bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kenali Penyebab Anjing ngeces terus menerus?

December 13, 2023by HEWANIA0

      Ngeces merupakan hal yang wajar dan normal bagi anjing. Tapi jika anjing anda ngeces atau mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya, atau jika anjing anda tidak pernah ngeces sebelumnya tapi tiba- tiba mulai mengeluarkan air liur maka hal ini perlu dikhawatirkan. 

Air liur berlebihan pada anjing dapat disebabkan oleh banyak hal. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Kenali apa itu Vitiligo yang bisa menyerang anjing dan kucing!

 

Mengapa anjing ngeces?

     Saat anjing makan kelenjar air ludah di area leher dan rahang menghasilkan air liur untuk membantu pencernaan. Air liur muncul saat dikeluarkan dari mulut. Ini biasanya terjadi saat anda membuka camilan atau kaleng makanan anjing di depannya. Air liur yang banyak tidak menjadi masalah pada anjing ras besar dengan bibir atas yang besar seperti Mastiff dan St. Bernard biasanya akan lebih banyak ngiler dibanding anjing jenis lainnya. 

 

Mengapa anjing saya banyak ngiler?

   Air liur berlebihan atau disebut dengan hipersalivasi dapat sebagai indikasi situasi atau kondisi yang serius bahkan mengancam nyawa.  Terutama jika anjing anda memiliki gejala lainnya. Ngeces atau ngiler berlebihan tergantung pada seberapa sering jenis atau ras anjing anda biasanya ngeces. Beberapa ras anjing mengeluarkan air liur berlebih dibandingkan ras yang lain. Jadi anda harus membandingkan jumlah air liur anjing normal dan jumlah air liur anjing anda.

   Banyak kondisi atau gangguan yang menyebabkan anjing mengeluarkan air liur yang banyak secara tiba- tiba atau berlebihan. Berikut beberapa penyebab umum :

  1. Gangguan saluran cerna : kondisi yang melibatkan saluran cerna seperti esofagitis, maag, enteritis, pankreatitis, sumbatan benda asing,  tukak lambung, radang pada usus, dan kanker saluran cerna dapat menyebabkan air liur berlebih pada anjing. Biasanya muncul akibat mual yang disebabkan oleh kondisi medis ini.
  2. Penyakit gusi atau periodontal atau masalah mulut lainnya : air liur dapat disebabkan oleh penyakit periodontal seperti gingivitis atau stomatitis atau masalah mulut lainnya seperti tumor atau infeksi. Selain itu cari tanda lainnya seperti massa,  darah, nanah, atau bau mulut.
  3. Cedera mulut : trauma benda tumpul, mengunyah benda tajam, atau benda asing yang tersangkut di mulut  seperti serpihan atau potongan tulang yang merupakan penyebabnya.
  4. Luka bakar akibat bahan kimia : banyak bahan kimia kaustik, seperti asam baterai, dan luka bakar akibat listrik misalnya karena mengunyah kabel, dapat menyebabkan pendarahan dan terkadang mengeluarkan air liur. Luka bakar akibat bahan kimia seringkali disertai rasa sakit dan luka sehingga anjing akan mengais- ngais mulutnya. Segera konsultasi dengan dokter hewan anda jika mencurigai cedera ini.
  5. Racun : mengonsumsi tanaman, makanan atau obat- obatan beracun dapat menyebabkan banyak gangguan seperti air liur berlebih muncul rasa gatal di sekitar mulut hingga efek samping yang mengancam jiwa. Racun atau kotoran hewan seperti gigitan laba- laba hitam atau menjilati katak dapat menyebabkan anjing anda ngeces. Banyak tanaman yang mengiritasi atau beracun bagi anjing saat dikunyah atau dimakan. Selain itu terdapat beberapa tanaman yang berbahaya bagi anjing yaitu bunga peace lily dan lidah mertua. 
  6. Anxiety : air liur yang berlebihan atau ngeces juga bisa muncul karena stres atau kecemasan yang berlebihan bisa karena cemas harus pergi ke klinik hewan, pindah kerumah baru, atau harus pergi mengendarai mobil. Anjing anda mungkin juga gelisah, terengah- engah, atau diare disertai ngeces.
  7. Sakit perut : sakit perut sering kali muncul bersamaan dengan tanda- tanda lain seperti gelisah, diare, penurunan nafsu makan, bahkan hingga kembung. Beberapa anjing akan menjaga perutnya agar tidak disentuh di bagian yang sakit. 
  8. Kondisi neurologis : air liur anjing yang muncul berlebihan dapat mengindikasikan kerusakan saraf yang menghubungkan kelenjar ludah, kerusakan kelenjar ludah atau mungkin kerusakan pada otak. Gejala lain yang terlihat seperti pupil tidak rata, lesu dan lemah. Beberapa kondisi neurologis juga dapat membuat anjing sulit menelan air ludahnya.
  9. Infeksi virus atau bakteri seperti rabies atau tetanus dapat menyebabkan air liur muncul secara berlebihan. 
  10. Cacat bawaan : merupakan kondisi yang dimiliki sejak anjing lahir seperti hernia hiatus atau portosystemic shunt (kelainan pada peredaran darah).

 

Apakah perlu ke dokter hewan saat anjing ngeces berlebihan?

    Jika anjing anda ngeces berlebihan dan diikuti dengan gejala- gejala seperti dibawah ini maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter hewan anda. Gejalanya antara lain :

  1. Muntah atau regurgitasi
  2. Diare
  3. Pendarahan
  4. Lesu atau lemah
  5. Penurunan nafsu makan
  6. Perubahan perilaku seperti merengek atau agresivitas bisa menandakan rasa sakit
  7. Pusing, kepala miring, atau ketidakseimbangan saat berjalan
  8. Kesulitan menelan
  9. Pupil tidak rata
  10. Gelisah atau terengah- engah
  11. Perut tegang atau distensi
  12. Menggaruk bagian mulut

   Saat anjing anda mengalami gejala diatas dokter hewan anda akan mulai memeriksa penyebab anjing anda ngeces berlebihan dan akan memberikan saran pemeriksaan penunjang seperti x-ray, USG atau CT scan serta biopsi organ jika diperlukan. Kemudian akan memberikan pilihan pengobatan seperti :

  1. Pengobatan gigi bila penyebabnya adalah gangguan periodontal 
  2. Obat- obatan seperti antibiotik
  3. Tindakan operasi bila tumor, trauma atau bawaan lahir
  4. Obat anti nyeri dan anti radang
  5. Serta mouthwash 

Untuk menjaga kesehatan anabulmu secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa langsung membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!