bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kenapa Anjing Suka Duduk di Kakiku? Yuk ketahui alasannya di artikel berikut!

December 14, 2023by HEWANIA0

     Mungkin anda pernah mendengar mitos bahwa ketika seekor anjing duduk atau berbaring di atas kaki anda artinya mereka mencoba ingin mendominasi anda. Namun sebenarnya hal tersebut tidaklah benar atau salah. Banyak anjing yang memiliki ikatan yang kuat dengan pemiliknya. Kemanapun pemiliknya pergi anjingnya pun mengikuti. Setiap kali pemiliknya duduk maka anjing pun berbaring atau duduk di atas atau di dekat kaki pemiliknya. Ini merupakan indikasi kuatnya hubungan anda dengan anjing anda. Namun ada juga alasan mengapa anda suka duduk di dekat anda. 

Baca Juga: Kenali Penyebab Anjing ngeces terus menerus?

Alasan anjing suka duduk di kaki anda?

 Berikut adalah alasan yang umum mengenai perilaku anjing anda :

  1. Menunjukkan cinta mereka. Merupakan perilaku normal bagi seekor anjing untuk duduk di kaki anda. Ini merupakan cara mereka untuk menunjukkan kasih sayangnya seperti anda memilih untuk duduk di sebelah teman atau orang yang anda cintai. Beberapa anjing lebih suka duduk di lantai ketimbang duduk di sofa bersama anda, sehingga mereka akan berakhir duduk tepat di atas kaki anda. Anjing anda mungkin lebih menyukai suasana karpet atau ubin atau kayu atau mungkin duduk disamping seseorang membuatnya selalu hangat. Anjing anda biasanya akan lebih senang berada didekat anda hingga mereka akan mengikuti kemanapun anda pergi. Selain itu, bisa jadi anjing anda lebih menyukai kontak fisik sehingga menyentuh anda dengan duduk di atas kaki anda dapat membuatnya lebih rileks.
  2. Cemas. Dalam situasi tertentu anjing anda mungkin memilih untuk duduk atau berbaring di atas sofa bahkan bisa saja mereka berbaring di dekat kaki anda karena perasaan cemas atau takut sesuatu. Jika anjing anda biasanya tidak bisa duduk dan menunjukkan perilaku ini secara tiba- tiba, pastikan anda mengamati perubahan yang terjadi pada anjing anda. Bisa jadi muncul tanda seperti ekornya diselipkan di antara kakinya, mengeluarkan air liur yang berlebihan karena takut, telinganya ke belakang, atau kepalanya menunduk. Biasanya kejadian ini sering terjadi saat anda akan membawa anjing anda ke dokter hewan dan mereka akan berusaha untuk selalu berada didekat anda. Anjing juga akan menunjukkan respon saat mendengar suara seperti kembang api, guntur, atau suara bising konstruksi. Saat mereka takut, menjadi kontak dengan anda akan membuat perasaan anjing anda lebih tenang dan percaya diri. Sama seperti seorang anak kecil yang sedang ketakutan dan ingin memegang tangan orang tuanya.

         Sebagian anjing mengalami gangguan kecemasan akan perpisahan dan mungkin mereka akan duduk di dekat pemiliknya, meskipun demikian tidak semua anjing menunjukkan kecemasan akan perpisahan. Anjing yang mengalami gangguan kecemasan biasanya karena sangat dekat dan nyaman bersama dengan pemiliknya. Duduk di kaki anda mungkin merupakan salah satu cara mereka untuk membuat anda tetap berada di dekatnya.

  1. Perilaku yang dipelajari. Anjing anda pasti bisa belajar bahwa jika mereka duduk atau berbaring di dekat kaki anda kemungkinan besar mereka akan menarik perhatian anda. Perilaku tersebut merupakan reaksi normal untuk melihat atau berbicara dengan anjing anda ketika mereka memilih untuk di atas kaki anda. Atau anjing anda mungkin telah belajar bahwa anda memberi mereka perhatian fisik seperti mengusap telinga atau kepalanya saat mereka duduk di dekat kaki anda. Respon positif yang anda berikan ini mampu membuat anjing anda berkemungkinan untuk terus duduk di dekat kaki anda.

 

Bagaimana jika anjing tidak suka duduk di dekat kaki anda?

    Setiap anjing merupakan individu yang dapat mengekspresikan keterikatan dan kasih sayang terhadap pemiliknya dengan cara yang berbeda. Mungkin anjing anda bukanlah tipe yang suka memeluk, mudah tersinggung, dan penyayang namun ia senang duduk atau berbaring di dekat anda. Anjing anda pasti menikmati kebersamaan saat bersama anda tanpa perlu terlalu banyak kontak fisik, dan itu tidak masalah. 

      Sebaliknya anjing anda bisa saja menunjukkan kasih sayang dengan cara yang lain seperti datang untuk menyambut anda atau membawakan anda mainan favoritnya atau bahkan mengikuti anda kemanapun anda pergi sekalipun ke kamar mandi. Anggap saja setiap anjing memiliki bahasa cinta yang berbeda satu sama lainnya. Itulah kepribadian unik setiap anjing yang dapat anda ketahui.

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa langsung membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!