bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanAmpuh, Ini Rekomendasi Obat Diare Kucing yang Bisa Kamu Coba!

Januari 12, 2023by HEWANIA0

Hewanians, apakah kamu saat ini sedang mencari obat diare kucing? Meski terkadang tidak serius, namun diare pada kucing bisa mengancam nyawa kucing kesayangan kamu loh. Oleh karena itu, penting untuk mencari obat diare kucing paling ampuh serta mengetahui gejala dan penyebabnya.

Yuk temukan rekomendasi obat diare kucing serta informasi penting soal diare pada kucing di bawah ini!

Baca juga: 4 Penyebab Diare pada Kucing dan Tips Menyembuhkannya di Rumah

Gejala Diare pada Kucing 

Menurut Cornell Health Feline Center, Banyak masalah kesehatan kucing dapat menyebabkan diare pada kucing. Gejala yang paling sering muncul adalah buang air besar, terkadang berwarna aneh (abu-abu atau kuning), dan tinja berbau busuk yang tidak seperti biasanya. 

Dalam kebanyakan kasus, untungnya kondisi diare ini tidak berlangsung lama. Diare pada kucing bisa sembuh sendiri atau mudah diatasi dengan perubahan pola makan. Namun, dalam beberapa kasus, diare dapat menjadi manifestasi dari kondisi yang berakar dalam, yang mungkin mengancam jiwa.

Baca juga: Do’s & Don’ts Saat Anabul Diare!

Penyebab Diare pada Kucing

Diare pada kucing bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk infeksi bakteri, virus, parasit, atau masalah makanan. Gejala diare pada kucing meliputi tinja yang cair, sering buang air besar, dan mungkin juga dehidrasi. 

Jika kucing kamu mengalami diare yang berlangsung lebih dari beberapa hari, sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan untuk menentukan penyebab dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Penyebab diare pada kucing bisa bervariasi, beberapa diantaranya adalah:

  1. Infeksi bakteri atau virus: infeksi seperti salmonella, E. coli, atau campylobacter bisa menyebabkan diare pada kucing.
  2. Parasit: cacing, protozoa, atau tungau bisa menyebabkan diare pada kucing.
  3. Masalah makanan: perubahan diet yang cepat atau konsumsi makanan yang tidak cocok dapat menyebabkan diare pada kucing.
  4. Intoleransi laktosa: beberapa kucing tidak dapat mencerna laktosa, yang dapat menyebabkan diare.
  5. Penyakit hati atau ginjal: kondisi ini dapat menyebabkan masalah pencernaan dan diare.
  6. Stress: situasi stress yang berkepanjangan dapat menyebabkan diare pada kucing.
  7. Obat-obatan: beberapa obat dapat menyebabkan diare pada kucing.
  8. Kanker: tumor pada saluran pencernaan dapat menyebabkan diare.

Itu adalah beberapa penyebab umum diare pada kucing, tapi ada banyak penyebab lain yang mungkin juga berperan. Karena itu, untuk menentukan penyebab pasti diare pada kucing, perlu diperiksakan oleh dokter hewan yang berpengalaman.

Rekomendasi Obat Diare Kucing Paling Ampuh

Diare pada kucing harus diobati karena dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak diatasi. Beberapa penyakit serius yang bisa muncul adalah dehidrasi, kehilangan nutrisi, hingga kematian.

Ada cukup banyak obat diare kucing yang ampuh yang bisa kamu coba, termasuk Probiovar Digest.

Probiovar Digest merupakan obat diare kucing probiotik yang ampuh menyembuhkan diare atau mencret, lemas, muntah, susah BAB, pup berdarah, serta penambah nafsu makan pada kucing kamu. Tak hanya ampuh, Probiovar Digest juga tidak punya efek samping loh, Hewanians!

Kamu bisa membeli obat ini lewat link disini.

Jika diare kucing kamu tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera hubungi dokter hewan untuk mengatasi hal ini. Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di aplikasi Hewania.

Aplikasi Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Tak hanya konsultasi dokter hewan online, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya lewat aplikasi ini.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!