bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Panduan Khusus untuk memelihara Anjing & Kucing Tua!

January 1, 2024by HEWANIA0

Halo Hewanian! Seiring berjalannya waktu, perawatan kesehatan bagi anjing dan kucing kita yang menua menjadi semakin penting. Kita tentunya ingin hewan peliharaan kita hidup selama mungkin dan sesehat mungkin, tujuan ini hanya bisa dicapai dengan kerjasama yang baik antara pet owner dan juga dokter hewan. Dalam fase ini, perhatian yang ekstra dan pemeliharaan khusus akan membantu mereka menjalani sisa hidup dengan nyaman dan bahagia. Lakukan langkah-langkah berikut untuk merawat hewan peliharaan kamu semakin panjang umur, tetap sehat dan memiliki kualitas hidup yang baik di masa tuanya.

Baca Juga: Tenang, ini cara menangani Anjing tersedak!

 1. Perubahan Gizi yang Diperlukan

Ketika hewan peliharaan kita memasuki usia senior, kebutuhan gizinya juga berubah. Pertimbangkan untuk beralih ke makanan khusus yang dirancang untuk hewan peliharaan senior. Makanan ini mengandung lebih banyak serat, nutrisi antioksidan, dan asam lemak omega-3 yang mendukung kesehatan persendian dan menjaga berat badan yang sehat.

 

 2.  Latihan Fisik yang Sesuai

Meskipun mungkin tidak seaktif saat muda, tetapi latihan fisik tetap penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan anjing dan kucing tua. Sesuaikan intensitas dan durasi latihan dengan kemampuan dan kesehatan mereka. Jalan-jalan singkat, bermain dengan mainan ringan, atau latihan perlahan seperti berenang dapat menjadi pilihan yang baik.

 

 3. Kenyamanan di Rumah

Pastikan bahwa rumah Anda ramah untuk hewan peliharaan yang sudah tua. Tempat tidur yang nyaman, tangga atau rampa untuk membantu mereka menavigasi ketinggian, dan lingkungan yang tenang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kenyamanan mereka.

 

 4. Kunjungan Rutin ke Dokter Hewan:

Kunjungan rutin ke dokter hewan menjadi kunci dalam merawat anjing dan kucing senior. Beberapa poin penting dalam kunjungan ini melibatkan:

 

 5. Vaksinasi Reguler Tahunan

Pastikan bahwa vaksinasi rutin diberikan untuk melindungi hewan peliharaan dari penyakit yang dapat menjadi lebih berbahaya pada usia senior. Diskusikan dengan dokter hewan mengenai vaksin yang diperlukan dan sesuaikan dengan kebutuhan spesifik hewan peliharaan Anda.

 

 6. Obat Cacing dan Anti-Parasit Rutin

Pemberian obat cacing dan anti-parasit secara teratur tetap penting pada hewan senior. Ini membantu melawan infestasi cacing usus serta melindungi dari penyakit yang ditularkan oleh kutu, caplak, dan cacing jantung. Patuhi jadwal yang disarankan oleh dokter hewan.

 

 7. Tes Darah Tahunan untuk Screening Kesehatan

Tes darah tahunan memberikan pemahaman yang mendalam tentang kondisi kesehatan hewan peliharaan. Pada hewan senior, tes darah membantu mendeteksi masalah seperti penyakit ginjal, diabetes, atau masalah kesehatan lainnya yang mungkin tidak terlihat secara kasat mata.

 

 8. Pemeriksaan Gigi dan Kebersihan Mulut

Pemeriksaan gigi dan kebersihan mulut adalah bagian penting dari kunjungan rutin. Anjing dan kucing senior rentan terhadap masalah gigi seperti gingivitis dan penumpukan plak. Dokter hewan dapat memberikan saran tentang perawatan gigi yang sesuai.

 

Manfaatkan kunjungan rutin ke dokter hewan untuk diskusi singkat mengenai perubahan perilaku atau kesehatan hewan peliharaan senior. Dengan memperhatikan tanda-tanda seperti perubahan pola makan, minum, atau tingkah laku yang aneh, pemilik dapat memastikan perawatan yang sesuai dan preventif. Ini merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas hidup hewan peliharaan senior. Jangan biarkan usia menjadi hambatan; terus rayakan kebahagiaan bersama mereka.

Untuk menjaga kesehatan anabul seniormu, konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Kamu bisa langsung membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Talita Milani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!