hamil dan Cara Merawatnya

Tips Memandikan Kucing

Berikut adalah beberapa tips untuk memandikan kucing dengan aman dan nyaman:

  • Persiapkan semua yang dibutuhkan sebelum memulai, seperti shampoo kucing, handuk, sisir, dan alat semprot.
  • Pastikan suhu air tidak terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Mulailah dengan memandikan area yang kotor atau berbau terlebih dahulu, seperti bagian bawah ekor atau kaki belakang.
  • Gunakan sisir untuk menyisir bulu kucingmu sebelum memandikannya untuk mengeluarkan rambut yang lepas dan memperlancar aliran air.
  • Gunakan shampoo kucing yang sesuai dengan jenis bulu dan kondisi kulit kucingmu. Baca label produk dengan seksama dan ikuti petunjuk penggunaannya.
  • Hindari menyiram kepala kucingmu dengan air, sebaiknya bersihkan dengan handuk atau lap basah. Kucing biasanya tidak suka jika kepala mereka disiram dengan air.
  • Bilas kucingmu dengan baik untuk menghilangkan semua sisa shampoo dan memastikan bahwa tidak ada sabun yang tertinggal di bulunya.
  • Keringkan kucingmu dengan handuk atau gunakan hairdryer dengan suhu yang nyaman. Jangan menggunakan hairdryer dengan suhu terlalu panas atau angin yang terlalu kencang.
  • Setelah selesai memandikan kucingmu, beri reward atau hadiah kecil sebagai tanda terima kasih!

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kucing Hamil. Yuk Simak!

Kesimpulan

Itulah penjelasan dari pertanyaan apakah kucing hamil boleh dimandikan. Masih punya pertanyaan tentang masalah ini? Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di aplikasi Hewania untuk mengatasi hal ini. 

Aplikasi Hewania menyediakan konsultasi dokter hewan online dengan berbagai macam pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya pada aplikasi ini.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!