bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Mengenali Kucing Kerdil! Apa saja sih ciri-cirinya

June 16, 2023by HEWANIA0

     Anda mungkin sangat suka dengan anakan kucing, bentuknya kecil dengan kaki pendek yang menggemaskan. Nah bagaimana jika ada kucing dewasa yang memiliki ciri – ciri seperti anak kucing itu tadi? Tentu pasti anda akan bahagia. Namun apakah anda mengetahui mengenai kucing kerdil? Beberapa kucing mungkin berukuran tubuh lebih kecil dibanding kucing lain pada umurnya. Namun terkadang kekerdilan pada kucing terjadi akibat gangguan kesehatan.

       Kerdil atau cebol pada kucing adalah kondisi kelainan genetik dan ternyata selama ini dibiakkan secara selektif. Salah satunya kucing ras munchkin. Berikut adalah penjelasan mengenai kucing kerdil atau dwarfisme.

Baca Juga: Waspada 8 Gejala Cystitis pada Kucing! dan cara pengobatannya

Apa itu kucing kerdil?

      Dwarfisme atau kerdil pada kucing adalah kelainan genetik langka yang menyebabkan perkembangan tubuh kucing dewasa tidak proporsional dan berukuran kecil. Terdapat 2 jenis kerdil pada kucing yaitu osteochondrodysplasia, dwarfisme hiposis, dan dwarfisme selektif.

    Osteochondrodysplasia adalah kelainan perkembangan tulang dan tulang rawan yang mengakibatkan kurangnya pertumbuhan tulang normal.  Achondroplasia adalah salah satu bentuk osteochondrodysplasia. Ciri- ciri kucing yang mengalami gangguan ini memiliki tubuh berukuran normal (penuh) namun keempat kakinya pendek dan besar serta kepala yang besar. 

     Dwarfisme hipofisis adalah kerdil yang disebabkan kurangnya hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis.  Cirinya kucing akan mengalami terlambat berkembang dan pertumbuhannya terhambat.

     Sedangkan dwarfisme selektif adalah pembiakan secara sengaja pada kucing dengan sifat-sifat tertentu berkaitan dengan ukuran berat serta proporsi anggota tubuh. Kucing jenis ini akan lebih rentan terhadap masalah kesehatan.

 

Tanda kucing kerdil

Untuk mengetahui apakah kucing anda tergolong kerdil ataukah memang mereka masih berusia muda yaitu dengan membandingkan dengan ciri – ciri kucing kerdil yaitu: 

  1. Ukuran kepala lebih besar dibanding normal
  2. Rahang bawah dan hidung pendek
  3. Bentuk tulang tidak normal
  4. Kurang pertumbuhan
  5. Tulang tampak lebih pendek
  6. Ukuran sendi membesar
  7. Kaki depan terlihat bengkok
  8. Tulang belakang membengkok ke salah satu sisi

 

Apakah munchkin termasuk jenis kucing kerdil?

         Kucing munchkin sering disebut sebagai jenis kucing ras kerdil asli dengan ciri-ciri kakinya yang pendek. Kucing munchkin tidak memiliki semua ciri yang ada pada kucing kerdil, sehingga kucing munchkin disebut sebagai pseudo achondroplasia. Yaitu kondisi yang menyebabkan pertumbuhan tulang kucing munchkin terhambat, serta menghasilkan tulang belakang yang pendek serta lebih rentan pada gangguan kesehatan seperti skoliosis pada kucing munchkin.

 

Bagaimana cara mendiagnosa kucing kerdil?

       Untuk mendiagnosa kerdil pada kucing, anda perlu memberikan riwayat medis kelainan pertumbuhan yang jelas kepada dokter hewan anda. Dokter hewan anda mungkin akan melakukan pemeriksaan radiografi untuk dapat melihat struktur dan kelainan tulang kucing anda. Setelah dokter mendapatkan hasil x- ray kucing anda maka dokter baru akan mengetahui ketidaknormalan pada tulang belakangnya. Pada kasus ini pembedahan mungkin tidak membantu dengan cukup baik, sehingga penanganannya akan diberikan obat- obatan pereda nyeri pada kucing anda oleh dokter hewan.

    Karena kondisi pertumbuhan dan struktur tulangnya yang tidak normal, kucing dengan dwarfisme biasanya mengalami beberapa gangguan seperti masalah sendi, nyeri tulang, selain itu salah satu gangguan yang perlu anda waspadai adalah obesitas. Namun beberapa kucing dwarfisme atau kucing kerdil terus menjalani kehidupan dengan nyaman dan sehat. Dan jangan lupa pastikan anda rutin mengajak teman berbulu anda untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter hewan terdekat anda setiap 6 bulan atau bahkan 1 tahun untuk mengetahui kondisi tubuhnya agar tetap prima.

Anda juga dapat konsultasi dengan dokter hewan terpercaya terkait kondisi kesehatan anabul anda! Hewania Vet Clinic menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!