bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanJangan Salah, Ini Cara Menentukan Jenis Kelamin Kucing yang Benar!

Desember 9, 2022by HEWANIA0

Hewanians, menentukan jenis kelamin kucing merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Apalagi jika kamu tidak punya kucing lain sebagai pembanding. Lalu, bagiamana cara menentukan jenis kelamin kucing dengan benar? Agar tidak bingung, pelajari cara menentukan jenis kelamin kucing pada artikel di bawah ini!

Baca juga: Perut Anak Kucing Buncit Apakah Bahaya? Ini Jawabannya!

2 Cara Menentukan Jenis Kelamin Kucing Paling Mudah

Ketika kamu baru saja memelihara anak kucing, hal pertama yang terlintas dalam pikiranmu adalah memberikan mereka nama. Tentu nama ini harus sama dengan jenis kelamin yang mereka miliki. Lalu bagaimana caranya kamu bisa menentukan jenis kelamin kucing?

Secara sederhana, menurut Pet MD ada dua cara mudah dalam melakukan hal ini:

  • Jika di bawah ekor kucing terlihat huruf kecil “i”, maka jenis kelamin kucing tersebut adalah betina.
  • Jika di bawah ekor kucing terlihat tanda baca titik dua (:), maka jenis kelamin kucing tersebut adalah jantan.

Saat anak kucing baru saja lahir, tentu kamu sudah gregetan untuk mengetahui jenis kelaminnya. Namun perlu dicatat, anak kucing perlu hubungan yang begitu intim dengan induknya selama awal kehidupannya. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak memegang anak kucing ketika mereka baru saja lahir.

Tunggu hingga setidaknya dua minggu (atau bahkan lebih lama) untuk memegang anak kucing dan mengetahui jenis kelaminnya.

Cara Menentukan Jenis Kelamin Kucing pada Usia Dua Minggu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, alat kelamin anak kucing betina akan menyerupai tanda seru terbalik dengan celah vagina yang berada tepat di bawah anus. Di sisi lain, kelamin anak kucing jantan memiliki penampilan seperti usus besar dengan penis berada tepat di bawah anus.

Kamu mungkin akan melihat benjolan kecil di daerah tersebut yang akan tumbuh saat anak kucing beranjak dewasa.

Cara Menentukan Jenis Kelamin Kucing Berdasarkan Warnanya

Meskipun tidak terlalu akurat, namun kamu juga bisa menentukan jenis kelamin kucing berdasarkan warna bulunya.

  • Kucing dengan tiga warna hampir selalu berjenis kelamin betina.
  • Kucing dengan warna bulu oranye kemungkinan besar adalah jantan. Meski begitu, fakta ini tidak selalu terjadi seperti layaknya kucing dengan tiga warna yang berjenis kelamin betina.

Cara Menentukan Jenis Kelamin Kucing Berdasarkan Kelakuannya

Saat anak kucing menjadi lebih besar, mereka mulai mengembangkan kepribadian unik mereka.

  • Anak kucing jantan biasanya akan mulai berkeliaran saat mereka menuju kematangan seksual. Mereka juga mungkin akan menjadi teritorial. Selain itu, anak kucing jantan juga cenderung lebih gelisah dan lebih agresif. Anak kucing betina mungkin akan mengalami birahi (deringkali ditandai dengan meraung keras dan perilaku mencari perhatian). Perlu dicatat, semakin awal kamu melakukan sterilisasi pada kucing kamu, maka perilaku penentu jenis kelamin ini akan semakin tidak terlihat.
  • Beberapa orang percaya jika kucing jantan lebih ramah dan lebih supel daripada kucing betina. Meski begitu, hal ini bukanlah sesuatu yang bisa diandalkan.

Baca juga: Perut Kucing Bunyi: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menentukan jenis kelamin kucing. Meski cara-cara di atas bisa membantu, namun penentuan jenis kelamin yang paling akurat adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di Hewania.

Tersedia berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya pada aplikasi ini. Tunggu apalagi? Yuk periksa kesehatan hewanmu di aplikasi Hewania!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!