bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Muntah Darah pada Anjing: Gejala dan Penyebabnya

December 13, 2023by Galih Primananda0

Hewanians, muntah darah pada anjing adalah tanda gejala yang serius dan dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang signifikan 

Muntah darah pada anjing merupakan tanda gejala serius yang dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang signifikan. Kondisi ini menunjukkan adanya perdarahan di saluran pencernaan atau organ-organ terkait, dan bahayanya tergantung pada penyebabnya. Muntah darah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi, parasit, keracunan, atau masalah struktural dalam saluran pencernaan.

Bahkan penyakit serius seperti kanker atau peradangan usus dapat menjadi penyebab muntah darah. Keberadaan darah dalam muntahan mengindikasikan adanya kerusakan pada jaringan atau pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan dehidrasi, kehilangan berat badan, dan mengancam nyawa anjing jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, pemilik anjing perlu segera mencari bantuan medis untuk diagnosis yang akurat dan perawatan yang sesuai.

Yuk ketahui apa itu muntah darah pada anjing lebih lengkap di artikel dibawah ini! Dari mulai gejala hingga penyebabnya.

Berbagai Bentuk Muntah Darah pada Anjing

Muntah darah pada anjing dapat muncul dalam berbagai bentuk, tergantung pada penyebabnya dan sejauh mana perdarahan tersebut. Beberapa bentuk umum muntah darah pada anjing melibatkan:

Muntah dengan Darah Segar

Muntah darah dapat berupa darah segar yang terlihat merah atau coklat terang. Anjing mungkin mengeluarkan muntahan berisi darah atau darah yang tercampur dengan lendir.

Muntah dengan Darah Koagulasi

Darah yang telah menggumpal atau mengalami koagulasi dapat terlihat sebagai bekuan darah dalam muntahan anjing.

Muntah dengan Darah Hitam

Jika darah telah teroksidasi dalam saluran pencernaan anjing, muntah dapat berwarna hitam atau berwarna seperti kopi tua. Ini disebut juga sebagai “muntah kopi tua” dan menunjukkan perdarahan yang terjadi di bagian atas saluran pencernaan.

Muntah Berdarah Bersama dengan Materi Pencernaan Lainnya

Muntah darah dapat terjadi bersamaan dengan materi pencernaan seperti makanan yang belum dicerna atau cairan lambung.

Muntah Darah dengan Bau yang Tidak Sedap

Beberapa kondisi, seperti infeksi bakteri atau kerusakan jaringan, dapat memberikan aroma yang tidak sedap pada muntah darah.

Penting untuk dicatat bahwa tampilan muntah darah pada anjing dapat bervariasi, dan warna serta bentuknya dapat memberikan petunjuk kepada dokter hewan tentang penyebab muntah darah tersebut. Setiap kasus muntah darah pada anjing harus dianggap sebagai tanda serius, dan pemilik anjing sebaiknya segera mencari perhatian medis dari dokter hewan untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.

Penyebab Muntah darah pada Anjing

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan anjing mengalami muntah darah, dan mengidentifikasi akar masalahnya dapat sangat membantu dalam menemukan solusinya. Beberapa penyebab umum muntah darah pada anjing adalah:

Muntah Kronis atau Parah yang Tidak Diobati karena Apapun Alasannya

Seiring berjalannya waktu, tindakan muntah dapat mengakibatkan asam lambung dan merusak esofagus, menciptakan iritasi yang parah dan menyebabkan pendarahan.

Infestasi Parasit Usus, Terutama pada Anak Anjing atau Anjing yang Tidak Menjalani Pengobatan Cacing secara Teratur

Parasit seperti Giardia seringkali menjadi penyebab muntah berdarah dan diare.

Infeksi Virus dan Bakteri

Infeksi virus seperti parvovirus dapat sangat berbahaya bagi anjing yang belum divaksin dengan baik, terutama yang masih muda. Infeksi ini dapat menyebabkan berbagai macam gejala, termasuk muntah darah pada anjing.

Memakan Benda Asing (Seperti Kaus Kaki, Mainan, atau Batu)

Objek yang terperangkap di perut atau usus sering kali menyebabkan muntah darah pada anjing. Jika tidak diatasi segera, hal ini dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius pada anjing kamu.

Konsumsi Benda Tajam

Benda tajam seperti tulang atau tongkat dapat menyebabkan kerusakan parah pada saluran pencernaan bagian atas dan mengakibatkan pendarahan.

Gastroenteritis Hemoragik (HGE)

Kondisi ini dapat memunculkan diare berdarah dan/atau muntah secara mendadak dan parah, dengan cepat menyebabkan dehidrasi.

Sakit Maag

Meskipun jarang terjadi pada anjing, penyakit ini juga dapat menjadi penyebab muntahan berdarah.

Penyakit Radang Usus (IBD)

Sama seperti Maag, penyakit radang usus juga terkadang dapat memicu muntah darah pada anjing.

Paparan Racun dan Zat Beracun

Penyebab muntah darah pada anjing selanjutnya adalah zat beracun yang mempengaruhi pembekuan darah, seperti racun tikus.

Trauma dan Cedera

Cedera dapat menyebabkan muntah darah dan diare berdarah.

Kanker

Terkadang, kanker dapat menjadi pemicu muntah darah pada anjing.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!