bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

AnjingKesehatanKenapa Anjing Tidak Mau Makan? Cari Tahu Jawaban dan Solusinya di Sini!

Desember 23, 2022by HEWANIA0

Sama seperti manusia, hewan juga bisa mengalami penurunan nafsu makan. Termasuk pada anjing yang jadi salah satu hewan peliharaan kesayangan banyak orang. Saat hal ini terjadi anjing biasanya menolak untuk makan. Kira-kira kenapa anjing tidak mau makan dan solusi apa yang bisa diambil untuk mengatasinya? Mari cari tahu di sini!

Baca juga: Perhatikan, Ini Penyebab Anjing Berak Darah dan Cara Mengatasinya!

Penyebab Anjing Tidak Mau Makan

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan penurunan nafsu makan pada anjing. Saat anjing tidak mau makan, sebaiknya kamu langsung mencari tahu apa penyebabnya. Ini dilakukan supaya kamu bisa tahu solusi apa yang bisa diambil agar masalah tersebut tidak berlarut-larut. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan anjing enggan makan.

1. Sakit

Penyebab paling umum anjing tidak mau makan adalah karena sakit. Sama halnya seperti manusia, saat jatuh sakit maka nafsu makan akan menurun. Namun perlu diketahui bahwa kondisi ini tidak selalu menandakan penyakit yang serius, bisa saja penyakit ringan. Jadi sebaiknya langsung saja dikonsultasikan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

2. Gangguan Rongga Mulut

Anjing butuh rongga mulut yang sehat supaya bisa makan. Kalau di rongga mulutnya ada masalah kesehatan maka secara otomatis nafsu makan bisa menurun. Jadi lebih baik periksa kondisi giginya apakah ada yang patah atau tidak. Selain itu, periksa juga kondisi gusi apakah ada peradangan atau tidak. 

3. Pasca Vaksinasi

Anjing yang baru saja menjalani vaksinasi juga biasanya tidak punya nafsu makan. Namun biasanya kondisi ini hanya berlangsung sementara. Jika efek vaksinasi sudah mereda maka anjing pasti akan mendapatkan nafsu makannya kembali dan bersemangat untuk menghabiskan makanannya. 

4. Stres

Penyebab lain yang bisa memicu anjing tidak mau makan adalah stres. Sama halnya seperti manusia, saat mengalami stres atau depresi biasanya malas makan. Umumnya kondisi ini terjadi ketika anjing pindah ke tempat baru atau saat diajak traveling

5. Masalah Perilaku

Ada beberapa anjing yang memang punya masalah perilaku dan cenderung pilih-pilih makanan. Kalau sudah begini maka tidak heran jika si anjing jadi malas makan. Biasanya kondisi seperti ini sudah langsung dikenali oleh si pemilik. Namun jika masih tergolong baru memelihara anjing mungkin akan bingung kenapa tidak mau makan padahal itu memang karakter si anjing. 

Baca juga: Permasalahan pada Anjing dan Solusinya

Solusi untuk Mengatasinya

Setelah paham kenapa anjing tidak mau makan, mari cari tahu apa saja solusinya. Sama halnya seperti manusia, saat anjing tidak mau makan maka tubuhnya akan menjadi lemas. Tidak ada nutrisi yang masuk ke tubuh sehingga besar kemungkinan anjing jadi sakit. Supaya hal ini tidak terjadi, coba terapkan beberapa langkah berikut agar si anjing mau makan lagi:

1. Kurangi Camilan

Cobalah untuk mengurangi camilan si anjing. Jika terlalu banyak makan camilan maka anjing tidak akan mau makan lagi karena sudah kenyang. Jadi lebih baik dikurangi saja intensitas camilannya. Walaupun memang camilan tetap penting untuk diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan meningkatkan mood anjing. 

2. Gunakan Jadwal Makan

Sangat disarankan untuk memakai jadwal makan pada anjing kesayangan. Jadwal makan ini digunakan supaya anjing punya waktu makan yang teratur dan konsisten. Ini juga membantu si anjing paham akan rutinitasnya jadi tidak akan bingung lagi dan bersedia menghabiskan makanannya. 

3. Ajak Anjing Bermain sebelum Makan

Cobalah untuk mengajak anjing bermain sebelum waktu makan tiba. Ini bisa jadi solusi tepat untuk meningkatkan nafsu makannya. Langkah ini juga bisa membantu anjing merasa lebih lelah dan lapar. Kamu juga bisa ajak anjing jalan-jalan supaya tidak stres. Setelah melewati waktu yang menyenangkan, anjing pasti punya mood untuk makan. 

4. Ganti Jenis Makanan Anjing

Segera ganti jenis makanan anjing jika ternyata dia sama sekali tidak mau makan. Sangat disarankan untuk tidak membeli makanan anjing dalam jumlah yang banyak sekaligus. Sedikit saja dulu untuk percobaan dan jika anjing suka maka bisa diulangi lagi. 

Kini sudah tahu kan kenapa anjing tidak mau makan dan solusi apa yang bisa dilakukan. Jika berbagai macam cara sudah dicoba tapi anjing tetap enggan makan, jangan ragu untuk membawanya ke dokter. Konsultasikan kondisi kesehatan anjing dan mintalah dokter untuk melakukan pemeriksaan. Dari sini kamu bisa tahu apa yang sebenarnya terjadi dan apa langkah pengobatan yang tepat.

Writer: drh. Carene Naomi

Editor: Galih Primananda Mulyana 

Sumber:

https://www.petmd.com/dog/symptoms/why-my-dog-not-eating

https://pets.webmd.com/dogs/guide/dog-not-eating-possible-causes-and-appetite-solutions 

https://www.vets-now.com/pet-care-advice/my-dog-wont-eat/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!