bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Mengetahui 6 Arti Setiap Macam Geraman Anjing! Apakah berarti Agresif?

May 29, 2023by HEWANIA0

     Anjing berkomunikasi dengan manusia dengan cara yang berbeda. Menggeram adalah salah satu cara mereka untuk berkomunikasi. Terkadang kita mengasumsikan menggeram adalah sebuah ketidaksenangan atau agresivitas dari anjing. Namun ternyata banyak jenis geraman anjing yang perlu kita ketahui. Berikut adalah macam geraman anjing yang perlu anda ketahui.

 

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Anjing Cacingan dan Cara Mengatasinya!

Kenapa Anjing Menggeram?

 Geraman adalah metode anjing untuk berkomunikasi seperti cara mereka untuk menyampaikan sesuatu. Jadi anda perlu membaca situasinya saat mereka menggeram. Suara geraman tersebut mungkin tampak mirip tapi jika anda cermati situasinya anda akan menemukan jawabannya. Seperti mereka mengatakan “aku sedang terancam” atau “aku senang sekali”.

 

  • Anjing Menggeram Saat Bermain

     Mungkin anda menemukan mereka menggeram saat bermain-main. Apakah arti geraman tersebut? Geraman yang ditunjukkan anjing saat sedang bermain adalah tanda bahagia mereka. Mereka ingin mengkomunikasikan kepada anda bahwa mereka senang bermain, walaupun perbedaan suara menggeram mereka tidak begitu tampak ditelinga kita. Meskipun setiap anjing memiliki suara vokal yang berbeda, pada umumnya geraman saat bermain akan muncul dengan suara lebih tinggi dibanding jenis geraman yang lain. Dan disertai dengan bahasa tubuh seperti melompat-lompat, atau membungkuk ke arah kaki depannya dan mengangkat pantatnya ke udara.

 

  • Geraman Agresif

   Pada geraman agresif ditunjukkan sebagai ekspresi kekuatan. Anjing akan mencoba menetapkan posisinya sebagai ‘alfa’ diatas hewan lain, atau mereka mungkin melihat suatu pemicu naluri alami berburu mereka. Jika anjing anda tampak menunjukkan gerakan agresif ini cobalah untuk memisahkan anjing anda dari pemicu munculnya agresivitas mereka. Selalu waspada saat mereka memunculkan geraman ini.

Jenis geraman ini cukup jelas dan dapat dibedakan dengan geraman bermain. Pada geraman agresif suaranya cukup keras, dengan gemuruh yang panjang dan rendah. Diikuti dengan mengangkat punggung dan gerakan menerjang. 

 

  • Geraman Peringatan

      Jenis geraman ini terjadi saat anjing merasa terancam atau sebagai peringatan. Geraman ini dimunculkan sebagai rasa seekor anjing tidak nyaman, terancam bahkan karena posesif. Biasanya geraman ini muncul saat anda melanggar area pribadi atau privasi mereka. Jadi mereka akan menggeram dengan sopan untuk menunjukkan rasa tidak nyamannya. Pastikan anda selalu mengawasi meskipun geraman mereka hanya lah geraman peringatan. Karena bisa jadi geraman peringatan yang mereka keluarkan adalah penyebab suatu masalah.

 

  • Geraman Bahagia

       Biasanya muncul atau disebut dengan purring saat diusap usap perut mereka. Suara yg muncul seperti gemuruh dalam nada rendah dan cukup lama. Atau jika diterjemahkan dalam bahasa manusia “aku suka digosok gosok! Tolong jangan berhenti”. Geraman ini juga muncul saat mereka menginginkan sesuatu dan mencoba untuk memintanya pada anda. Dan bisa disebut juga geraman mencari perhatian.

 

  • Geraman Sedih

   Biasanya muncul saat anjing akan anda tinggalkan atau berpisah dalam waktu yang lama. Dari balik pagar mereka akan menggeram karena sedih. Biasanya muncul suara seperti menggeram dalam nada rendah pendek dan cepat. 

 

  • Geraman bermain

Mereka akan merengek dan mungkin akan menarik- narik tali kekang mereka. Saat itulah mereka mungkin akan menggigit- gigit karena tidak sabar, namun bagi kita mungkin itu adalah salah satu tanda agresivitas mereka. Anda tidak perlu khawatir  saat mereka melakukan hal ini, geraman mereka mungkin akan terlihat memaksa dan memang mereka sedang memaksa untuk diperbolehkan bermain dengan temannya.

 

Itulah beberapa macam geraman pada anjing yang dapat anda pelajari. Ternyata menggeram tidak selalu berhubungan dengan hal negatif atau agresivitas, menggeram merupakan cara anjing untuk mengeluarkan apa yang mereka rasakan atau sebagai cara mereka untuk berkomunikasi dengan anda sebagai pemiliknya. Setelah anda membaca catatan di atas, maka anda tidak akan kebingungan lagi dengan geraman anjing anda dirumah. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai behaviour Anjing, Anda dapat langsung konsultasi di Hewania Vet Clinic. 

Hewania Vet Clinic menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Hewania Vet Clinic juga menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!