bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanPerut Anak Kucing Buncit Apakah Bahaya? Ini Jawabannya!

Desember 8, 2022by HEWANIA0

Hewanians, anak kucing dengan perut buncit mungkin akan membuat penampilan mereka semakin lucu. Namun bagaimana jadinya jika ini ternyata adalah sebuah masalah kesehatan? Yuk ketahui alasan kenapa perut anak kucing buncit beserta tanda-tandanya di bawah ini!

Perut yang kecil dan bulat adalah hal yang normal dimiliki oleh anak kucing. Hal ini seringkali terjadi ketika mereka baru saja makan. Meski begitu, kondisi ini ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan anak kucing kamu loh.

Perut anak kucing yang bulat bisa dibilang sehat jika terasa lembut dan licin. Namun, jika perut anak kucing buncit tersebut terasa keras dan menonjol – layaknya ibu hamil – , maka kamu wajib waspada. Hal ini menandakan terjadinya sebuah masalah kesehatan pada kucing kamu.

Selain perut yang bulat, beberapa tanda lainnya juga akan muncul saat kucing sakit:

  • Sembelit 
  • Diare 
  • Muntah 
  • Lesu

Jika kamu masih tidak yakin apakah anak kucing kamu sedang sakit atau tidak, sebaiknya segera hubungi dokter hewan untuk mengetahuinya dengan akurat.

Baca juga: Cara Melakukan Grooming Anak Kucing Persia

Mengapa Perut Anak Kucing Buncit?

Kembungnya perut anak kucing bisa terjadi karena berbagai alasan. Beberapa alasan paling umum adalah:

  • Parasit usus (cacing)
  • Penambahan berat badan
  • Gas berlebihan dari pola makan yang buruk

Selain penyebab-penyebab di atas, beberapa faktor lainnya juga bisa menyebabkan kondisi ini jadi lebih buruk. Salah dua penyebab yang berbahaya adalah pembesaran organ dan penumpukan cairan di perut.

Cara Merawat Perut Anak Kucing Buncit

Perawatan yang dilakukan akan tergantung dari penyebab yang mendasarinya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, parasit usus merupakan penyebab yang paling umum menyebabkan perut anak kucing buncit.

Parasit usus seringkali disebabkan oleh cacing gelang, yang menyerang 25% hingga 75% kucing. Untuk mencegah hal ini, ada baiknya kamu melakukan tes tinja secara rutin pada anak kucing kepada dokter hewan.

Nantinya, dokter hewan akan memberimu resep obat cacing untuk mengobati serta mencegah penyakit cacingan. Memberi anak kucing kamu makanan yang berkualitas juga dapat mencegah penyakit ini terjadi.

Jika masalah ini disebabkan oleh penyebab yang lebih serius seperti pembesaran organ atau cairan pada perut, maka perawatan yang serius juga diperlukan termasuk:

  • Mengeluarkan cairan dari perut kucing
  • Memberikan obat-obatan
  • Operasi bedah

Baca juga: Kapan Anak Kucing Bisa Jalan? Ini Jawabannya!

Cara Mengobati Perut Anak Kucing Buncit di Rumah

Jika anak kucing kamu hanya kembung karena gas tanpa masalah lain, maka kembungnya akan mereda seiring waktu. 

Kamu bisa memberi  makan anak kucing kamu dengan makanan kecil berkualitas tinggi sampai perutnya kembali normal. Selain itu, hindari memberi makanan sisa serta susu pada anak kucing kamu. Susu dapat menyebabkan gangguan pencernaan, termasuk perut kembung dan gas.

Jika perut anak kucing buncit ini berlangsung lama dan tidak sembuh-sembuh, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di aplikasi Hewania.

Tak hanya layanan dokter hewan, Hewania juga menyediakan artikel kesehatan hewan yang bisa kamu nikmati hanya dalam satu genggaman. Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!